Homepage > Pertanian & Pangan > Pertanian > Penggunaan Teknologi Tingkatkan Potensi Daerah
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 2533
    Guest : 2536
    Members : 0

    Penggunaan Teknologi Tingkatkan Potensi Daerah

    Penilaian Pengguna: / 1
    JelekBagus 

    Komposisi

    Untuk meningkatkan kesejahteraan, setiap potensi yang ada di daerah harus didukung dengan penggunaan teknologi tepat guna.

    Hal itu disampaikan Menteri Riset dan Teknologi saat menandatangani naskah kesepakatan bersama dengan Gubernur Jawa Tengah dan Bupati Karanganyar mengenai pusat inovasi di daerah, di Desa Sambirejo Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah , Selasa (26/4).

    "Potensi di daerah harus ditunjang dengan teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan," ujar Menristek.

    Senada dengan Menristek,  Gubernur Jawa Tengah mengatakan potensi di daerah harus diberdayakan. Apalagi potensi di wilayahnya luar biasa. Bibit menyebut dari 23 lokasi di Indonesia yang dikembangkan potensi daerahnya, 10 di antaranya berada di Provinsi Jawa Tengah.

    "Potensi yang luar biasa itu harus didorong dengan penggunaan teknologi tepat guna. Ini tugasnya pemerintah pusat. Sehingga hasil potensi daerah yang disentuh teknologi dapat  meningkatkan kuantitas, kualitas dan kontinyuitas yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Bibit.

    Pusat inovasi di daerah merupakan wujud Sistem Inovasi Daerah (SIDA) kerjasama antara unsur pemerintah daerah, lembaga litbang, akademisi, dunia usaha dan masyarakat luas di daerah.

    Khusus di Kabupaten Karanganyar yang dikembangkan adalah klaster biofarmaka. Kementerian Ristek dan Teknologi berperan mendorong sistem inovasi daerah dengan meningkatkan penyerapan hasil litbang berbagai kementerian melalui pemanfaatan teknologi di masyarakat.

    Pada kesempatan ini Menristek melihat sendiri penggunaan teknologi tepat guna seperti alat perajang, oven pengering dan alat untuk membuat serbuk.

    Alat tersebut dibuat oleh LIPI dan Litbang Kementerian Pertanian berdasarkan informasi identifikasi kebutuhan yang dilakukan Kementerian Riset dan Teknologi. Alat yang dibuat sendiri itu dapat menekan biaya sehingga relatif lebih murah jika membeli dari pihak lain. Kementerian Riset dan Teknologi akan terus mendampingi pasca penggunaan alat tersebut.

    Sebelumnya, petani melakukan proses perajangan dan pengeringan secara manual. Dengan adanya alat-alat tersebut diharapkan meningkatkan pendapatan bagi petani setempat.

    Kabupten Karanganyar merupakan daerah yang telah menjalani beberapa rangkaian tahapan, mulai identifikasi kebutuhan teknologi hingga rancangan model pemberdayaan masyarakat. Fokus pengembangan klaster di Karanganyar adalah biofarmaka yang sesuai dengan potensi daerah setempat.

    Potensi sumber daya biofarmaka di Karanganyar sangat berperan dalam menghadapi tantangan pasar global obat tradiosional.   

    Selain Kabupaten Karanganyar, pada kesempatan itu Menristek Suharna Surapranata juga menyaksikan penandatanganan naskah kesepahaman bersama 10 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.***

     

    Umum

    Inilah SNI Wajib untuk Mainan Anak
    Selasa, 23 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Jakarta, Technology-Indonesia.com - Badan Standardisasi Nasional (BSN) menetapkan beberapa Standar Nasional Indonesia (SNI)  tentang Mainan Anak. Sebagian SNI Mainan Anak...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek