Homepage > TIK > Layanan Informasi > 50 Unit SESAME BPPT Pantau Muka Air Waduk Jatiluhur
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1640
    Guest : 1640
    Members : 0

    50 Unit SESAME BPPT Pantau Muka Air Waduk Jatiluhur

    Penilaian Pengguna: / 1
    JelekBagus 
    alt
     
    Purwakarta, technology-indonesia.com - Melalui kajian hampir 15 tahun, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerjasama dengan Universitas Hokkaido, dan Midori Engineering didukung JICA berhasil mengembangkan teknologi SESAME BPPT untuk monitoring permukaan air secara real time. Lima puluh perangkat SESAME BPPT ini sudah terpasang di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.
     
    Bambang Setiadi, anggota tim pelaksana riset SESAME-BPPT mengatakan Teknologi SESAME atau Sensory Data Transmission Service Assisted by Midori Engineering ini awalnya disiapkan untuk memantau permukaan air di lahan gambut. “Monitoring gerakan air di bawah tanah penting karena kerusakan dan kebakaran gambut dimulai dari turunnya permukaan air,” terang Bambang dalam workshop Sustainability of The SESAME BPPT Project di Purwakarta, Selasa (21/3/2017).
     
    Pada perkembangannya, sistem ini juga digunakan untuk memantau permukaan air di waduk dan bendungan. “SESAME BPPT merupakan sebuah pendekatan baru. Sebuah model untuk mempermudah memonitor gerakan permukaan air di manapun di sungai, bendungan, lahan gambut, dan lain-lain secara cepat dan akurat,” ungkap Bambang yang juga Ketua Dewan Riset Nasional (DRN). 
     
    Direktur Perum Jasa Tirta II (PJT II) Harry M Sungguh mengatakan program ini sudah dimulai sejak 2014 secara bertahap. Namun pemasangan merata 50 unit SESAME BPPT baru dimulai awal 2016. “Instrumen yang memantau curah hujan, water level, maupun kualitas air ini berjalan dengan baik dan bisa dilihat melalui control room di kantor pusat ini,” lanjutnya.  
     
    Sebelumnya, PJT II sebagai pengelola Waduk Jatiluhur menggunakan berbagai alat dan instrumen untuk mengukur memantau permukaan air. Peralatan telemetri tersebar di daerah hulu waduk jatiluhur terutama di daerah Bandung dan sebagainya juga terpantau secara online.
     
    “Teknologi dan fungsinya hampir sama. Ini hanya perkembangan teknologi dan sebagainya. Hasil monitoring SESAME bisa kita lihat setiap saat, dimana saja dan kapan saja melalui web,” kata Harry.
     
    Untuk perawatan, PJT II telah mengalokasikan anggaran agar perangkat tidak rusak dan tetap berfungsi, termasuk juga pengamanan. Menurut Harry, kebutuhan pulsa untuk mengirim data setiap satu SESAME sekitar Rp 300 ribu/bulan. Berarti untuk 50 unit, membutuhkan dana sekitar Rp 15 juta per bulan. 
     
    Waduk seluas 8.300 hektar ini mampu menampung air 2.5 milyar meter kubik pada tinggi muka air 107 meter. Waduk yang diresmikan Presiden Soeharto pada 26 Agustus 1967 ini mengairi daerah irigasi di utara Jatiluhur seluas 240 ribu hektar dengan dua kali tanam setahun.
     
    “Harapan kami, alat ini bisa lebih mengefisienkan penggunaan air khususnya di musim kemarau agar kita bisa membagi secara merata sesuai kebutuhan masing-masing khususnya di area irigasi,” pungkasnya.
     
     
     
     

    Umum

    Tingkatkan Peran Guru Besar dalam Pengembangan Peradaban
    Jumat, 23 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti Mohamad Nasir dalam Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung (FGB-ITB), di Gedung Balai Pertemuan Ilmiah ITB, Kamis (22/2/2018).Ageng Prasetyo/BKKP...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek