Homepage > Kesehatan > Penyakit Menular > Sistem Plambing Bersertifikasi Jamin Kesehatan Masyarakat
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1177
    Guest : 1178
    Members : 0

    Sistem Plambing Bersertifikasi Jamin Kesehatan Masyarakat

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
     Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Standardisasi BSN, I Nyoman Supriatna menyerahkan sertifikasi laboratorium uji IAPMO di Cikarang yang diterima oleh CEO of The IAPMO Group Russ Chaney.
     
    Jakarta, technology-indonesia.com - Sistem plambing yang baik akan meningkatkan kualitas air bersih dan menciptakan hidup sehat di lingkungan rumah tangga. Sistem plambing berkualitas menjadikan air tidak tercemar kuman-kuman dan bakteri sumber penyakit.
     
    Hal tersebut disampaikan Direktur Operasional International Association of Plumbing and Mechanical Officials (IAPMO) R&T Registration Services PT Solusi Managemen Indonesia, Umi Fadhila dalam acara seminar peranan penting sistem plambing dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, menjamin lingkungan dan menyediakan akses untuk air bersih di Jakarta,  Kamis (30/3/2017).
     
    Umi menegaskan IAPMO akan selalu memberikan sosialisasi kepada seluruh masyarakat dan stakeholder bahwa penting plambing dalam menciptakan hidup sehat dengan meningkatkan kualitas air bersih di lingkungan rumah tangga.
     
    “Sistem plambing berkualitas dan berstandarisasi akan memberikan jaminan akan kualitas air. Higienitas air akan terjaga, air tidak akan tercemar dengan kuman-kuman dan bakteri yang akan berjangkit berbagai penyakit,” terang Umi. 
     
    Kejadian plambing yang buruk pernah terjadi di Hong Kong menyebabkan penyakit menular yang sangat mengerikan yaitu SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). IAPMO berharap pihak terkait seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Standardisasi Nasional (BSN) serta Kementerian Perindustrian bisa mengimplementasikan SNI 8153:2015 ini dengan baik. “Dengan plambing yang baik akan lahir generasi yang sehat dan bebas dari wabah penyakit,” lanjutnya.
     
    Sementara itu Kepala Pusat Akreditasi Lembaga Sertifikasi BSN, Donny Purnomo menyatakan, sistem plambing yang baik dan benar harus dipahami secara menyeluruh. Tidak hanya alatnya yang berstandar SNI, pemasangan instalasinya juga harus baik dan benar. Jika terjadi kesalahan prosedur pemasangan akan bemasalah secara keseluruhan, misalnya terjadi kebocoran. 
     
    SNI 8153:2015 mengatur dengan jelas pemisahan air bersih yang masuk dengan air kotor yang menjadi limbah. Sertifikasi tersebut dengan gamblang menyatakan jika terjadi salah pemasangan harus dilakukan pembongkaran dan dipasang ulang kembali. “Jadi faktor pengawasan juga harus dilakukan dengan baik dan benar, jika kita menginginkan sistem plambing kita baik dan benar,” tegas Donny.
     
    IAPMO sangat konsen dan peduli akan kesehatan masyarakat terhadap pengunaan air dan pemanfaatannya melalui plambing yang baik dan benar. Kepedulian IAPMO akan kehidupan bersih dan sehat ini diimplementasikan dengan membangun beberapa unit toilet umum  dengan standar organisasi kesehatan dunia (WHO) di SD Cicau, Cikarang, Bekasi dan daerah kota Semarang.
     
    Dalam seminar ini, BSN menyerahkan sertifikasi kepada IAPMO yang memiliki laboratorium pengujian plambing di Cikarang, Bekasi. Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Standardisasi BSN, I Nyoman Supriatna menyatakan laboratorium IAPMO ini telah lulus uji kalibrasi oleh BSN dan LIPI, sehingga mengantongi izin kelayakan uji plambing.
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek