Homepage > Kesehatan > Layanan Kesehatan > BIG Raih Sertifikat ISO/IEC 20000 untuk Pengelolaan Layanan IT
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1796
    Guest : 1796
    Members : 0

    BIG Raih Sertifikat ISO/IEC 20000 untuk Pengelolaan Layanan IT

    Penilaian Pengguna: / 1
    JelekBagus 

    alt

    Direktur Sales & Marketing BSI, Rudi Antoni menyerahkan sertifikat ISO/IEC 20000 kepada Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Hasanuddin Zaenal Abidin di Kantor BIG, Cibinong, Bogor, pada Selasa (9/1/2018)

    Cibinong, Technology-Indonesia.com – Badan Informasi Geospasial (BIG) berhasil meraih sertifikat ISO/IEC 20000 untuk Information Technology (IT) Service Management. Sertifikat dari British Standards Institution (BSI) ini membuktikan bahwa pengelolaan layanan teknologi informasi BIG telah menerapkan praktik terbaik sesuai standar internasional.

    Direktur Sales & Marketing BSI, Rudi Antoni mengatakan BSI telah melakukan serangkaian audit terhadap pengelolaan layanan IT yang diimplementasikan oleh BIG. Audit step satu dilaksanakan untuk melihat kesiapan sistem IT. Selanjutnya dilaksanakan audit sertifikasi untuk semua proses yang ada di BIG mencakup people – process - information technology.
     
    “Manajemen BSI menyimpulkan sistem manajemen IT yang diimplementasikan oleh BIG sudah memenuhi persyaratan ISO/IEC 20000 versi 2011,” kata Rudi dalam acara penyerahan sertifikat ISO/IEC 20000 di kantor BIG, Cibinong, Bogor, pada Selasa (9/1/2018). 
     
    Menurut Rudi, sertifikat yang diberikan oleh BSI telah terakreditasi dan diakui secara internasional oleh badan akreditasi internasional yaitu American National Accreditation Board (ANAB). ISO/IEC 20000 ini berlaku selama tiga tahun. Selanjutnya, setiap tahun tim BSI akan datang ke BIG untuk melihat apakah persyaratan atau implementasi dari sistem ISO ini masih dijalankan dan melakukan perbaikan yang berkelanjutan. 
     
    “Jadi tidak ada istilah untuk selesai untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada semua stakeholder,” ungkapnya
     
    Kepala BIG, Hasanuddin Zaenal Abidin mengatakan penyelenggaraan informasi geospasial (IG) atau pemetaan nasional berkaitan erat dengan penggunaan teknologi informasi. Tahapan dalam penyelenggaraan IG seperti pengumpulan, pengelolaan, penyimpanan dan penyebarluasan IG memerlukan dukungan IT yang handal. 
     
    “BIG juga membangun Jaring Informasi Geospasial Nasional (JIGN) berupa Ina Geoportal dengan simpul-simpul jaringan yang menyambungkan 50 Kementerian/Lembaga, 34 pemerintah provinsi, 514 kabupaten/kota dan 34 PPIDS di perguruan tinggi. Untuk itu, manajemen IT harus ditingkatkan dan diperkuat,” ungkapnya. 
     
    BIG merupakan instansi pemerintah kedua setelah Kementerian Keuangan yang telah comply dengan ISO/IEC 20000. Ruang lingkup ISO/IEC 20000 untuk BIG terkait dengan layanan internet, email dan penyimpanan berbasis cloud
     
    Manfaat implementasi ISO/IEC 20000 adalah layanan IT dilaksanakan sesuai dengan standar internasional, memastikan kebutuhan pengguna terpenuhi, memperhatikan pengelolaan terhadap resiko yang mungkin dihadapi, serta meningkatkan kualitas layanan IT yang berkelanjutan.
     
    Kepala BIG berharap penerapan ISO/IEC 20000 dapat meningkatkan kualitas layanan BIG bagi instansi pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan Informasi Geospasial. “Semoga dengan adanya ISO/IEC 20000 ini dapat meningkatkan kinerja dan produk BIG ke depannya menjadi lebih baik,” pungkasnya.
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek