Homepage > Kesehatan > Alat Kesehatan > Pacu Inovasi, Kementerian Ristek Bangun Strategi Kebersamaan
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 985
    Guest : 986
    Members : 0

    Pacu Inovasi, Kementerian Ristek Bangun Strategi Kebersamaan

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    SS_Inovasi_IptekSebagai upaya mensinergikan antara sisi penyedia dan sisi pengguna Iptek, Kementerian Riset dan Teknologi menempuh kebijakan penguatan Sistem Inovasi Nasional. Sementara dalam implementasinya, ditempuh dengan strategi  membangun kebersamaan antara berbagai lembaga riset di Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LNPK) dan Kementerian.

    “Saya melihat adanya ketidaksinergian antara pensuplai iptek dan pengguna iptek,” kata Menteri Ristek Suharna Surapranata dalam acara Diskusi Panel Revitalisasi Sistem Inovasi Nasional yang diadakan Kementerian Ristek dan Masyarakat Penulis Iptek di Jakarta.

    “Produk litbang baru akan bermanfaat bila telah digunakan oleh masyarakat dan industri. Karena itu jangan biarkan peneliti asyik dalam penelitiannya saja. Peneliti harus kita bawa turun lapangan melihat kebutuhan di masyarakat dan industri,” tambahnya.

    Terkait dengan strategi kebersamaan yang akan, Menristek juga mengatakan, hingga saat ini kegiataan riset di LPNK dan Kementerian belum terkoordinasi dengan baik. “Masih ada tumpang tindih. Jika dana riset pengelolaaannya ditangani Kementerian Ristek, problem ini bisa diselesaikan,” tegas Suharna. Saat ini, setiap LPNK dan Kementerian mengatur dana risetnya masing-masing.

    Namun begitu, tambahnya, Kementerian Ristek sudah memulai memperbaiki kondisi tersebut. Suharna menyebut proyek uji coba pembangkit listrik solar dan angin di Bantul sebagai contoh. Dalam proyek ini terlibat beberapa kementeriaan, antara lain Kementerian Ristek, Pendidikan, Kelautan dan Perikanan, UMKM, Lapan, BPPT, UGM. Pembangkit listrik dalam proyek ini digunakan untuk memproduksi es batu, untuk membantu nelayan membekukan hasil tangkapannya.

    Dalam upaya meningkatkan sinergi antara sisi suplai maupun pengguna Iptek dan meningkatkan koordinasi antara berbagai lembaga, Kementerian Ristek akan mengajukan RUU Sistem Inovasi Nasional (Sinas).

    Menristek juga mengatakan, kementriaan Ristek, pada tahun ini akan memperjelas roadmap tujuh bidang fokus agenda riset nasional. Untuk bidang energi, misalnya, Kementerian Ristek tengah menugasi Dewan Energi Nasional untuk membuat Kebijakan Energi Nasional hingga tahun2050.

    Diskusi ini antara menghadirkan Deputi Menteri Ristek bidang Pendayagunaan Iptek dr. Idwan Suhardi, Deputi Kepala BPPT bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi Dr, Tatang Taufik, inovator  tomografi Dr.Warsito P Taruna, Kepala Batan Hudi Hastowo dan Deputi Menteri Ristek bidang jaringan Iptek Dr. Syamsa Ardisasmita.

     

    Umum

    Tingkatkan Peran Guru Besar dalam Pengembangan Peradaban
    Jumat, 23 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti Mohamad Nasir dalam Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung (FGB-ITB), di Gedung Balai Pertemuan Ilmiah ITB, Kamis (22/2/2018).Ageng Prasetyo/BKKP...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek