Homepage > Pertanian & Pangan > Pertanian > Geolog UGM Ungkap Kondisi Antartika
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1305
    Guest : 1305
    Members : 0

    Geolog UGM Ungkap Kondisi Antartika

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
    Geolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Nugroho Imam Setiawan (Foto Humas UGM)
     
    Technology-indonesia.com - Geolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Nugroho Imam Setiawan berhasil menyelesaikan ekpedisi penelitian di Antartika. Nugroho merupakan peneliti pertama UGM dan wakil ASEAN yang mengikuti penelitian masa depan planet bumi di Antartika yang diselenggarakan Japan Antartic Research Expedition (JARE). 
     
    Ekpedisi JARE  58 diikuti 80 anggota dengan 35 diantaranya merupakan peneliti. Penelitian dibagi dalam 10 topik antara lain meteorologi, amtosfer, biologi terestrial oseanografi, geofisikia, geodesi dan geologi. Ekpedisi ini memakan waktu 4 bulan mulai 27 November 2016 hingga 22 Maret 2017.
     
    “Saya masuk dalam tim geologi beranggotakan 8 orang. Sekitar 30 hari kami melakukan survei geologi di Antartika,” tutur Nugroho pada Kamis (29/3/2017) di Ruang Sidang Pimpinan UGM, Yogyakarta. 
     
    Dosen Departemen Teknik Geologi Fakultas Teknik ini mengatakan dalam tim geologi semua anggota memiliki satu tugas utama. Nugroho bertugas mengobservasi cuaca harian. Dua kali sehari dia mencatat kondisi cuaca. “Jika ada pemberangkatan helikopter maka harus mengobservasi lebih detail,” ucapnya.
     
    Saat itu Antartika sedang memasuki musim panas, sehingga matahari bersinar 24 jam setiap harinya. Suhu udara berkisar -5 derajat di malam hari dan -2 derajat di siang hari. Suhu maksimum 2 derajat.
     
    Setiap hari tim geologi menjalankan rutinitas mengumpulkan sampel batuan metamorf di setiap lokasi penelitian. Ada delapan titik survei geologi yang mereka jelajahi yaitu Akebono, Akarui, Tenmodai, Skallevikhalsen, Rundvageshtta, Langdove, West Ogul, dan Mt. Riiser Larsen. 
     
    “Kami berusaha menyingkap batuan metamorf, batuan tertua di bumi berusia 3,8 miliar tahun yang ada  di Antartika,” ujarnya. 
     
    Selama ekpedisi, Nugroho hanya menjumpai dua jenis batuan di lokasi penelitian. Batuan yang banyak ditemukan adalah batuan metamorf dan granitodis maupun perpaduan keduanya yaitu migmatitt. Batuan dengan struktur sarang lebah atau yang dikenal dengan Honeycomb structure banyak ditemukan pada batuan. Struktur ini terbentuk akibat gerusan angin dengan iklim kering di permukaan batuan. 
     
    Sepanjang area survei Nugroho dan tim geologi lainnya mengoleksi 10 hingga 20 kilogram sampel batuan. Dari hasil survei di seluruh lokasi, mereka berhasil mengumpulkan lebih dari 3 ton sampel batuan metamorf. 
     
    “Ada 141 sampel batuan metamorf dengan berat sekitar 200 kilogram akan dikrim ke Indonesia pada bulan Mei depan,” paparnya. 
     
    Batuan-batuan tersebut akan diteliti secara mendalam. Harapannya dari penelitian nantinya dapat dipelajari sejarah pembentukan dan perkembangan bumi.
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek