Homepage > Pertanian & Pangan > Pertanian > Balitbangtan Siapkan Varietas Jagung & Kedelai Tahan Perubahan Iklim
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 954
    Guest : 955
    Members : 0

    Balitbangtan Siapkan Varietas Jagung & Kedelai Tahan Perubahan Iklim

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    Untuk mengantisipasi perubahan iklim, Balitbang Pertanian menyiapkan inovasi teknologi baru. Inovasi itu berupa  berupa varietas-varietas unggul jagung dan kedelai yang tahan perubahan iklim. Antara lain toleran kekeringan, toleran rendaman, dan tahan penyakit utama.

    Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tangan Pangan Balitbangtan, Dr Made Jana Mejaya MSc menjelaskan hingga kini pihaknya telah menyiapkan  sembilan varites jagung dan 11 varietas kedelai.  Untuk jagung, ada varietas Lamuru, Sukmaraga, Bisma, Gumarang, hibrida Bima 19 URI, dan hibrida Bima 20 URI toleran kekeringan, Bima 16, Bima 18, dan Pulut URI 1 tahan penyakit bulai dengan potensi hasil masing-masing 12,4; 13,6; dan 9,4 t/ha.

    Selain toleran kekeringan jagung varietas Bima 19 URI dan Bima 20 URI tahan bulai, tahan terhadap penyakit karat dan hawar daun. Dengan budidaya yang tepat dan musim yang mendukung hasil jagung hibrida Bima 19 URI dan Bima 20 URI bisa mencapai lebih dari 12 t/ha.

    Sedang untuk kedelai, tambahnya, sudah tersedia, varietas unggul kedelai antara lain Dering 1, Detam 3 Prida, Detam 4 Prida, Gema yang toleran kekeringan, varietas Dena 1 dan Dena 2 toleran naungan, Wilis, Argomulyo, Anjasmoro, Tanggamus, dan Grobogan. Kedelai varietas Dering 1 berpotensi hasil 2,8 t/ha, umur panen 81 hari, tahan terhadap hama penggerek polong dan karat daun.

    Made menjelaskan, varietas Gema sangat genjah, hanya 73 hari sudah bisa dipanen, potensi hasil 3,06 t/ha dapat dikembangkan pada lahan sawah dan lahan kering. Kedelai hitam Detam 3 Prida dan Detam 4 prida cocok untuk bahan baku kedelai, selain genjah (75-76 hari) kedelai ini mampu berproduksi masing-masing 2,88 dan 2,54 t/ha.

    Perubahan iklim, menurutnya,  telah mengancam produksi pangan di berbagai belahan dunia. Kemarau panjang menyebabkan tanaman didera kekeringan dan panjangnya periode hujan yang merendam sebagian area pertanaman adalah dampak langsung dari perubahan iklim.

    Pola curah hujan tidak beraturan dan berbagai cekaman kekurangan air meningkatkan intensitas beberapa hama penyakit. Informasi mengenai upaya-upaya pencegahan dan pengurangan, dampak, dan penyebab yang bisa terjadi seperti banjir dan kekeringan yang dapat menyebabkan kerentanan pangan, energi, air bersih bagi komunitas lokal.

    Menurut Made, hasil inovasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) ini juga dipamerkan di stand Kementerian Pertanian pada acara Indonesia Climate Change Education Forum & Expo 2015 beberapa waktu lalu.
    alt
     

    Umum

    Tingkatkan Peran Guru Besar dalam Pengembangan Peradaban
    Jumat, 23 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti Mohamad Nasir dalam Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung (FGB-ITB), di Gedung Balai Pertemuan Ilmiah ITB, Kamis (22/2/2018).Ageng Prasetyo/BKKP...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek