Homepage > TIK > Layanan Informasi > Bakosurtanal Siapkan SIGN di Ruang Sidang Kabinet
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1668
    Guest : 1668
    Members : 0

    Bakosurtanal Siapkan SIGN di Ruang Sidang Kabinet

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    SIGNBadan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) tengah menyiapkan sistem  informasi geospasial nasional (SIGN) untuk Presiden. Sistem Informasi berbasis ini  digunakan untuk mendukung proses pengambilan keputusan / kebijakan oleh Presiden.

    Informasi  spasial  memiliki peran penting dalam setiap aktivitas pemerintahan. Sebagai gambaran,  90% aktivitas pemerintah terkait dengan elemen spasial (lokasi) dan 65% aktivitas pemerintah menggunakan elemen spasial sebagai identifier utama.  Hal ini, kata Kepala Pusat Pemetaan Dasar Rupabumi dan Tata Ruang Bakosurtanal Dr.Ir. Puntodewo, karena Informasi spasial mampu menyajikan data lebih baik dibandingkan text, tabel atau grafik.

    “Elemen spasial (lokasi) mengintegrasikan berbagai jenis informasi, mulai dari populasi, sekolah, sumberdaya alam, industri, pertumbuhan ekonomi, pertanian, peternakan, riwayat kejadian bencana dan informsi lainnya,” terang Totok.

    Khusus untuk pemerintah,  sistem informasi spasial dapat diterapkan untuk berbagai kepentingan, antara lain untuk pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan, pertahanan dan keamanan, keselamatan navigasi udara/laut , penanganan kondisi darurat , search and rescue (SAR), manajemen pertanahan, pemantauan emisi karbon, formulasi kebijakan.

    Menurutnya, sistem informasi geospasial untuk Presiden yang disiapkan  terdiri dari dua jenis. Sistem pertama dipasang di Unit Kerja Presiden Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) yang bersifat terbatas, hanya dapat diakses 12 orang, termasuk Presiden. Sistem kedua, untuk di ruang sidang kabinet. “Konten kedua sistem ini juga berbeda, yang untuk UKP4 lebih lengkap,” katanya.

    Untuk dapat memberikan gambaran yang akurat, relevan, maka konten yang disiapkan untuk sistem informasi geospasial presiden ini berasal dari 40 sektor. “Saat ini masing-masing departemen dan badan nasional tengah menyiapkan data dengan georeference yang sama,” kata Totok. Bakosurtanal sendiri menyiapkan peta rupabumi
    Dijelaskan, sistem ini setidaknya memiliki tiga fungsi .

    Pertama, untuk mempresentasikan atau memvisualkan  data dan informasi berbagai profil, mulai profil NKRI, profil sumberdaya alam, profil hankam, profil pertumbuhan ekonomi, profil ketahanan pangan, profil kesehatan,profil kependudukan, profil pendidikan. Selain itu juga untuk memvisualkan perencanaan pembangunan.  Misalnya perencanaan pembangunan infrastruktur energi, prasarana transportasi, pengembangan pertanian.

    Presentasi atau visualisasi data mencakup: Data Tabular dengan Time Series, Tampilan wilayah dibagi menjadi provinsi dan kabupaten, Pilihan visualisasi peta  (area, grafik batang, grafik lingkaran, Citra satelit, administratif, rupabumi, relief 3D).

    Sistem informasi geospasial presiden ini juga berfungsi untuk memonitoring dan evaluasi berbagai program pembangunan . Misalnya pemantauan program percepatan pembangunan daerah tertinggal, pemantauan efektivitas pemanfaatan dana pembangunan, pemantauan situasi hankam, pemantauan dampak bencana alam, pemantauan dampak program pembangunan tertentu, pemantauan penanganan tanggap darurat nasional.

    Saat ini infrastruktur ke-40 sektor telah terpasang.Masing-masing institusi mengirim data ke server utama melalui VPN (virtual private network). Jaringan untuk mengirim data bersifat satu arah, yakni  institusi hanya dapat mengirim data ke server utama, namun tidak bisa mengambil data dari server utama.

    Selain menyiapkan konten, Bakosurtanal juga menyiapkan media presentasi sistem informasi spasial ini.  Dijelaskan Totok,sistem presentasi yang disiapkan bersifat tiga dimensi , yakni gambar yang ditampilkan secara vertikal maupun horisontal menyerupai tampilan  tiga dimensi (pseudo 3 D). Selain itu, juga bersifat dinamik, yakni dapat memperbesar dan memperkecil suatu lokasi dengan resolusi tinggi. Sistem informasi spasial atau Sistem informasi geospasial ini dipresentasikan di bagian tengah atau di ruang oval yang terbentuk diantara meja-meja di ruang sidang kabinet. (dra)

     

    Umum

    Tingkatkan Peran Guru Besar dalam Pengembangan Peradaban
    Jumat, 23 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti Mohamad Nasir dalam Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung (FGB-ITB), di Gedung Balai Pertemuan Ilmiah ITB, Kamis (22/2/2018).Ageng Prasetyo/BKKP...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek