Homepage > Pertanian & Pangan > Perkebunan > 2 Abad Kebun Raya Bogor Menyelamatkan Flora
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1255
    Guest : 1256
    Members : 0

    2 Abad Kebun Raya Bogor Menyelamatkan Flora

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
     
    Bogor, technology-indonesia.com - Menginjak usia 200 tahun pada 18 Mei 2017, Kebun Raya Bogor (KRB) semakin menunjukkan peran pentingnya bagi benteng terakhir penyelamatan flora di Indonesia. Kebun Raya yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini merupakan pusat penelitian dan pusat konservasi ex-situ tumbuhan terbesar di Indonesia.
     
    Sejarah kebun raya bermula dari pendirian  'sLands Plantentuin te Buitenzorg yang dipelopori seorang ahli botani Prof. C.G.C Reinwardt pada 18 Mei 1817. Dengan luas area sekitar 87 hektar, saat ini KRB memiliki koleksi tumbuhan sejumlah 12.531 spesimen, yang dikelompokkan ke dalam 3.228 jenis, 1.210 marga, dan 214 suku. 
     
    Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain mengatakan pendirian kebun raya ini menjadi tonggak sejarah perkembangan dan kelembagaan ilmu pengetahuan dalam mengantarkan sumber daya tumbuhan khususnya konservasi tumbuhan langka dan pengembangan tumbuhan bernilai ekonomi. Selain itu, KRB merupakan induk berdirinya institusi-institusi ilmiah di Indonesia.
     
    Keberadaan KRB setidaknya memiliki lima fungsi utama yang memberi manfaat bagi kehidupan masyarakat secara luas. "Kelima fungsi ini adalah sebagai tempat konservasi tumbuhan, penelitian, pendidikan lingkungan, wisata, dan jasa lingkungan. Bahkan, juga berkontribusi dalam perekonomian masyarakat sekitar,” ungkap Iskandar dalam acara Peringatan 200 Tahun Kebun Raya Bogor LIPI di Bogor, Kamis (18/5/2017).
     
    Menilik sejarah panjang dalam kontribusinya bagi negeri ini sejak 1817 hingga sekarang, Iskandar menuturkan bahwa kiprah nyata KRB terlihat tajinya dalam beragam bidang penelitian untuk penyelamatan flora di Indonesia. Ini tampak dari banyaknya penemuan jenis baru tumbuhan, pengembangan kultur jaringan koleksi anggrek dan kantong semar, mekarnya Rafflesia patma, dan capaian lainnya.. 
     
    “Intinya, Kebun Raya Bogor menjadi salah satu benteng terakhir dalam penyelamatan koleksi flora di negeri ini dan keberadaannya perlu dijaga dan dilestarikan,” tegasnya.
     
    Menurut Iskandar, Saat ini Indonesia telah memiliki 32 kebun raya, dengan rincian 5 kebun raya dikelola LIPI, 26 dikelola pemerintah daerah, dan 1 kebun raya dikelola universitas. Jumlah tersebut akan bertambah 3 kebun raya baru di kampus Institut Teknologi Sumatera, Kabupaten Tabalong – Kalimantan Selatan, dan Kabupaten Belitung. 
     
    “Jumlah kebun raya yang telah terbangun belum cukup mengkonservasi tumbuhan di Indonesia. Setidaknya kita harus memiliki 47 kebun raya yang merepresentasikan ekoregion di Indonesia,” terangnya.
     
    Didik Widyatmoko, Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya LIPI mengatakan KRB memberi manfaat  jasa lingkungan yaitu menjadi paru-paru kota dan lumbung air bagi wilayah sekitarnya. Kehadiran kebun raya tertua di Indonesia ini juga menjadi lokasi strategis dalam kegiatan pendidikan lingkungan. 
     
    “Fungsi lainnya yang terlihat bagi mayoritas masyarakat luas adalah keberadaan kebun raya menjadi lokasi strategis untuk berwisata atau berekreasi. Dalam kurun tiga tahun ke belakang, kunjungan ke Kebun Raya Bogor sudah di atas 1 juta pengunjung tiap tahunnya,” kata Didik.
     
    Menandai usia 200 tahun tersebut, Kebun Raya Bogor menggelar berbagai kegiatan, seperti penandatanganan Prasasti 2 Abad, Peluncuran Prangko 2 Abad Kebun Raya Bogor, Pameran Perkebunrayaan (18-21 Mei 2017), KRB 200K Run (20-21 Mei 2017), seminar internasional, dan lain-lain.
     
    Acara peringatan 200 tahun Kebun Raya Bogor juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia Megawati Soekarnoputri, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara serta Walikota Bogor Bima Arya.
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek