Homepage > Kesehatan > Layanan Kesehatan > Tim UGM Petakan Peninggalan Budaya Maritim Sangihe
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1178
    Guest : 1179
    Members : 0

    Tim UGM Petakan Peninggalan Budaya Maritim Sangihe

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    alt

    Salah satu kegiatan dalam ekspedisi "Sangihe The Northen of Nusantara"  (foto humas UGM)

     
    Technology-indonesia.com - Tim UGM Maritim Culture Expedition  (UMCE) berhasil mengungkap potensi bawah laut Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Dalam ekspedisi “Sangihe The Northen Of Nusantara” yang berlangsung sejak 25 April hingga 10 Mei 2017, Tim UGM berhasil memetakan dan menginventarisasi peninggalan budaya maritim Sangihe.
     
    “Tim UGM berhasil mendapatkan 25 titik situs yang tersebar di 3 kecamatan Sangihe,” ungkap Ketua ekspedisi, Fuad Anshori, Selasa (13/6/2017) di Kampus UGM, Yogyakarta.
     
    Dalam ekpedisi ini, tim UGM dibagi tiga kelompok untuk diterjunkan di Kecamatan Tahuna, Kecamatan Manganitu, dan Kecamatan Manganitu Selatan. “Selama 10 hari tim melakukan observasi dan pendataan situs yang berada di tiap-tiap wilayah,” jelas Fuad.
     
    Ekspedisi ini melibatkan 15 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya dan Sekolah Vokasi UGM dari beberapa departemen yaitu Departemen Sejarah, Departemen Antropologi, Departemen Arkeologi dan Sekolah Vokasi jurusan Komputer dan Sistem Informasi. 
     
    Hasil survei tim Tahuna yang dikoordinatori Muslim Dimas Khoiru menunjukkan di wilayah tersebut terdapat 12 situs meliputi kompleks bangunan dan benda arkeologi. Bangunan bergaya kolonial mendominasi tinggalan yang ada di Kecamatan Tahuna antara lain gereja, makam, rumah, jangkar tua, serta kapal karam.
     
    “Tim telah mengumpulkan data kapal karam dengan memakai teknik radial berpola untuk mengetahui kondisi dan ukuran kapal serta topografi dasar laut,” tutur Fairuz Azis, salah satu anggota ekspedisi.
     
    Sementara dari ekpedisi di Manganitu di bawah koordinator Sultan Karunia AB mencatat keberadaan 5 situs arkeologi yang meliputi makam raja rumah raja, gereja, dan goa yang tersebar di beberapa desa. Goa ini merupakan peninggalan jaman Prasejarah. 
     
    Di goa yang berada di tepi pantai tersebut terdapat bergambar wajah dan manusia yang di lukis dengan teknik pahat. Selain melakukan perekaman data melalui tinggalan materi, tim juga melakukan wawancara dengan penduduk sekitar serta sejarawan yang ada di Sangihe, Alfian Walukow.
     
    Sedangkan survei di kecamatan Manganitu Selatan di bawah komando M. Destrianto menemukan 8 tempat yang terdapat tinggalan arkeologi. Tim UGM berhasil melakukan pendataan berkaitan dengan kondisi situs dan ukuran. Tinggalan-tinggalan tersebut berupa kerkhof (makam Belanda), Ceruk Rangka, keramik, makam, meriam, goa, dan kompleks kubur batu.
     
    Selain memperoleh data tinggalan arkeologi, mereka berhasil mendapatkan data antropologi melalui wawancara. Ada kecenderungan masyarakat untuk memakamkan keluarga di dekat rumah, bahkan di bawah tempat tidur. Kecenderungan tersebut merupakan salah satu kepercayaan mereka terhadap roh keluarganya yang masih hidup bersama mereka.
     
    Kepala Balar Manado, Bonny A. Tooy mengapresiasi tim ekspedisi UGM yang telah mengeksplorasi Sangihe. Kegiatan ini memberi banyak manfaat dalam pendataan tinggalan sejarah dan budaya baik yang berada di bawah laut maupun daratan Kepulauan Sangihe. 
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek