Homepage > Kesehatan > Layanan Kesehatan > Tim MINO UGM Juarai Kompetisi Tantangan Inovasi Pangan Internasional
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1171
    Guest : 1172
    Members : 0

    Tim MINO UGM Juarai Kompetisi Tantangan Inovasi Pangan Internasional

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
     
    Sekretaris Jenderal Kemenristekdiktii Ainun Na’im (tengah) bersama Tim Mino UGM dan perwakilan USAID Indonesia dalam jumpa pers pada Rabu (3/5/2017) di Jakarta (Foto Humas Ristekdikti/Ageng)
     
     
    Jakarta, Technology-indonesia.com - Tim MINO Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih Juara Pertama ajang Young Southeast Asian Leaders Initiatives (YSEALI) yang digelar pada 26-29 Oktober 2016 di Kamboja. Tim MINO menyisihkan lebih dari 200 tim dari negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN) yang mengikuti kompetisi Tantangan Inovasi Pangan Internasional ini. Juara kedua diraih oleh Kamboja dan juara tiga Malaysia.
     
    Teknologi MINO Microbubble Generator karya tiga mahasiswa UGM Muhammad Nabil Satria Faradis, Fajar Sidik Abdullah, dan Untari Febrian Ramadhani ini mampu meningkatkan oksigen dalam air di kolam budidaya ikan. Hasilnya, ukuran ikan menjadi lebih besar 40 persen, tingkat kemampuan hidup ikan meningkat sembilan persen dan pada akhirnya meningkatkan jumlah panen ikan.  
     
    Atas prestasinya, Tim MINO UGM tahun ini berkesempatan study tour ke pusat teknologi dan inovasi Austin, Texas, Amerika Serikat yang difasilitasi oleh USAID Indonesia. Tim Mino juga memperoleh pelatihan dari Cisco dan Intel Corporation di Singapura, untuk memperkaya teknologi temuannya agar lebih baik lagi.
     
    Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Ainun Na’im mengatakan inovasi yang dihasilkan Tim MINO sesuai tema peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017. “Kementerian ingin membangun pendidikan tinggi yang memiliki dampak terhadap pertumbuhan ekonomi” ujar Ainun dalam Jumpa Pers di Jakarta, Rabu (3/5/2017).
     
    Ainun yang juga menjabat sebagai National ASEAN COST Chairman menyatakan penelitian dan inovasi yang dilakukan mahasiswa merupakan embrio dari startup company. Kemenristekdikti saat ini telah menyiapkan berbagai program untuk mendorong inovasi. Salah satunya melalui program pada Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) yang memiliki tugas mengembangkan startup company di Indonesia. 
     
    Selain itu Kemenristekdikti juga menyediakan hibah penelitian baik bagi mahasiswa, dosen maupun peneliti. “Daya saing bangsa akan meningkat melalui inovasi, dan inovasi tersebut harus dihilirkan ke industri,” terang Ainun. Ia berharap prestasi dan inovasi yang dicapai Tim MINO ini dapat memotivasi dan menambah kepercayaan diri mahasiswa di seluruh Indonesia untuk berkreasi dan berinovasi.
     
    Diman Simanjutak, Senior Regional ASEAN Affairs Specialist USAID Indonesia mengatakan USAID mendukung program ini untuk mendapat solusi kreatif untuk ketahanan pangan. Saat ini penduduk ASEAN sekitar 600 jutaan membutuhkan pangan yang selalu tersedia. “Kita menyelenggarakan challenge ini mulai tahun lalu dan sejak saat itu kita mendapatkan applicants dari seluruh negara di ASEAN sekitar 200-an,“ ungkap Diman.
     
    Dari program ini, USAID bukan hanya mendapat solusi, tetapi juga menghubungkan para pemenang dengan lembaga-lembaga yang memiliki kompetensi untuk memperluas cakupan teknologi yg ditemukan. Diharapkan temuan ini dapat berkembang dengan baik dan memenuhi apa yang ditujukan dan dicita-citakan tim MINO. 
     
    Sementara itu, Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti, Nada Marsudi menyatakan Tim MINO akan diperkenalkan ke Direktorat PPBT dan Pusat Penelitian Iptek untuk pengembangan teknologi ini lebih lanjut. Tim MINO juga akan memeriahkan puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Makassar pada Agustus 2017. 
     
    Tim MINO saat ini tengah menjajaki kerjasama dengan Intel Corporation, Kementerian Kelautan dan Perikanan, AUSAID Indonesia dan instansi lainnya untuk pengembangan dan produksi massal teknologi microbubble generator.  
     
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek