Homepage > Transportasi > Transportasi Udara > Indonesia Science Expo 2017, Dekatkan Sains ke Masyarakat
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1549
    Guest : 1549
    Members : 0

    Indonesia Science Expo 2017, Dekatkan Sains ke Masyarakat

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
     
    Jakarta-Technology-Indonesia.com – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani secara resmi membuka Indonesia Science Expo (ISE) 2017 di Balai Kartini, Jakarta, Senin (23/10/2017).  Pameran sains ini  menampilkan ratusan hasil riset anak negeri dan beragam kegiatan menarik lainnya. 
     
    Pelaksana Tugas Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Bambang Subiyanto mengatakan ISE 2017 merupakan penyelenggaraan kedua setelah ISE 2015.  Perhelatan ISE 2017 terbilang istimewa karena bersamaan dengan 50 tahun LIPI berbakti untuk negeri.
     
    “ISE 2015 sebagian besar menampilkan hasil riset peneliti LIPI. Namun mulai tahun ini dan ke depan penyelenggaraan ISE menjadi milik Indonesia,” ungkap Bambang seusai pembukaan ISE 2017 di Balai Kartini, Senin (23/10/2017)
     
    Bambang menyampaikan hasil-hasil penelitian LIPI masih sedikit digunakan oleh pihak swasta. Penyebabnya, hasil-hasil riset peneliti baik di LIPI maupun perguruan tinggi itu belum siap diaplikasikan, sehingga perlu ada kegiatan inkubasi bisnis dan teknologi yang biasa dilakukan di Science Teckno Park (STP). Di STP itulah, lanjutnya, tempat bertemunya para peneliti dan pengusaha.
     
    Selain itu, tema-tema yang diteliti tidak sesuai dengan keinginan atau kebutuhan swasta. “Karena itu ajang ISE di samping memberi ajang pada para inovator baru, juga mengundang para swasta. Harapan kami, kita mendapat infomasi kebutuhan penelitian di swasta itu apa, sehingga penelitian ke depan bisa sesuai keinginan swasta,” ungkapnya.  
     
    Bambang menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerja sama yang baik antara unsur pemerintah dan swasta. Kita harus terus berupaya agar kerjasama triple helix (perguruan tinggi, lembaga penelitian dan industri) bisa  meningkat, sehingga bisa membuka kemitraan dalam berbagai aspek. 
     
    Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI, Laksana Tri Handoko mengatakan dari perhelatan ISE 2017 seluruh masyarakat dapat melihat berbagai karya para peneliti,  perekayasa, dosen, inovator dan bahkan peneliti cilik calon ilmuwan Indonesia masa depan. 
     
    “ISE 2017 bertujuan mendekatkan sains ke masyarakat luas secara langsung. Sesuai tema, sebagian besar ilmu pengetahuan menjadi landasan dan modal dasar untuk masa dengan Indonesia yang lebih baik dan berkelanjutan,” ungkap Tri Handoko.
     
    Menurutnya,  ISE 2017 diikuti 176 peserta pameran dari industri kreatif dan perusahaan startup berbasis teknologi, kementerian dan LPNK, lembaga litbang, pemerintah daerah dan perguruan tinggi, dan siswa dari tingkat dasar, menengah, dan atas. Dalam ISE 2017 juga diselenggarakan Youth Science Fair 2017 yang menampilkan 120 hasil penelitian anak-anak dan remaja dari 25 provinsi di seluruh di Indonesia yang sebelumnya berlaga di berbagai kompetisi ilmiah.
     
    Handoko menyebutkan, tujuan penyelenggaraan ISE adalah untuk mengomunikasikan atau memasyarakatkan apa yang telah dilakukan peneliti Indonesia dalam bidang riset dan manfaatnya bagi masyarakat luas. “Kami ingin pula agar hasil riset benar-benar terasa manfaatnya bagi masyarakat, baik jangka pendek hingga jangka panjang,” tuturnya.
     
    Pembukaan ISE diisi dengan pemberian penghargaan LIPI Young Scientiest Award (LYSA) 2017 dan penghargaan bagi Peneliti dan Inovator Remaja Berprestasi Internasional Tahun 2017. Pembukaan juga diisi dengan peluncuran indikator peningkatan rasio belanja litbang terhadap produk domestik bruto (PDB) yang dikenal sebagai Gross Expenditure Research and Development (GERD), dan efektifitas pemanfaatannya oleh berbagai lembaga litbang.
     
    Selain pameran sains, ISE 2017 diisi dengan beragam kegiatan antara lain Science Movie, Science Art, Science Show, Games, workshop,talkshow, Science Based Industrial Innovation Award 2017, Pekan Inovasi Teknologi 2017, pameran industri, pameran perguruan tinggi serta lembaga penelitian dan pengembangan. Dalam ISE 2017 juga diselenggarakan 18 konferensi ilmiah tingkat nasional maupun internasional.
     
    “Perhelatan ISE diharapkan mampu mempertemukan kalangan peneliti, akademisi, pebisnis, serta pemerintah untuk bersinergi dalam memperkenalkan, membangun kerja sama dan menciptakan produk-produk inovasi di berbagai bidang,” pungkasnya.
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek