Homepage > Kesehatan > Layanan Kesehatan > Belanda Tertarik Jalin Kerja Sama Pendidikan Vokasi dengan UGM
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1179
    Guest : 1180
    Members : 0

    Belanda Tertarik Jalin Kerja Sama Pendidikan Vokasi dengan UGM

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    alt

    Rektor UGM menerima kunjungan Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda serta Duta Besar Belanda untuk Indonesia (foto Humas UGM/Fristo

    Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Belanda, Jet Bussemaker dan Duta Besar Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol, mengunjungi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta untuk membicarakan peluang kerjasama.

    “Kami ingin mengetahui bidang-bidang apa yang menjadi perhatian dari UGM, dan nantinya kita dapat meningkatkan kolaborasi bersama,” ujar Jet Bussemaker mengawali diskusi di Gedung Pusat UGM, Selasa (14/2/2017).

    Saat ini, UGM telah menjalin berbagai kerja sama baik di tingkat fakultas maupun universitas dengan beberapa perguruan tinggi di Belanda. Namun, Jet menginginkan agar di masa mendatang kerja sama ini semakin ditingkatkan melalui berbagai program strategis.

    Dalam kesempatan ini, Jet mengundang UGM untuk mengirimkan lebih banyak mahasiswa serta dosen untuk menempuh studi di Belanda atau untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa dan dosen serta kegiatan penelitian bersama.

    “Kami memerlukan lebih banyak mahasiswa internasional untuk menciptakan kelas yang bernuansa internasional. Hal ini juga dapat menstimulasi kurikulum belajar di universitas-universitas kami,” imbuh Jan.

    Terkait bidang-bidang kerja sama yang dapat dilakukan kedua belah pihak, Jan menawarkan berbagai bidang riset strategis seperti pertanian, kedokteran, kesehatan masyarakat, serta teknologi yang menjadi bidang keahlian dari perguruan tinggi di Belanda. Ia juga menyampaikan ketertarikan terhadap kerja sama dalam pendidikan vokasi yang menjadi salah satu perhatian penting di Kementerian Pendidikan Belanda. Perhatian terhadap berbagai tingkat pendidikan yang berbeda, menurutnya, sangat diperlukan untuk dapat mendorong kemajuan sebuah negara.

    “Kita tidak hanya memerlukan riset-riset fundamental, tapi juga orang-orang yang bisa menerapkannya. Karena itu kita memerlukan lulusan vokasi yang berkualitas tinggi,” ujarnya.

    Rektor UGM Dwikorita Karnawati menyambut baik tawaran kerjasama ini. Dekan Sekolah Vokasi UGM langsung menawarkan berbagai skema kerja sama yang mungkin dilakukan dalam waktu mendatang, misalnya program double degree serta sertifikasi bagi lulusan sekolah vokasi.

    Rektor UGM menambahkan kerja sama dalam bidang ini nantinya semakin mendorong perkembangan pendidikan vokasi di UGM, termasuk dalam membangun relasi antara sekolah vokasi dengan sektor industri.

    “Ini adalah isu yang sangat penting, dan kami juga saat ini sedang dalam proses untuk membangun teaching industry yang mengintegrasikan antara pendidikan sarjana dan vokasi. Saya rasa ini sangat sesuai dengan apa yang menjadi perhatian kami,” imbuh Dwikorita.

    Selain kerja sama di bidang pendidikan vokasi, kedua pihak juga membicarakan kemungkinan kerja sama di berbagai bidang studi lain seperti pendidikan kedokteran, teknik, serta ilmu budaya dan sejarah.

     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek