Homepage > Transportasi > Transportasi Udara > Kemenristekdikti Danai 7 Inovasi Perguruan Tinggi
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1527
    Guest : 1527
    Members : 0

    Kemenristekdikti Danai 7 Inovasi Perguruan Tinggi

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)  memberikan pendanaan kepada tujuh inovasi dari enam perguruan tinggi di Indonesia. Pendanaan ini dalam rangka mendorong hilirisasi produk inovasi perguruan tinggi ke industri.

    Keenam perguruan tinggi tersebut adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).  Bantuan pendanaan tertuang dalam Penandatanganan Kontrak Inovasi Perguruan Tinggi di Industri yang disaksikan langsung oleh Menristekdikti, Muhammad Nasir di Jakarta, Senin (7/3/2016)

    Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe mengatakan program Inovasi Perguruan Tinggi di Industri dimulai sejak 2016. "Program dimaksudkan untuk meningkatkan kolaborasi antara akademisi, bisnis, government, dan masyarakat dalam rangka komersialisasi dan hilirisisasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan di perguruan tinggi," kata Jumain dalam sambutan acara.

    Menurut Jumain, Kemenristekdikti telah menerima usulan proposal dari perguruan tinggi berbadan hukum (PTNBH) bekerjasama dengan kalangan industri. "Kriteria utama proposal yang diajukan adalah adanya produk inovasi yang diproduksi oleh industri atau usaha-usaha yang memiliki potensi pasar baik dalam maupun luar negeri," lanjutnya

    "Setelah mendapat evaluasi dan penilaian dari tim pakar independent, pada 2016 telah direkomendasikan sebanyak tujuh proposal yang layak untuk masuk ke industri dan dibiayai oleh kemenristekdikti," kata Jumain.

    Proposal pertama yang didanai adalah Start Up Industri Benih Padi IPB 3S untuk Mendukung Swasembada Pangan. Pelaksananya IPB bekerjasama dengan PT BLST dan ASBENINDO. Varietas IPB S3 sudah mendapat sertifikat PVT dari Kementerian Pertanian (Kementan). Pada ujicoba di lahan 500 hektar di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, produktivitasnya 9,5 ton/ha, lebih tinggi 2-3 ton dari varietas lain.

    Proposal kedua, Technomed Factory: Hilirisasi Produk-Produk Alat Kesehatan Unggulan UGM. Pelaksananya UGM bekerjasama dengan PT Gama Multi Usaha, Yayasan Hepatika, PT Swayasa Prakarsa, PT Phapros, PT Indofarma, PT Kimia Farma, dan PT Kalbe Farma. Technomed Factory memiliki target terbitnya izin produksi dan ijin edar Seminular flushing valve device, NPC-Strip dan Ceraspon dari Kementerian Kesehatan.

    Selanjutnya, Proposal Pengembangan dan Produksi Radar Nasional dari ITB bekerjasama dengan LIPI, BMKG, PT LAPI, dan PT INTI. Saat ini Indonesia baru memiliki 40 radar cuaca yang sebagian besar produk impor. Sementara pada 2017, BMKG membutuhkan 200 radar cuaca. Konsorsium ini memiliki target membuat prototype radar cuaca TRL 8, serta dokumen basic desain radar cuaca dan produksi radar cuaca.

    Proposal Teknologi Unggulan untuk Produksi Biodiesel dari UI bekerjasama dengan PT Saltindo Nusa Pratama (PT NSP). Teknologi biodiesel ini telah dipatenkan dan dikomersialkan sejak 2006 oleh PT NSP, dengan kapasitas produksi 500 kg/hari. Konsorsium ini mentargetkan pengadaan peralatan lab uji produk fuel (BBM) dan biofuel (BBN) tahap ke-1 dan rancangan detail industri biodiesel.

    Proposal Perangkat Base Station dan Smartphone 4G dari ITB bekerjasama dengan Politeknik Batam, PT LAPI, PT Fusi Global Teknologi, PT LEN, PT TSM dan PT INDI. Proposal bertujuan membantu pencapaian rencana target pita lebar tahun 2019 yaitu 8 MBps dan menjangkau 211,6 juta penduduk dengan populasi smartphone 145,7 juta. Konsorsium ini mentargetkan membuat sample produk smartphone 4G sebanyak 200 unit dengan menggunakan Operating System Indonesia (ID3OS) berbasis Android.

    Proposal Pengembangan Industri Perbibitan Sapi Lokal Berbasis Iptek di Maiwa Breeding Center (MBC), dari Unhas bekerjasama dengan LIPI, Pemprov NTB, Pemkab Enrekang, PT Karya Alam Rumpin (PT KAR) dan CV Argo Bukit Indah. Kegiatan ini bertujuan membuat model percontohan pembibitan sapi dengan sistem mini ranch dengan target produksi 221 sapi betina, 12 sapi jantan, dan 100.000 straw. Saat ini MBC telah menjadi unit bisnis dan pusat sapi potong. Dalam MBC terdapat 32 hektar lahan untuk sapi bertanduk dan 250 hektar lahan untuk sapi tak bertanduk.

    Proposal terakhir, Konsep Inovasi Desain Fish Carrier 30, 60, 200, 300 GT dari ITS bekerjasama dengan BPPT, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dan PT PAL Surabaya.

    Jumain berharap penandatanganan kontrak ini dapat mendorong pelaksanaan inovasi di perguruan tinggi tersebut.

     

     

     

     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek