Homepage > Pertanian & Pangan > Bibit > Teknik Cutting Pembibitan Akasia di RAPP
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1488
    Guest : 1488
    Members : 0

    Teknik Cutting Pembibitan Akasia di RAPP

    Penilaian Pengguna: / 2
    JelekBagus 

    Pusat pembibitan (nursery) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) mampu menghasilkan 200 juta bibit setiap tahun. Pusat pembibitan RAPP tersebar di Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Baserah dan beberapa "satellite nursery".

    Di central nursery Pangkalan Kerinci, produksi bibit dilakukan dengan dua cara yaitu cutting dan seedling. Dalam proses pembibitan melalui teknik cutting, daun bibit distek agar menghasilkan kualitas genetik yang sama.

    Menurut Afri Dharma Asisten Kepala Nursery PT RAPP Pelalawan, Riau, teknik cutting lebih bagus dibanding teknik lainnya karena kualitasnya bisa dikontrol. Hasil kayu yang dihasilkan sangat baik mencapai 5 meter kubik per hektar per tahun lebih banyak dibandingkan dengan seedling.

    Bibit yang distek berasal dari pucuk daun pohon induk hasil seleksi yang berada di Mother Plant House. “Pohon induk tingginya hanya 15 cm, karena menurut ilmu biologi semakin dekat dengan akar maka tingkat keberhasilan pengakaran lebih baik,” terang Afri.

    Di pusat pembibitan Pangkalan Kerinci ada 1.2 juta pohon induk. Sementara di Pelalawan dan Baserah masing-masing 800 ribu pohon induk. “Jadi RAPP memiliki 2.8 juta tanaman induk untuk tiga jenis tanaman yaitu akasia crassicarpa, akasia mangium, dan eucalyptus,” lanjutnya.

    Dalam proses stek, daun dipotong dengan gunting, menyisakan kurang lebih sepertiga bagian dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Pemotongan miring bertujuan agar air lekas turun ke wadah atau media tanam. Jika dipotong mendatar, daun akasia bisa cepat busuk karena bekas irisan terlalu lama menampung air.

    Daun yang telah dipotong ditanam dahannya di wadah-wadah kecil yang berada dalam sebuah boks.  Media tanamnya berupa serbuk kulit kelapa bagian dalam atau serat pendek kelapa (cocopead) yang telah dihaluskan dan dicampur pupuk.  “Untuk area nursery ini kita membutuhkan 90 ton cocoped per bulan,” ujarnya.

    Proses perawatan bibit dilakukan melalui proses penyiraman dengan kabut air untuk menjaga kelembaban daun. Teknik pengkabutan ini bisa menghemat air daripada penyiraman langsung dengan selang. Selama empat minggu, pada masa penumbuhan akar, pengkabutan dilakukan setiap lima menit sekali dengan durasi 30 menit.

    Setelah empat minggu, ketika akar mulai tumbuh dan muncul daun baru, proses penyiraman berkurang setiap 8-10 menit dengan durasi lima menit. “Durasi proses penyiraman tergantung cuaca, ketika mendung durasi penyiraman kita kurangi,” terang Afri.

    Pada usia 5-6 minggu sudah mulai dilakukan penjarangan dan pemilahan bibit berdasarkan ukuran. Hal ini berfungsi untuk mempermudah perawatan. Bibit yang tumbuhnya tidak bagus akan disingkirkan.

    Setelah berumur 9-10 minggu, bibit akasia siap ditanam di lapangan. Pohon akasia sudah layak panen dalam usia lima tahun dengan diameter mencapai 25 cm dan ketinggian lima meter.

    "Setiap tahun pusat pembibitan di Pangkalan Kerinci seluas 18 hektar ini mampu menghasilkan 50 juta bibit. Sementara di Baserah 50 juta bibit dan di Pelalawan 40 juta bibit. Jadi dari central nursery saja sudah menghasilkan 140 juta bibit per tahun. Untuk area yang jauh, kita membangun satelitte nursery," ujar Afri Dharma.

     

    Umum

    Revolusi Industri 4.0 Harus Diantisipasi Secara Serius
    Sabtu, 17 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Presiden Joko Widodo pada Peresmian Pembukaan Konvensi Kampus XIV dan Temu Tahunan XX Forum Rektor Indonesia (FRI) Tahun 2018. Foto Biro Pers...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek