Homepage > TIK > Konten Informasi > Indonesia Siap Jadi Akselerator Industri Game
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1630
    Guest : 1631
    Members : 0

    Indonesia Siap Jadi Akselerator Industri Game

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    alt

     
    Jakarta, Technology-indonesia.com - Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) tidak ingin Indonesia hanya sebagai target pasar semata dari para industri game di dunia. Indonesia memiliki potensi pasar sebesar 21%. Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia juga memiliki kemampuan untuk berperan pada industri Game Asia Pasifik dan Dunia.
     
    Karena itu BEKRAF akan mengelar Bekraf Game Prime (BGP) 2017 pada 27-30 Juli 2017. Dalam acara ini akan digelar temu industri game Business to Business (B2B) yang merupakan ajang temu bisnis pelaku industri game Indonesia dengan mancanegara untuk saling bertukar ilmu dan membangun relasi. Kegiatan B2B akan digelar pada 27 Juli 2017 di Hotel Ayana, Midplaza, Jakarta.
     
    Kegiatan lainnya Business to Consumer (B2C),  ajang bagi industri game yang akan memberikan berbagai permainan bagi seluruh pengunjung. Acara B2C digelar pada 29-30 Juli 2017 di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta.
     
    Pada BGP 2017 juga akan digelar Game Developer Award, sebuah penghargaan bagi kreator terbaik dalam negeri. Beberapa game dan developer paling berprestasi di Indonesia akan mendapatkan kesempatan memamerkan karyanya di luar negeri pada ajang Indie Prize Asia 2018 Hongkong dan Game Start Asia 2017 Singapura. 
     
    Potensi market game sangat menggiurkan bagi seluruh pelaku bisnis baik para kreator game sebagai Developer, Publisher, Animasi, Hardware, Payment dan berbagai aplikasi pendukung game lainnya. Pertumbuhan penjualan game dunia ini tidaklah kecil. Tercatat penjualan pada 2016 sebesar USD 600 juta. Pada 2017 ditargetkan penjualan bisa mencapai USD 880 juta.
     
    Dengan penjualan yang begitu besar, Indonesia baru bisa menikmati hasilnya sebesar 1 persen. Sementara potensi pasar Game Indonesia mencapai 21% . Selain itu, banyak para kreator game dan para developernya dari Indonesia yang hasil karyanya banyak dinikmati oleh para gamer-gamer dunia.
     
    Salah satunya, pencipta Developer Game dari Madiun yang konten gamenya masuk di Youtube dan diupload 4 juta pengunjung. Tidak sedikit pula kreator Game muda Indonesia yang bekerja di perusahaan asing seperti Google dan lainnya.
     
    Deputi Infrastruktur BEKRAF, Hari Santoso Sungkari menyatakan, kita berharap industri game ini akan tumbuh, berkembang dan besar di Indonesia. “Kita memiliki potensi yang sangat besar, baik itu pasar, dan kita juga memiliki para kreator-kreator, developer yang karya-karyanya sudah masuk industri global. Kita berharap, karya anak bangsa ini bisa mengangkat budaya lokal ke tingkat global,” tegas Hari.
     
    Sementara itu Deputi Akses Permodalan, Fajar Utama menegaskan akan memberikan dukungan penuh bagi para kreator muda Indonesia dalam akses permodalan. Tahun ini pemerintah mengucurkan dana hibah bagi pemula, startup sebesar  Rp 200 juta per industri dengan kesiapan anggaran APBN 2017 sebesar Rp 6 miliar. Serta memberikan Forum Fonding  bagi para industri pemula untuk mendapatkan akses permodalan baik itu dengan lembaga perbankan maupun ventura. 
     
     

    Umum

    Cegah Korupsi Sistemik, Tiga Lembaga Matangkan Penerapan SNI ISO 37001
    Jumat, 23 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah) bersama Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi dan Kepala BSN Bambang Prasetya dalam pertemuan di Gedung Bina Graha, Jakarta, pada Jumat (23/2/2018)....

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek