Homepage > Transportasi > Transportasi Darat > BPPT Siapkan Desain Standar Jembatan Bentang Panjang
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 2019
    Guest : 2019
    Members : 0

    BPPT Siapkan Desain Standar Jembatan Bentang Panjang

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    Pemerintah saat ini tengah menggalakkan percepatan pembangunan infrastruktur transportasi untuk meningkatkan konektivitas antar daerah. Pembangunan jembatan menjadi prasarana transportasi darat yang penting dalam menjaga pemerataan ekonomi bangsa, memperlancar angkutan logistik dan membuka daerah-daerah terisolir.

    Pada Renstra 2015-2019, direncanakan akan dibangun lebih dari 100 jembatan. Berdasarkan tupoksi dan kompetensi serta fasilitas laboratorium yang dimiliki Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), sesuai arahan Wakil Presiden dalam rapat terbatas pada September 2015, dibentuklah gugus tugas bersama Kemenpupera dan Kemenperin untuk mengembangkan desain standar dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur jembatan.

    Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa (TIRBR), Erzi Agson Gani mengatakan dalam tugas tersebut, Kemenpupera menjadi koordinator karena tupoksi utamanya adalah pengadaan prasarana transportasi jembatan. Sementara BPPT mengambil peran optimal dalam desain engineering.

    “Pembuatan desain standar jembatan menjadi acuan bersama agar semua kegiatan ikutannya bisa mengacu kepada desain tersebut,” kata Erzi dalam Jumpa Pers bertema “Menjawab Isu Konstruksi Jembatan Bentang Panjang di Indonesia” di Jakarta, Senin (25/4/2016)

    Menurut Erzi, selama ini pembangunan jembatan ditangani satu kontraktor dengan kontrak membangun jembatan. Kontraktor harus menyiapkan mulai dari pembelian bahan baku, menyiapkan pondasi, merakit, dan lain-lain. “Dengan adanya standar desain maka pekerjaan bisa berjalan secara paralel. Pada saat tender ada tender kontraktor, tender fabrikator, tender bahan baku, dan lain-lain” lanjutnya.

    “Sekarang kita berbagi tugas antara Kemenpupera, Kemenperin dan BPPT. Industri pendukung seperti baja, semen, dan lain-lain harus terlibat. Dengan desain standar, ke depan akan ada fabrikator-fabrikator tiap seksi. Kontraktor hanya mengintegrasikan, sehingga pembangunan jembatan menjadi lebih cepat,” papar Erzi.

    BPPT telah cukup lama berkontribusi dalam pembangunan jembatan bentang panjang antara lain dalam uji aerodinamika Jembatan Suramadu di Jawa Timur dan Jembatan Merah Putih yang baru-baru ini diresmikan Presiden Joko Widodo di Ambon Maluku. Bahkan sejak tahun 1980an, BPPT sangat mendorong konektivitas sebagai salah satu kunci agar pembangunan dapat terlaksana dengan baik.

    “Waktu itu ada program Tri Nusa Bima Sakti  yang ingin menghubungkan secara fisik tiga pulau utama yaitu Jawa, Sumatera dan Bali dengan teknologi jembatan. Paling utama adalah teknologinya bagaimana menghubungkan tiga pulau besar itu dengan jembatan bentang panjang,” ungkap Erzi.

    Dalam program pembangunan jalan tol Sumatera antara Bakaheuni hingga Banda Aceh ada berapa jembatan yang dibikin melewati sungai-sungai besar. “Salah satu yang sudah kita uji adalah jembatan Musi 3 dengan bentang terpanjang 1000 meter,” lanjutnya.

    Erzi Optimis dengan adanya standar desain maka target pembangunan lebih dari seratus jembatan bisa terlaksana. “Ini harus kita kuasai agar tidak tergantung pada asing. Kalau kita tergantung pada asing desain engineering-nya, semua komponen akan lari ke asing,” kata Erzi.

    Ada tiga unit BPPT yang intensif berkontribusi dalam kontruksi Jembatan Bentang Panjang yaitu Balai Besar Teknologi Aerodinamika Aeroelastika dan Aeroakustika (BBTA3-BPPT), Pusat Teknologi Sistem dan Prasarana Transportasi (PTSPT-BPPT), dan Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur (B2TKS BPPT).

    “Semua komponen bangsa harus bersatu mensukseskan program ini. Tanpa adanya infrastruktur jembatan, semua potensi sumber daya alam tidak bisa kita optimalkan untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek