Homepage > Transportasi > Transportasi Udara > IDB Kucurkan Dana Rp.384,7 Milyar untuk 12 Gedung Baru ULM
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1544
    Guest : 1544
    Members : 0

    IDB Kucurkan Dana Rp.384,7 Milyar untuk 12 Gedung Baru ULM

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
     
    Technology-indonesia.com - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir melakukan peletakan batu pertama Gedung Baru Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Sabtu (29/7/2017). Pembangunan gedung ini merupakan salah satu realisasi Proyek 7 in 1 dari Islamic Development Bank (IDB).
     
    Menristekdikti dalam sambutannya mengatakan pengembangan perguruan tinggi harus memperhatikan potensi dan kekhasan daerah setempat. “Semoga dengan dukungan pembiayaan Proyek 7 in 1 ini, ULM dapat terus mengembangkan SDM yang mampu menggali dan mengolah hasil-hasil pertambangan dan energi terbarukan di kawasan Kalimantan melalui perbaikan kurikulum, fasilitas belajar, dan kualitas staf pengajar untuk mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional,” ujar Nasir.
     
    Peletakan Batu Pertama Proyek 7 in 1 IDB di ULM oleh Menristekdikti merupakan yang ke 6 kalinya. Peletakan batu pertama proyek ini diawali dari Universitas Syiah Kuala, berlanjut ke Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Sam Ratulangi. Terakhir akan dilakukan di Universitas Tanjungpura.
     
    Nasir berharap agar pembangunan sarana dan prasarana memiliki dampak terhadap kemajuan perguruan tinggi. “Jangan sampai megahnya kampus tidak berkontribusi kepada pembangunan nasional. Setelah selesai pembangunan gedung baru, Kami akan tagih janji kapan ULM memiliki akreditasi A, berapa riset dan publikasi internasional ULM,” pesan Nasir.
     
    Dalam konteks mutu, Menristekdikti mendorong perguruan tinggi harus terkareditasi baik dan menerapkan budaya mutu secara berkelanjutan. ULM saat ini terakreditasi institusi B dan memiliki 90 prodi terakreditasi dari 101 prodi aktif. Ke depannya ULM diharapkan dapat meningkatkan mutunya bahkan memiliki mutu yang diakui secara internasional.
     
    Menristekdikti berharap ULM dapat meningkatkan kinerja riset dan penelitiannya sehingga semakin banyak publikasi internasional yang dihasilkan. Mengacu data Scopus sampai 28 Juli 2017 total kumulatif ULM menghasilkan 203 publikasi. ULM diharapkan dapat berkontribusi terhadap jumlah publikasi internasional Indonesia. 
     
    Data 14 Juli 2017 menunjukkan publikasi internasional Indonesia tahun 2017 mencapai 8.235 publikasi, telah berada di atas Thailand. “Target kita di 2017 sebanyak 15.000 publikasi internasional,” imbuh Nasir.
     
    Rektor ULM Sutarto Hadi mengatakan ada 12 total gedung baru yang akan dibangun melalui Proyek IDB 7 in 1. “Sepuluh gedung baru akan dibangun di kota Banjarmasin dan dua gedung baru di Banjarbaru. Total seluruh gedung yang akan dibangun untuk proyek ini 28.900 m2 dengan lama pengerjaan 420 hari,” jelas Sutarto.
     
    Sutarto mengatakan bahwa proyek pembangunan sarana dan prasarana yang telah direncanakan sejak lama. Total dana yang disiapkan untuk pembangunan gedung baru ULM sebesar Rp.384,7 Milyar. Dana ini berasal dari pinjaman IDB melalui skema Proyek 7 in 1.
     
    Selain Peletakan Batu Pertama Proyek IDB 7 in 1, Menristekdikti juga meresmikan Pusat Informasi dan Pelayanan Terpadu, serta serah terima Gedung Pasca Sarjana dari Pemprov Kalimantan Selatan kepada Kemenristekdikti melalui ULM. 
     
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek