Homepage > Pertanian & Pangan > Peternakan > Pengelolaan SDA Manggarai Barat Perlu Sentuhan Teknologi dan Inovasi
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1907
    Guest : 1908
    Members : 0

    Pengelolaan SDA Manggarai Barat Perlu Sentuhan Teknologi dan Inovasi

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
    Menristekdikti Mohamad Nasir dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (7/4/2017). Foto Pubdok Kemenristekdikti/Fatimah
     
     
    Technology-indonesia.com - Setiap daerah di Indonesia memiliki potensi kekayaan alam dengan karakteristik dan keunikan tersendiri.  Kemandirian ekonomi daerah membutuhkan sinergi lintas sektor untuk mengelola sumber daya alam (SDA) yang ada. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) mendorong agar daerah bergerak seirama dengan perkembangan teknologi dalam mengelola kekayaan alamnya. 
     
    "Inovasi akan memberikan nilai tambah terhadap terhadap produk yang dihasilkan masyarakat, muaranya adalah kemandirian ekonomi masyarakat. Ini sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo” kata Menristekdikti Mohamad Nasir dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (7/4/2017).
     
    Pada kesempatan ini, Menristekdikti didampingi Bupati Manggarai Barat, Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Jumain Appe dan Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Inovasi Retno Sumekar meninjau lokasi peternakan sapi dan pembibitan padi di desa Nanga’nae.
     
    Menurut Menristekdikti masyarakat Manggarai Barat patut bersyukur memiliki anugerah kekayaan dan keindahan alam. Tanahnya subur untuk pertanian dan peternakan, lautnya dipenuhi ikan, pulau-pulaunya indah menawan hati dan tidak dimiliki daerah lain.
     
    "Jika semua sektor ini dikelola dengan sentuhan teknologi dan inovasi, saya optimis Kabupaten Manggarai Barat akan bergerak lebih maju lagi,” ujar Menristekdikti.
     
    Kemenristekdikti senantiasa mendorong para peneliti dan ilmuwan untuk melakukan riset dan inovasi di bidang-bidang yang erat kaitannya dengan perekonomian masyarakat. Kemenristekdikti telah menghasilkan berbagai teknologi tepat guna yang dapat dimanfaatkan masyarakat Manggarai Barat.
     
    Menristekdikti mengatakan Kabupaten Manggarai Barat akan menjadi daerah proyek awal penanaman padi Sidenuk dan inseminasi buatan (IB) Sexing untuk peternakan sapi di kawasan NTT. Padi Sidenuk adalah padi mugibat hasil riset BATAN yang mampu menghasilkan 9-10 ton/ha dengan teknologi IPAT BO (Intensifikasi Padi Aerob Terkendali Berbasis Organik).
     
    Sebagai daerah destinasi wisata dunia, Menristekdikti berharap masyarakat Manggarai Barat mempersiapkan diri. “Labuan Bajo dan Pulau Komodo sudah terkenal di seluruh dunia. Masyarakat Manggarai Barat harus siap mengelola kawasan wisata, mulai dari akomodasi hingga konsumsi wisatawan. Sehingga tidak menjadi penonton di rumah sendiri” ujar Menristekdikti.
     
    Untuk mempersiapkan sumber daya manusia, Menristekdikti mendorong berdirinya perguruan tinggi dengan bidang studi kepariwisataan di Manggarai Barat.
     
    Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch. Dula menyambut baik dukungan Kemenristekdikti dalam membangun kesejahteraan dan perekonomian masyarakat Manggarai Barat. “Peternakan kita, khususnya peternakan sapi dapat dikembangkan lebih baik lagi dengan dukungan inovasi dan teknologi dari Kemenristekdikti. Pertanian kita akan semakin baik hasilnya. Kami sangat bangga atas bantuan Menristekdikti bagi kemajuan Manggarai Barat ” ujar Agustinus.
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek