Homepage > Transportasi > Transportasi Udara > Menristekdikti Resmikan Ground Breaking Pembangunan Gedung UNY
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1547
    Guest : 1547
    Members : 0

    Menristekdikti Resmikan Ground Breaking Pembangunan Gedung UNY

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    alt

    Menristekdikti Mohamad Nasir saat melakukan berbagai kegiatan di Universitas Negeri Yogyakarta pada Sabtu (22/7/2017). Foto Ageng/Kemenristekdikti

     
    Technology-indonesia.com - Menristekdikti Mohamad Nasir meresmikan ground breaking pembangunan gedung Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Sabtu (22/7/2017). Pembangunan gedung ini merupakan salah satu roadshow realisasi skema 7 in 1 dari Islamic Development Bank (IDB) yang ditandatangani pada 14 Juli 2017. 
     
    Proyek 7 in 1 dilaksanakan di tujuh Perguruan Tinggi Negeri yaitu Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), Universitas Tanjungpura (UNTAN), Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melalui pendanaan dari IDB, serta Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) melalui dana dari Saudi Fund and Development (SFD). 
     
    Menristekdikti mengatakan Proyek 7 in 1 dimulai dua hari lalu di Universitas Negeri Gorontalo, kemudian di Universitas Negeri Surabaya. Melalui proyek ini, Nasir berharap akses perguruan tinggi dan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di UNY dan enam universitas lainnya dapat menjadi lebih baik. 
     
    "Saya berharap semoga dengan dukungan pembiayaan Proyek 7 in 1 ini, dimasa yang akan datang UNY akan semakin meningkatkan kontribusinya dalam bidang pendidikan yang berdampak terhadap perbaikan perilaku pola pendidikan di masyarakat secara lokal dan nasional,” kata Nasir
     
    Hal ini, lanjutnya, akan sejalan dengan identitas yang dikembangkan di UNY sebagai kampus Leading in Character Education, yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan. Tak kalah penting, Menristekdikti berpesan untuk menjaga dan mempertahankan kearifan lokal dalam pembangunan gedung. 
     
    “Nanti saya akan tagih kepada UNY untuk peningkatan publikasinya, karena dengan adanya gedung nanti pasti proses riset juga akan lebih baik," pungkas Nasir.
     
    Rektor UNY Sutrisna Wibawa menjelaskan UNY mendapat tanggung jawab untuk membangun koridor kualitas pendidikan di pulau Jawa.
     
    "Dalam konteks ini,  UNY akan mendukung Koridor Jawa dalam membangun industri dan jasa nasional. UNY berperan dalam melatih dan mempersiapkan tenaga guru untuk tingkat SD, SMP, dan SMA yang dibutuhkan di wilayah ini. UNY akan membangun model pendidikan kejuruan," ujarnya.
     
    Dalam Proyek 7 in 1, UNY memperoleh 13 gedung yaitu Lab. Teknik Sipil dan Struktur, Lab. Mesin dan Otomotif, Lab. Elektronik dan Listrik, Gedung Pertunjukan di FBS, Pusat Pelatihan Bahasa, Lab. Ekonomi dan Bisnis Terpadu, Lab. Matematika dan IPA, Lab. IPS Terpadu, Lab. Pendidikan Usia Dini dan Sekolah Dasar, Gedung Kuliah Umum, Perpustakaan Digital, Pusat Kebugaran dan Olahraga serta Lab. Olahraga Terpadu. Untuk total development area seluas 35.314,25 meter persegi, UNY mendapat dana kurang lebih Rp. 279 Milyar.
     
    Menurut Sutrisna, pembangunan gedung-gedung dalam Proyek 7 in 1 telah dipertimbangkan prinsip desainnya. “Yaitu lingkungan belajar yang kondusif, keberlanjutan lingkungan dan menjunjung budaya dan kearifan lokal,” katanya.
     
    Lingkungan belajar yang kondusif dapat tercipta dengan mengakomodasi kegiatan individual dan berkelompok sehingga mendukung lingkungan akademik yang inovatif. Sedangkan pemeliharaan lingkungan yang berkelanjutan dengan cara konservasi energi, optimalisasi pencahayaan alami, dan manajemen air. Kondisi kampus yang berada di antara Kraton Yogyakarta dan Candi Prambanan membuat desain gedungnya merupakan gabungan dari keistimewaan arsitektural kedua heritage dengan mempertahankan karakteristik modern. 
     
    Pada hari yang sama di GOR UNY, Menristekdikti memimpin Deklarasi Anti Radikalisme yang dilakukan sekitar 3.500 mahasiswa Bidikmisi dan mahasiswa beberapa perguruan tinggi di sekitar Yogyakarta. Acara ini diharapkan menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk mencegah ideology dan paham radikalisme yang belakangan ini berkembang.
     
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek