Homepage > TIK > Konten Informasi > Ratusan Tenant Ikuti Startup Technology Training Camp 2017
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1879
    Guest : 1880
    Members : 0

    Ratusan Tenant Ikuti Startup Technology Training Camp 2017

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
     
    Jakarta, technology-indonesia.com - Untuk mendorong pertumbuhan startup company (perusahaan rintisan) berbasis teknologi, pada 2017 Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti telah mendanai sebanyak 137 tenant melalui program Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) dan 116 tenant melalui Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Perguruan Tinggi (PPBT-PT). Ratusan tenant tersebut diharapkan mampu tumbuh menjadi startup company.
     
    Agar tenant tersebut memiliki pengetahuan dan kemampuan menjalankan sebuah perusahaan, Direktorat PPBT mengadakan program Startup Technology Training Camp 2017. Topik yang diangkat dalam training camp ini adalah Smart Business Map (SBM).
     
    Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan Startup Technology Training Camp 2017 merupakan program yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan pengusaha pemula berbasis teknologi di Indonesia. 
     
    “Ada tujuh prioritas bidang fokus Kemenristekdikti yang perlu diperhatikan dalam pengembangan startup company di Indonesia yaitu bidang pangan, kesehatan dan obat, teknologi informasi dan komunikasi, pertahanan dan keamanan, energi, transportasi, bahan baku dan material maju” ujar Menristekdikti saat membuka Startup Technology Training Camp 2017 di Hotel Kartika Candra, Jakarta, pada Senin (22/5/2017). Training camp ini akan berlangsung selama lima hari, mulai 22 Mei - 26 Mei 2017.
     
    Menristekdikti menjelaskan jumlah pengusaha mikro di Indonesia baru mencapai 2,47% dan hanya 0,67% merupakan pengusaha berbasis teknologi. Program Start Tech Training Camp 2017 ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah perusahaan mikro berbasis teknologi di Indonesia. 
     
    Startup company berbasis teknologi memiliki nilai tambah ekonomis yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak berbasis teknologi. “Problem utama bukanlah modal, yang paling penting adalah mindset,” lanjutnya.
     
    Menristekdikti berharap para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini tidak hanya untuk menggali ilmu sebagai bekal menjadi seorang pengusaha, namun juga untuk menjalin jejaring dengan peserta lain yang berasal dari seluruh Indonesia.
     
    Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Jumain Appe mengatakan bahwa tujuan kegiatan pelatihan ini agar para tenant dan inkubator dapat bekerjasama mengaplikasikan metodologi SBM untuk mewujudkan dan mengembangkan PPBT.
     
    "Pelatihan ini diikuti oleh total peserta lebih kurang 480 orang dari program IBT dan PPBT PT dari seluruh Indonesia yang terdiri dari pengusaha pemula dan mentor bisnis, “ jelasnya.
     
    Jumain mengatakan, awalnya Kemenristekdikti menerima 357 proposal IBT dengan sebaran di tujuh bidang fokus dari berbagai daerah. Dari proposal yang masuk 143 proposal yang diusulkan 51 inkubator dinyatakan lulus tes evaluasi. Berdasarkan seleksi presentasi sebanyak 137 proposal/tenant IBT dengan 40 inkubator yang akan dibiayai pada 2017.
     
    Untuk PBBT, ada 322 proposal yang masuk. Dari proses evaluasi oleh tim reviewer, hasilnya 170 judul proposal yang dianggap baik. Seleksi presentasi  dari tim menilai menghasilkan 116 proposal/tenant dengan 35 inkubator yang akan dibiayai pada tahun anggaran 2017.
     
    “Semua proposal yang telah diseleksi dan dinyatakan lolos akan dimulai kontraknya pada bulan Mei 2017 ini,” terang Jumain.
     
    Pada kesempatan yang sama perwakilan Forum Investor Budi Satria Isman mengungkapkan bahwa program ini merupakan program yang sangat baik bagi pengembangan bisnis di Indonesia. “Kami sangat mengapresiasi program ini. Para pengusaha pemula dapat diberi bekal untuk mengurangi resiko dalam berusaha. Investor akan menangkap pengusaha pemula di hilir untuk dikembangkan,” ujar Budi.
     
    Selama acara berlangsung para peserta akan mengikuti berbagai kegiatan, seperti mempelajari alat akselerasi bisnis, yaitu smart business map, ilmu branding, ilmu bagaimana mendapatkan permodalan, ilmu internet marketing, ilmu hak dan paten produk serta ilmu perencanaan keuangan. Sedangkan untuk mentor bisnis perwakilan dari berbagai inkubator, pelajaran akan ditambahkan dengan ilmu business coaching serta bagaimana mengelola inkubator.
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek