Homepage > TIK > Perangkat Lunak > BTP Masuk Kandidat Penerima Anugerah Iptek Widya Kridha
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1884
    Guest : 1885
    Members : 0

    BTP Masuk Kandidat Penerima Anugerah Iptek Widya Kridha

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
    Prof. Dr. Adiwijaya Direktur Bandung Techno Park 
     
    Jakarta, technology-indonesia.com – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah menyelesaikan proses penilaian kandidat penerima Anugerah Iptek 2017 untuk tiga kategori yaitu Budhipura, Budhipraja, dan Widya Kridha.  Proses penilaian dilaksanakan pada 19 – 21 Juli 2017 di Ruang Rapat Gedung II BPPT Lantai 24 Jakarta. 
     
    Pada hari terakhir dilaksanakan proses penilaian lima calon penerima Anugerah Inovasi Iptek kategori Widya Kridha yaitu Bandung Techno Park, Lembaga Swa Bina Prakasa, Pro Indonesia, Technopreneur Kitin Kitosan Indonesia, dan Visio Incubator. Widya Krida akan diberikan kepada diberikan kepada lembaga yang telah mendorong dan mendukung pembangunan inovasi di masyarakat. 
     
    Salah satu kandidat penerima Anugerah Inovasi Iptek kategori Widya Kridha adalah Bandung Techno Park (BTP). Pusat inovasi dibawah Yayasan Pendidikan Telkom ini sedang membina sembilan startup yang mendapat pendanaan dari Kemenristekdikti.
     
    Prof. Dr. Adiwijaya Direktur BTP mengatakan sembilan startup tersebut sekarang sedang dalam proses pembentukan PT. “Kita bisa lihat mereka sudah bisa mandiri atau tidak nanti pada akhir periode, tetapi paling tidak diharapkan 40-50% itu sudah bisa mandiri di akhir periode,” ungkap Adiwijaya di sela-sela acara penilaian Anugerah Iptek di Jakarta, Jumat (21/7/2017). 
     
    Ada tiga sumber inovasi di BTP yaitu universitas, startup binaan, dan produk inovasi yang berasal dari internal. BTP mengembangkan produk berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) hasil karya produk inovasi startup binaan maupun komersialisasi dari hasil penelitian. BTP juga menjadi pusat intermediasi atau penghubung antara academic, business, dan government (ABG). 
     
    Sebuah startup dinilai sudah mandiri, menurut Adiwijaya,  salah satunya jika sudah bisa menghasilkan value added atau memiliki nilai jual. Startup tersebut sudah bisa mendapatkan penghasilan dari produk yang mereka hasilkan. 
     
    “Jadi ada nilai finansialnya. Kalau sudah ada nilai finansialnya berarti mereka sudah bisa mengembangkan diri sendiri,” terangnya.
     
    Adiwijaya mengatakan tantangan membina startup adalah dari idealisme. Sebenarnya kita bisa menciptakan kemandirian ekonomi sebagaimana program Nawacita pemeritahan Jokowi-JK.
     
    “Kemandirian ekonomi salah satunya kita bisa menghasilkan lapangan kerja maupun ekosistem ekonomi. Idealisme semacam ini yang membuat kita ingin memberikan lebih untuk perkembangan ekonomi masyarakat. Salah satunya melalui startup,” pungkasnya.
     
    Anugerah Iptek 2017 merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hakteknas ke-22. Kegiatan ini bertujuan mendorong peningkatan kemampuan iptek yang diikuti dengan penguatan inovasi nasional untuk mendukung kemandirian dan daya saing bangsa Indonesia. 
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek