Homepage > Transportasi > Transportasi Udara > Forum Bakohumas Membumikan Isu Iptek dan Hakteknas
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1541
    Guest : 1541
    Members : 0

    Forum Bakohumas Membumikan Isu Iptek dan Hakteknas

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
    Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im saat membuka Temu Tematik Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Pemerintah di Hotel Oria, Jakarta, Rabu (12/7/2017). Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti
     
    Technology-indonesia.com - Isu-isu ilmu pengetahuan dan teknologi masih belum membumi di kalangan masyarakat, termasuk di perguruan tinggi. 
     
    Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im saat membuka Temu Tematik Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Pemerintah di Hotel Oria, Jakarta, Rabu (12/7/2017). Agenda pokok forum yang dihadiri 113 humas kementerian, lembaga dan BUMN ini terkait peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22.
     
    “Forum ini sangat baik untuk menjelaskan kapasitas Iptek dan Inovasi kepada masyarakat, terutama menjelang Hakteknas 10 Agustus mendatang," ujarnya.
     
    Ainun menjelaskan forum ini juga penting untuk membangun serta meningkatkan sinergi dan daya saing Indonesia di bidang Iptek dan inovasi. “Sebagai bagian dari pemerintah, kita mempunyai kewajiban untuk mensosialisasikan Iptek di Indonesia,” terangnya.
     
    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widyastuti menjelaskan Forum Bakohumas merupakan aset strategis dalam mendesiminasikan program pemerintah pada masyarakat. Niken yakin melalui forum ini, informasi mengenai iptek dan Hakteknas akan semakin dikenal lebih luas di masyarakat. 
     
    Niken mengatakan Hakteknas merupakan reaktualisasi dari anak bangsa yang mampu membuat teknologi tingkat tinggi dan teknologi tepat guna. Hakteknas juga bisa mendorong anak-anak muda Indonesia untuk bisa menjadi lebih kreatif dan inovatif. “Masyarakat harus mempunyai kepedulian terhadap iptek untuk kemajuan bangsa Indonesia,” harap Niken.
     
    Dalam kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Jumain Appe mengatakan peringatan Hakteknas 2017 bukan hanya bersifat seremonial, namun merupakan pijakan bagi pengembangan iptek dan inovasi ke depan.  “Tema Hakteknas 2017 Pembangunan Maritim Berbasis Inovasi sesuai dengan semangat Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,” ungkap Jumain.
     
    Jumain menambahkan ada lima hal yang sangat penting untuk menggelorakan iptek dan inovasi yakni Academic, Bussiness, Government, Community dan Media (ABGCM). Dengan sinergi yang baik antar kelima elemen tersebut, Jumain yakin iptek dan inovasi Indonesia akan semakin berkembang maju dan dapat menaikkan daya saing bangsa.
     
    Sementara itu, Asisten Deputi Pendayagunaan Iptek Maritim Kemenko Maritim Nani Hendiarti menyampaikan langkah- langkah yang telah ditempuh pemerintah untuk mewujudkan target Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. 
     
    Nani mengatakan ada lima pilar mewujudkan target tersebut yakni Komitmen untuk membangun kembali budaya maritim Indonesia, Komitmen untuk menjaga dan mengelola sumber daya laut, mendorong pengembangan infrastruktur dan konektifitas maritim, diplomasi maritim dan membangun kekuatan pertahanan maritim.
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek