Homepage > Pertanian & Pangan > Perikanan > SIKBES-Ikan, Sistem Penjejak Ikan Inovasi BPPT
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1686
    Guest : 1687
    Members : 0

    SIKBES-Ikan, Sistem Penjejak Ikan Inovasi BPPT

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
     
    JAKARTA - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berhasil mengembangkan aplikasi SIKBES-Ikan. Sistem penjejak ikan nan cerdas (intelligent fish tracker) ini dapat memprediksi lokasi potensi keberadaan ikan atau fishing ground (FG) jenis pelagis ekonomis beserta perhitungan nilai ekonomisnya.
          
    Ikan pelagis disebut juga ikan berminyak adalah ikan yang memiliki minyak di jaringan tubuh mereka dan dalam rongga perut di sekitar usus. Fillet mereka mengandung hingga 30 persen minyak, angka ini bervariasi baik di dalam dan antar spesies. Contohnya tengiri, marlin, wahoo, tuna, sarden, salmon, trout, ikan teri, dan barakuda. 
     
    Berdasarkan ukurannya ikan pelagis dibagi dua yaitu ikan pelagis kecil dan ikan pelagis besar. Ikan pelagis kecil contohnya teri, lemuru, tembang, japuh, kembung. Ikan pelagis kecil ditangkap dengan alat penangkap berupa jaring, seperti jaring insang, jaring lingkar, pukat cincin, payang, bagan, pukat tepi dan pakaya. Ikan pelagis kecil biasa berada di tubiran karang dan selalu berpindah tempat. 
     
    Ikan pelagis besar misalnya ikan tuna, cakalang, dan cucut, bisa ditangkap dengan teknik memancing menggunakan pancing trolling atau tonda. Ikan pelagis besar biasanya ditemukan dekat terumbu karang atau tubiran dimana arus hangat dekat perairan pantai, serta di laut terbuka dengan suhu yang berubah ubah. Bahkan ada beberapa ikan pelagis besar di terumbu yang dalam.
     
    Muhamad Sadly, Ketua tim pengembang SIKBES-Ikan BPPT menerangkan aplikasi ini menggunakan pendekatan integrasi antara metode sistem pakar (Knowledge-Based Expert System/KBES), penginderaan jauh (remote sensing) dan Sistem Informasi Geografis (GIS). "Dengan aplikasi ini, nelayan tak lagi mencari ikan tapi menangkap ikan. Nelayan terpandu ke lokasi ikan sehingga tak banyak bahan bakar terbuang," kata Sadly di Jakarta, Kamis (21/9/2016).
     
    Menurut Sadly, Sistem SIKBES-Ikan mampu menjawab beberapa pertanyaan seperti dimana posisi koordinat FG terdeteksi, berapa jarak dan waktu tempuh dari pos pendaratan ikan ke titik FG, jenis alat tangkap yang layak digunakan, jenis ikan yang kemungkinan jadi target tangkapan, dan lain-lain. Sistem ini memanfaatkan satelit untuk mendeteksi lingkungan laut sehingga bisa diprediksi lokasi keberadaan ikan.   
     
    BPPT bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah mengimplementasikan SIKBES-Ikan di lebih dari 75 persen wilayah perairan Indonesia atau sekitar 19 wilayah perairan NKRI. Termasuk implementasi di pulau-pulau terdepan seperti Pulau Natuna, dan Nipah. Contoh implementasi SIKBES-Ikan di Perairan Banggai, Sulawesi Selatan diperoleh sebaran FG bulanan dari tahun 2007-2014. Dari hasil observasi dengan pengukuran berbasis citra satelit, diperoleh akurasi di atas 93 persen. 
     
    Sistem SIKBES-Ikan juga dirancang berbasis online yang dapat diakses di http://tisda.bppt.go.id/sikbes. Aplikasi ini mampu menyediakan informasi yang cepat, akurat serta tepat guna mengenai daerah penangkapan ikan. Data monitoring wilayah penangkapan ikan disajikan dalam data harian, tiga harian, delapan harian, maupun bulanan.    
     
    "Sebelum melaut, nelayan bisa mendapatkan data dari SIKBES-Ikan melalui koperasi atau instansi terkait. Pemerintah daerah juga bisa mendistribusikan data ini kepada nelayan," kata Sadly. 
     
    Sadly berharap aplikasi ini bisa membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan, meningkatkan perekonomian daerah dan devisa negara dari sektor industri perikanan tangkap. Untuk itu, BPPT siap bekerjasama dengan instansi terkait untuk mengimplementasikan SIKBES-Ikan secara nasional. 
     

    Umum

    Cegah Korupsi Sistemik, Tiga Lembaga Matangkan Penerapan SNI ISO 37001
    Jumat, 23 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah) bersama Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi dan Kepala BSN Bambang Prasetya dalam pertemuan di Gedung Bina Graha, Jakarta, pada Jumat (23/2/2018)....

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek