Homepage > Pertanian & Pangan > Kehutanan > Kebijakan Satu Peta Cegah Tumpang Tindih Peruntukan Lahan
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1429
    Guest : 1429
    Members : 0

    Kebijakan Satu Peta Cegah Tumpang Tindih Peruntukan Lahan

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
    Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak saat audiensi dengan Menko Perekonomian melalui teleconference di Rakornas Percepatan Pelaksanaan KSP, di Jakarta, Kamis (26/10/2017)
     
     
    Jakarta, Technology-Indonesia.com - Kebijakan Satu Peta (KSP) sangat krusial dan urgen bagi negara seluas dan sebesar Indonesia. KSP merupakan upaya untuk mewujudkan satu refensi dan satu standar yang menjadi acuan bersama dalam menyusun berbagai kebijakan, perencanaan dan pemanfaatan ruang.
     
    “Jika setiap lembaga menggunakan referensi peta sendiri, maka akan banyak sekali persoalan di dalam pelaksanaan kegiatan.  Sebab, semua kegiatan pasti berada di dalam ruang dan ruang pasti ada peta dasarnya,” kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Darmin Nasution dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan Pelaksanaan KSP di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Kamis (26/10/2017).
     
    Darmin berharap Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sudah menggunakan peta di dalam perencanaanya karena satu referensi peta yang sama akan sangat bermanfaat. Misalnya, Kementerian PU akan membangun bendungan atau waduk dengan potensi pengairannya 3000 hektar. "Kalau tabel yang menjelaskannya tidak terlalu jelas lokasinya," lanjutnya.
     
    Menurutnya, KSP mencakup pengumpulan dan kompilasi 85 IGT yang berasal dari kementerian dan lembaga (K/L). Untuk memperlancar percepatan pelaksanaan KSP, Darmin menghimbau agar K/L sebagai walidata memberikan data IGT kepada Badan Informasi Geospasial (BIG). Mengenai akses dan penggunaan data IGT akan diatur melalui protokol berbagi pakai. Ia mentargetkan KSP bisa diresmikan pada 18 Agustus 2017.
     
    Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak saat audiensi dengan Menko Perekonomian melalui teleconference mengatakan one map one data (KSP) di Kaltim lebih ditujukan untuk pencegahan dan mengurangi terjadinya tumpang tindih peruntukan lahan. 
     
    “Kaltim memiliki daya tarik investasi yang cukup tinggi khususnya di bidang pertambangan, perkebunan, kehutanan, dan pertanian. Izin-izin terkait pemanfaatan ruang, penggunaan data dan informasi geospasial tematik yang tidak mengacu pada satu referensi geospasial dasar selama ini menyulitkan bagi kami di tingkat provinsi,” ungkap Awang Faroek.
     
    Setelah melakukan penataan sesuai kewenangannya, ternyata banyak izin yang dikeluarkan para bupati dan walikota di Kaltim yang tumpang tindih peruntukannya. Misalnya tumpang tindih antara pertambangan dengan kehutanan atau kawasan transmigrasi maupun perkotaan. 
     
    “Lebih kurang 1.404 izin yang harus kami tertibkan. Satu-satu kami teliti dengan menggunakan one data one map sehingga kami bisa melakukan penataan dengan baik,” katanya.
     
    Menurut Awang Faroek, Kaltim telah memiliki biro khusus yang menangani masalah perbatasan. Hampir semua perbatasan kabupaten yang berada di Kaltim telah selesai sehingga tidak ada persoalan lagi. Pemanfaatan one data one map ini juga sudah dirasakan oleh para stake holder dalam pengambilan kebijakan, utamanya yang terkait dalam proses perencanaan, tata ruang dan perizinan.
     
    “Kaltim telah memiliki Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Setiap kali menerima permohonan perizinan, sudah langsung mengetahui bahwa izin dimohon tumpang tindih atau tidak,” pungkasnya.
     
     

    Umum

    Revolusi Industri 4.0 Harus Diantisipasi Secara Serius
    Sabtu, 17 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Presiden Joko Widodo pada Peresmian Pembukaan Konvensi Kampus XIV dan Temu Tahunan XX Forum Rektor Indonesia (FRI) Tahun 2018. Foto Biro Pers...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek