Homepage > Transportasi > Transportasi Udara > NTB Bersiap Operasikan BIL
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1541
    Guest : 1541
    Members : 0

    NTB Bersiap Operasikan BIL

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    Bandara_Internasional_LombokMasyarakat Nusa Tenggara Barat dalam waktu dekat akan memiliki bandara bertaraf internasional. Bandara dengan nama Bandara Internasional Lombok (BIL) akan diresmikan pengopersiannya pada 1 Oktober 2011.

    Bandara Internasional Lombok akan menjadi bandara utama transportasi udara khususnya dari internasional ke kawasan Nusa Tenggara Barat (NTB). Kapasitasnya BIL dua kali lipat dari Bandara Selaparang (Mataram).

    Menurut Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zainul Bandara Internasional Lombok memiliki luas lahan 9 kali luas dari bandara Selaparang Mataram. "Selain bandara baru, ada 6 pelabuhan yang diperbaiki, dananya Rp 25 miliar," katanya.

    Bandara Internasional Lombok mampu didarati pesawat berbadan lebar seperti Boeing 747 dan pesawat Airbus. Penerbangan langsung yang bisa dilayani antaralain Lombok-Singapura, Lombok-Malaysia.

    Direktur Operasional dan Teknik Angkasa Pura I Haryoso Catur Prayitno mengatakan,  simulasi BIL dilakukan pada 5-8 September 2011.  

    BIL berada di lahan seluas 551 hektar yang terletak di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Bandara mampu menampung 10 pesawat. Selain itu juga mampu menampung tiga juta penumpang setiap tahun.

    Kondisi per Mei 2011 untuk terminal penumpang telah rampung 81, dan run way sudah tidak ada masalah. Saat ini sedang dalam proses sertifikasi.

    General manager PT. Angkasa Pura I - Ketut Edi mengatakan saat ini pengoperasian BIL tinggal menunggu roses sertifikasi dari Dirjen Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan RI yang menyangkut beberapa hal diantaranya SDM yang siap pakai, termasuk kesiapan bandara secara fisik, dan beberapa dokumen wajib yang harus dimiliki Bandara Internasional.

    Sementara itu Kepala dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB- Dwi Sugianto mengatakan untuk mendukung oprasional BIL khususnya infrastruktur jalan, pemerintah Provinsi NTB telah menyiapkan empat lajur. Dua jalur tahun 2011 telah rampung dibangun dan siap dioperasionalkan, sedangkan infrastruktur jalan lainnya akan terselesaikan pada bulan November. Desember mendatang secara umum untuk totalitas sudah siap.

    Selain bandara internasional yang segera beroperasi, saat ini NTB memiliki bandara domestik dan bandara perintis. Yaitu Bandara Selaparang Mataram yang mampu didarati Fokker 100 dan 737 A500. Ada juga Bandara Brang Biji di Sumbawa Besar yang bisa didarati Fokker 27 dan Bandara Salahudin Bima bisa didarati Fokker 27.***
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek