Homepage > Pertanian & Pangan > Pertanian > Indonesia-Belanda Siap Implementasikan kerjasama Riset dan Pendidikan
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1308
    Guest : 1308
    Members : 0

    Indonesia-Belanda Siap Implementasikan kerjasama Riset dan Pendidikan

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
    Pertemuan The 1st Indonesia- Netherlands Joint Working Group (JWG) on Higher Education and Science (HES) di Jakarta Senin (13/2/2017) (Foto HumasRistekdikti/Timeh Harahap)
     
    Pemerintah Indonesia dan Belanda menggelar pertemuan 'The 1st Indonesia- Netherlands Joint Working Group (JWG) on Higher Education and Science (HES)' sebagai upaya peningkatan kolaborasi di bidang iptek dan pendidikan tinggi. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut langkah kongkrit penandatanganan nota kesepahaman antara Indonesia dan Belanda pada 22 April 2016.
     
    Komite Bersama ini membahas beberapa topik yang tertuang dalam Road Map of Horizon 2022 : Higher Education and Science yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Ainun Na'im dan I.J. Inge Vossenaar, 'Deputy Director General Vocational Education and Training, Higher Education and Science Netherlands'.
     
    Topik-topik tersebut antara lain identifikasi langkah kedua negara dalam mempersiapkan sumberdaya manusia (peneliti, dosen, pelajar) berkualitas. Peningkatan kapasitas SDM akan diimplementasikan melalui pertukaran sejumlah kesepakatan dan program beasiswa. Topik lainnya, pengembangan dan penilaian kurikulum dan kualifikasi, termasuk joint/double degrees.
     
    Peningkatan jaringan yang kuat ke  pasar tenaga kerja akan dilakukan melalui program magang dan proyek-proyek riset terapan oleh pelajar di kedua negara, termasuk untuk program pendidikan vokasi di perguruan tinggi. Kedua negara sepakat untuk meningkatkan kapasitas para staf yang terkait dengan pendidikan tinggi vokasi. 
     
    Topik kedua kolaborasi riset dan inovasi yang fokus dan intensif. Konsorsium riset bersama yang akan dibangun berbasis jaringan, kerjasama dan fokus kepada agenda riset yang sudah ada di kedua negara, serta mengikuti kebutuhan sosial dalam penerapan riset ke masyarakat. 
     
    Ketiga, sinergi dalam pendanaan untuk pelaksanaan program kerjasama bilateral. Kedua Menteri menyatakan dukungannya dalam pelaksanaan program kerjasama bilateral. 
     
    Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, Kemenristekdikti akan menugaskan Tim Komite Bersama Indonesia-Belanda untuk menciptakan mekanisme pendanaan gabungan untuk meningkatkan kapasitas, mengatur program double/joint degree, serta melaksanakan aktivitas riset bersama.
     
    Untuk penguatan jaringan, para pelajar dan alumni lulusan Belanda akan didaulat menjadi 'Duta Besar' yang potensial di beberapa area kerjasama, serta akan saling bertukar pengalaman dalam bidang-bidang tersebut. 
     
    Kolaborasi-kolaborasi di bidang pendidikan tinggi dan iptek akan memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua negara, termasuk peningkatan kapasitas kerjasama bilateral di area-area prioritas, dan pengembangan hubungan dan jaringan personal yang baik.
     
    Menristekdikti mengatakan saat ini jumlah mahasiswa Indonesia di Belanda mencapai angka 1600-an, kedua terbanyak setelah Inggris. "Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan ke depan Negara Belanda akan lebih menjadi pilihan bagi mahasiswa Indonesia yang akan melanjutkan studinya ke Eropa." 
     
    "Prioritas program studinya sendiri antara lain meliputi maritim, teknologi informasi, kesehatan dan obat, lalu 'water management'. Kita tahu Belanda sangat hebat soal 'pengelolaan sumber daya air. Politeknik di Indonesia juga akan didorong untuk bekerjasama dengan Belanda, sehingga para dosen dan lulusannya nanti tidak hanya mengantongi ijazah saja tapi juga sertifikat, bahkan sertifikat internasional," jelas Menteri Nasir saat pembukaan Indonesia-Netherlands JWG on HES, Senin (13/2/2017), di Jakarta. 
     
    Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda, Mariëtte (Jet) Bussemaker menegaskan pertemuan Komite Bersama adalah konsekuensi dari MoU yang telah ditandatangani tahun lalu. Komite Bersama memiliki tanggung jawab besar dalam mengimplementasikan aktivitas-aktivitas MoU tersebut.
     
    “Saya berharap JWG dapat memformulasikan prioritas-prioritas yang harus dilakukan. Kita harus dapat membuat pilihan yang tepat dan berkualitas. Hal ini sangat penting, untuk menghubungkan aktivitas-aktivitas apa saja yang dilakukan di Belanda dan Indonesia," ujar Menteri Jet Bussemaker. 
     
    Pengetahuan dan hasil dari berbagai aktivitas kerjasama nantinya akan didiseminasikan melalui berbagai konferensi, seminar, simposium, pameran dan kegiatan lainnya.
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek