Homepage > Kesehatan > Penyakit Menular > 17 Provinsi Berikan Imunisasi Tambahan Campak dan Polio untuk Balita
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 2034
    Guest : 2034
    Members : 0

    17 Provinsi Berikan Imunisasi Tambahan Campak dan Polio untuk Balita

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    imunisasi-300x195
    Kementerian Kesehatan akan mencanangkan kampanye pemberian imunisasi tambahan Campak dan Polio kepada Balita di 17 Provinsi pada 18 Oktober 2011. Ke 17 provinsi itu adalah, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Lampung, Papua, Nusa Tenggara Barat dan seluruh Provinsi di Kalimantan dan Sulawesi.

    Kampanye pemberian imunisasi tambahan itu membantu menggerakkan dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat untuk suksesnya Tahun Intensifikasi Imunisasi Rutin pada 2012.

    “Program imunisasi berhasil menekan tujuh penyakit di Indonesia seperti TBC, Difteri, Tetatus, Campak dan Hepaitis B. Dan pembasmian penyakit ini bukan hanya menghilangkan penderitaan, morbiditas, mortalitas dan disabilitas pada manusia yang diakibatkannya, tetapi juga menghilangkan kerugian moril dan materil,” ujar Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih di Jakarta (14/10).

    Selanjutnya Endang mengatakan pemerintah pusat telah menyediakan vaksin, alat suntik, dukungan rantai dingin untuk seluruh Indonesia dan menyediakan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) untuk seluruh Puskesmas.

    Di sisi lain Menkes mengamati ada pemerintah daerah yang tidak menempatkan imunisasi sebagai priorotas dalam alokasi anggarannya. Padahal keberhasilan program imunisasi sangat ditentukan oleh kuatnya komitmen,  dukungan biaya operasional serta dukungan sumber daya lainnya dari jajaran pemerintah daerah.

    Oleh karena itu Menkes kemudian meminta pemerintah daerah menjadi penanggungjawab untuk menyukseskan program imunisasi dengan semua dukungan yang menjadi kewenangan dan urusannya demi kesehatan dan kesejahteraan rakyat di wilayah otonominya.

    Tantangan lain menurut Menkes adalah berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat yang menuntut kepiawaian seluruh jajaaran pemerintah dalam berkomunikasi dan meyakinkan seluruh lapisan masyarakat, baik tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, media massa dan swasta tentang pentingnya dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat terhadap program kesehatan.

    Program imunisasi di Indonesia dimulai pada 1977 dan pada 1990 Indonesia telah mencapai status Universal Child Immunization (UCI) yang merupakan suatu tahap, cakupan imunisasi di suatu tingkat administrasi telah mencapai 80 persen atau lebih.

    Sehingga Indonesia masih memiliki tantangan mewujudkan 100 persen UCI Desa/Kelurahan  pada 2014. Artinya cakupan imunisasi di seluruh desa dan kelurahan dan pemerataan pelayanan imunisasi sampai ke seluruh desa di Indonesia.
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek