Homepage > TIK > Konten Informasi > Menristekdikti: Riset Sangat Penting dalam Pengembangan Startup
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1398
    Guest : 1398
    Members : 0

    Menristekdikti: Riset Sangat Penting dalam Pengembangan Startup

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
     
    Technology-Indonesia.com - Mengelola startup tidak jauh berbeda dengan melakukan riset, dibutuhkan beberapa kali percobaan sehingga satu startup berhasil. Karena itu, para pelaku startup harus memiliki semangat pantang menyerah. Satu kegagalan bukan berarti kegagalan usaha startup
     
    Hal ini disampaikan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir saat membuka perhelatan National Startup Summit (NSS) 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Selasa (6/2/2018). 
     
    Acara bertajuk “Startup for All” merupakan penyelenggaraan kedua yang diprakarsai oleh National Startup Forum setelah sebelumnya dilaksanakan pada 2017 di tempat yang sama. NSS 2018 mempertemukan lebih kurang 3000 pelaku dan mentor startup seluruh Indonesia serta menghadirkan 50 pembicara bidang startup baik dalam maupun luar negeri. 
     
    Menteri Nasir mendukung penuh berkembangnya bisnis startup di Indonesia, karena dianggap mampu mendorong anak muda untuk berinovasi. “Negara yang akan menang bukan dengan jumlah penduduk besar. Negara yang akan menang adalah negara yang punya inovasi,” kata Menristekdikti.
     
    Berkembangnya bisnis startup diyakini mampu menggerakan perekonomian ke arah yang lebih baik. Apabila semua proses startup, industri, dan pendidikan mampu terintegrasi dengan baik, diharapkan inovasi dapat berkembang dengan baik, semakin banyak dan bermanfaat bagi banyak orang.
     
    Dalam kesempatan tersebut, Menteri Nasir mengatakan bahwa dibutuhkan komitmen dan konsistensi dalam mengembangkan startup. Ia juga mendorong para pelaku startup untuk melakukan kajian mengenai target pasar startup yang mereka kembangkan, agar inovasi yang mereka hasilkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
     
    ”Pentingnya riset terus menerus, diharapkan dapat meningkatkan inovasi, karena dalam pengembangan startup di tanah air tak terlepas dari peran penting riset,” imbuh Menteri Nasir. 
     
    Menristekdikti juga mengatakan tidak mungkin untuk membatasi berkembangnya bisnis startup di era teknologi informasi yang sangat terbuka di dunia. Pemerintah harus mampu menumbuhkan iklim dan regulasi yang baik agar para pelaku startup semakin semangat untuk berinovasi dan berkreasi. 
     
    "Pemerintah memfasilitasi, masalah regulasinya seperti apa, tapi jangan sampai regulasi menghambat inovasi,” pungkasnya.
     
    Turut hadir dalam acara ini Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Jumain Appe, Ketua Penyelenggara National Startup Summit Handito Joewono, Koordinator Kopertis Wilayah III  Illah Sailah, serta tamu undangan lainnya.
     
     

    Umum

    Revolusi Industri 4.0 Harus Diantisipasi Secara Serius
    Sabtu, 17 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Presiden Joko Widodo pada Peresmian Pembukaan Konvensi Kampus XIV dan Temu Tahunan XX Forum Rektor Indonesia (FRI) Tahun 2018. Foto Biro Pers...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek