Homepage > Pertanian & Pangan > Perikanan > Inovasi Iptek Tingkatkan Daya Saing Produk KP
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1320
    Guest : 1320
    Members : 0

    Inovasi Iptek Tingkatkan Daya Saing Produk KP

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    Indonesia sebagai negara maritim perlu memperkuat inovasi bidang olahan produk dan bioteknologi kelautan dan perikanan. Produk olahan berbasis iptek menjadi salah satu langkah untuk memenuhi permintaan dunia internasional dan memenangkan persaingan global.

    Saat ini, kebutuhan dunia internasional pada produk perikanan dan bioteknologi kelautan cukup tinggi. Sebagai salah satu negara yang dikaruniai sumberdaya kelautan dan perikanan (KP), Indonesia berpotensi menjadi pemain penting sebagai penghasil produk KP.

    “Dalam upaya meningkatkan daya saing produk olahan dan inovasi bidang bioteknologi kelautan dan perikanan dibutuhkan penguasaan iptek, sebagai kunci untuk memenangkan persaingan usaha di tingkat regional maupun global,” kata Kepala Balitbang KP, Achmad Poernomo saat mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan membuka Seminar Internasional Pengolahan Produk Dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Tahun 2015, di Jakarta, Rabu (26/8).

    ​Menurut Achmad, penguasaan iptek diharapkan mampu meningkatkan nilai tambah produk KP yang pada akhirnya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan mampu berkontribusi  pada perekonomian nasional.

    ​"Seminar internasional ini diharapkan dapat memperkuat pertukaran informasi dan komunikasi antar para peneliti baik di dalam maupun di luar negeri guna memperkuat basis pengembangan keilmuan dan teknologi bidang pengolahan produk dan bioteknologi kelautan dan perikanan", kata Achmad.

    ​Pelaksanaan seminar internasional ini bertepatan dengan ulang tahun Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBP4BKP). Tahun 2015, BBP4BKP mendapatkan Anugerah Iptek Parogosala dari Kemenristekdikti atas kontribusinya mendukung sistem inovasi nasional bidang pengolahan produk dan bioteknologi KP.

    ​Pembicara kunci yang hadir adalah Prof. Wei Zhang (Flinders Centre for Marine Bioprocessing and Bioproducts, Flinders University, Australia), Prof. Tom Ross (Food Safety Center, Tasmania Institute of Agriculture, University of Tasmania, Australia), dan  Prof. Dr. Soottawat Benjakul (Department of Food Technology, Faculty of Agro Industry, Prince Songkla University, Thailand).

    ​Seminar menampilkan 51 makalah yang terbagi menjadi 32 makalah oral dan 19 poster.  Makalah yang masuk terbagi dalam berbagai kelompok tema penelitian, meliputi pengolahan produk perikanan, keamanan pangan dan biologi kelautan dan perikanan.

    Seminar dihadiri 280 peserta dari berbagai Australia, China, Malaysia, Thailand dan Indonesia. ​Seminar internasional ini menjadi wahana penting bagi para peneliti dan akademisi untuk penyebarluasan hasil-hasil  penelitian bidang KP guna meningkatkan daya saing bangsa berbasis iptek.

     

    ​​​​​​

     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek