Homepage > Kesehatan > Layanan Kesehatan > KTN 2017 Hasilkan Rekomendasi 3 Bidang Teknologi
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 620
    Guest : 621
    Members : 0

    KTN 2017 Hasilkan Rekomendasi 3 Bidang Teknologi

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    alt

    Jakarta, technology-indonesia.com – Menutup Kongres Teknologi Nasional (KTN) 2017, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Unggul Priyanto, menyampaikan rekomendasi hasil rumusan tiga bidang yang menjadi fokus kongres. 

    Kongres yang berlangsung pada 17-19 Juli 2017 ini fokus membahas tiga bidang teknologi, yaitu Teknologi Kesehatan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan Teknologi Transportasi. KTN 2017 bertujuan menyiapkan Rekomendasi Teknologi dalam mendukung pembangunan nasional.
     
    “Rekomendasi ini dihasilkan dari pemaparan dan diskusi intensif dan produktif selama berlangsungnya kongres dipastikan merupakan intisari dari berbagai permasalahan, pemikiran, dan tawaran solusi yang sesuai dengan situasi dan tantangan terkini. Sehingga apabila rekomendasi ini ditindaklanjuti secara konkrit diharapkan dapat membuka jalan bagi solusi yang signifikan bagi kemajuan Indonesia ke depan,” kata Unggul pada acara  penutupan KTN 2017 di Gedung BPPT Jakarta, Rabu (19/7).
     
    Sama dengan kongres tahun lalu, lanjutnya, hasil rekomendasi akan sampaikan ke para menteri dan presiden.
     
    “Mudah-mudahan apa yang telah kita sampaikan tahun lalu, kalau semua belum bisa ditindaklanjuti, kami harapkan masih bisa atau ada waktu untuk ditindaklanjuti. Hal yang sama untuk rekomendasi KTN 2017, kita akan menyampaikan kepada para pemangku kepentingan, para menteri, DPR, dan presiden,” terang Unggul.
     
    Kepala BPPT berharap hasil KTN 2017 akan mampu mengangkat bangsa Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya. 
     
    Beberapa  substansi penting dalam kongres untuk komisi teknologi antara lain industri farmasi dan alat kesehatan nasional sudah saatnya melakukan transformasi menuju industri yang mengedepankan riset dan inovasi. Industri bahan baku obat dan alat kesehatan merupakan industri hulu yang penting dikembangkan untuk memperkuat struktur industri farmasi dan alat kesehatan nasional.
     
    Substansi penting lainnya adalah mengenai infrastruktur riset dan inovasi, serta dukungan kebijakan dan regulasi yang operasional. Selain itu roadmap produk yang terverifikasi dalam kerangka waktu capaian (output/outcome based time line) yang terukur menjadi acuan penting dalam melakukan percepatan aksi industrialisasi produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri yang kompetitif.
     
    Pembangunan di bidang kesehatan merupakan salah satu pilar utama pembangunan nasional. Untuk itu, penguatan industri farmasi dan alat kesehatan nasional menuju industri integratif, berdaya saing dan mampu mewujudkan kemandirian obat dan alat kesehatan nasional menjadi substansi penting dalam kongres ini.
     
    “Saya ingin menggarisbawahi bahwa teknologi merupakan faktor yang sangat penting untuk mendukung penguatan dan percepatan kemandirian dan daya saing industri dan alat kesehatan, namun masih perlu dukungan faktor lainnya,” terang Unggul.
     
    Pada KTN 2017, BPPT meluncurkan buku Outlook Teknologi Kesehatan edisi kedua yang khusus membahas analisis dan kebutuhan teknologi produksi bahan baku dan obat herbal untuk dapat dijadikan rujukan dalam melakukan riset dan inovasi teknologi untuk mendukung daya saing industri herbal nasional.
     
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek