Homepage > TIK > Infrastruktur Informasi > BPPT dan ACIOA Gelar EU-ASEAN CIO Forum
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 2022
    Guest : 2022
    Members : 0

    BPPT dan ACIOA Gelar EU-ASEAN CIO Forum

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    JAKARTA - Pengelolaan sumber daya berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di lembaga pemerintahan dan perusahaan semakin kompleks karena tuntutan akan layanan kebutuhan pengguna atau pelanggan.  Peran TIK saat ini bukan lagi sebagai pelengkap sebuah organisasi, tetapi menjadi kebutuhan dan pengungkit bagi kemajuan organisasi modern.

    Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Mineral (TIEM), Hammam Riza mengatakan pemerintah maupun swasta sedang mengalami transformasi digital. "Contohnya, sudah tiga tahun Indonesia mengubah proses pengadaannya melalui e-procurement. Begitu juga dengan penerimaan CPNS, evaluasi kinerja, hingga proses perencanaan. Proses birokrasi semuanya dilakukan secara digital," kata Hamam dalam acara EU-ASEAN CIO Forum di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

    EU-ASEAN CIO (Chief Information Officer) Forum mempertemukan para CIO, pakar dan pemerhati TIK, praktisi dan penentu kebijakan dari berbagai organisasi di kawasan ASEAN dan Uni Eropa. Forum ini diselenggarakan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerjasama dengan ASEAN CIO Association (ACIOA) dalam rangka program EU-FP7 CONNECT2SEA "Connecting ICT in Europe and South East Asia".

    EU-ASEAN CIO Forum diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap berbagai tantangan, best practices, implementasi, networking serta peluang kerjasama. "Dalam forum ini kita mengharapkan adanya pertukaran ide dari seluruh anggota ASEAN dengan negara-negara Uni Eropa. Kita memerlukan pengalaman-pengalaman dari berbagai pihak untuk mengembangkan transformasi digital," lanjut Hamam.

    Menurut Hamam dalam mengembangkan transformasi digital jangan sampai ada kesalahan, jika tidak belajar dari berbagai pengalaman. “Jadi kita perlu berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kemampuan dalam tata kelola transformasi digital ini. Transformasi digital harus dilakukan bersama-sama oleh seluruh stakeholder. Tidak boleh ada orang yang ketinggalan kereta,” paparnya.

    Dalam kesempatan yang sama, Budi Yuwono dari Sekretariat ASEAN mengatakan proses transformasi digital memerlukan katalis dari sisi pemberi suplai layanan IT maupun pengguna. EU-ASEAN CIO Forum berperan menjembatani supply dan demand. “Forum ini mempertemukan berbagai berbagai negara, bagaimana pengalamannya menjadi katalis dalam organisasi,” lanjut Budi.

    Menurut Budi, forum ini menjadi ajang bertukar pengalaman dan mengadopsi teknologi untuk meningkatkan kehandalan teknologi yang disedikan. “Termasuk dari sisi sekuriti, ketepatgunaan, serta tata kelola pertanggungjawaban dari pimpinan terhadap penggunaan sumber daya IT,” kata Budi.

    Svetlana Klesova,  Project Coordinator CONNECT2SEA berharap EU-ASEAN CIO Forum bisa mendorong peningkatan tata kelola transformasi digital. “Harapannya, dengan adanya pertukaran informasi dari para ahli dari negara-negara ASEAN dan EU ini bisa terbangun pola kerjasama dalam meningkatkan transformasi digital,” ungkapnya.

     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek