Homepage > Transportasi > Transportasi Udara > Wapres RI Tekankan Pentingnya Penguasaan Iptek dan Inovasi di Negara OKI
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1543
    Guest : 1543
    Members : 0

    Wapres RI Tekankan Pentingnya Penguasaan Iptek dan Inovasi di Negara OKI

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
     
    Technology-Indonesia.com - Penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi merupakan suatu keharusan bagi seluruh negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) agar dapat menghadapi berbagai tantangan global, antara lain: pengentasan kemiskinan, penanggulangan penyakit, kekurangan pangan, krisis energi serta air, dan lain lain. 
     
    Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla saat menyampaikan pernyataan Pemerintah Indonesia pada Konperensi Tingkat Tinggi (KTT) OKI I mengenai iptek (1st OIC Summit on Science, Technology and Innovation) di Astana, Kazakhstan, Minggu (10/9/2017). 
     
    KTT OKI mengenai iptek merupakan KTT tematik pertama di bawah kerangka forum kerjasama OKI dengan tema “Science, Technology, Innovation and Modernization of the Muslim World”. KTT diselenggarakan atas kesepakatan seluruh negara OKI pada berbagai pertemuan KTT OKI. Termasuk KTT OKI terakhir di Istanbul pada April 2016. Seluruh 56 negara anggota OKI berpartisipasi pada rangkaian pertemuan KTT OKI Iptek ini. 
     
    Wapres RI menekankan pentingnya menciptakan kerjasama erat antar center of excellence bidang iptek dan inovasi yang saling terintegrasi antara negara OKI untuk berbagi hasil kegiatan riset dan pengembangan bidang iptek. 
     
    Indonesia juga mendorong seluruh negara OKI terus mengembangkan iptek dan inovasi sejak pendidikan dasar, disertai penguatan kurikulum iptek dan pengembangan budaya iptek sejak usia dini. Selain itu, seluruh negara OKI harus terus mengarustamakan iptek dan inovasi di dalam kebijakan dan strategi nasionalnya masing-masing. 
     
    Lebih lanjut, Wapres RI menyerukan agar seluruh negara anggota OKI memperkuat kerjasama saling berbagi pengalaman, baik antar negara OKI maupun dengan negara lain serta berbagai pemangku kepentingan lainnya. 
     
    Wapres RI menutup sambutannya dengan penekanan khusus bahwa seluruh negara OKI perlu kembali memajukan peran Islam dalam pengembangan aspek iptek dan inovasi untuk kesejahteraan umat manusia secara keseluruhan. Hal ini merupakan realiasi nyata dari nilai utama Islam sebagai Rahmatan lil Alamiin. 
     
    Tercatat sekitar 20 kepala negara/pemerintah, raja, dan wakil presiden dari negara OKI hadir pada KTT OKI. Termasuk Presiden Turki selaku Ketua OKI periode 2016-2019 dan Presiden Pakistan selaku Ketua Standing Committee OKI mengenai Iptek/COMSTECH. 
     
    Pada akhir KTT, diharapkan seluruh kepala negara/wakil kepala negara akan mengesahkan dokumen OIC Science, Technology and Innovation 2026 serta Astana Declaration. Dokumen OIC STI 2026 merupakan road map Iptek negara-negara OKI untuk periode 2017-2026. Sedangkan Astana Declaration  berisi pernyataan bersama seluruh kepala negara/wakil kepala negara OKI mengenai hal-hal utama mengenai pengembangan iptek di negara OKI bagi kepentingan seluruh umat manusia. 
     
    Delegasi RI pada KTT dipimpin oleh Wapres RI dan didampingi oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menristekdikti, Wakapolri, Dubes RI Astana (Rahmat Pramono) serta para pejabat tinggi dari berbagai kementerian/lembaga terkait.
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek