Homepage > TIK > Infrastruktur Informasi > Telkom Gandeng LAPAN Kembangkan Satelit
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 2018
    Guest : 2018
    Members : 0

    Telkom Gandeng LAPAN Kembangkan Satelit

    Penilaian Pengguna: / 1
    JelekBagus 
    telkom1Jakarta- PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akhirnya bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di bidang pengembangan dan pemanfaatan teknologi satelit di tanah air.

    Penandatangan nota kesepahaman “Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Satelit dan Produk Lainnya” disaksikan Menteri BUMN Mustafa Abubakar dan Menristek Suharna Surapranata.(22/1) Menurut Rinaldi, ruang lingkup kerjasama mencakup pemanfaatan data citra satelit yang disediakan LAPAN untuk perencanaan, operasional dan pemeliharaan, pemasaran.

    Sedangkan personil Telkom akan mengikuti program pemanfaatan telemetry tracking and command (TT&C) milik LAPAN untuk pengoperasian kendali Satelit Telkom-1, Telkom-2 dan Telkom-3.

    Satelit Telkom-3 dijadwalkan meluncur dari landasan pacu Rusia, Agustus 2011 mendatang. Satelit ini memiliki 48 transponder ini akan mengorbit di slot 180 derajat bujur timur. "Telkom-3 akan menggantikan satelit Telkom-2," ujar VP Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia menambahkan.

    Telkom-3 menggunakan perangkat milik vendor satelit ISS Reshetnev dari Rusia. "Investasinya sekitar US$ 200 juta, sudah termasuk asuransinya."lanjutnya.

    Menurut Rinaldi, dua tenaga ahli LAPAN, dan 5 orang dari Telkom itu akan bertolak pada 30 Junuari 2010 ke Zhekesnogosrk, Krasnoyarsky, Rusia, untuk jangka waktu selama 18 bulan.

    Keputusan Telkom mengikutsertakan LAPAN dan program internship Satelit Telkom-3, selain merupakan kontribusi Telkom dalam meningkatkan kemampuan nasional khususnya di bidang penguasaan teknologi satelit dan luar angkasa, sekaligus memberikan berbagai benefit.

    Benefit dimaksud di antaranya: perwakilan dan engineer Telkom akan mempunyai partner diskusi untuk bidang satelit yang memiliki latar belakang pendidikan dan keahlian yang khusus tentang satelit dan peroketan; di kemudian hari, staf LAPAN yang mengikuti internship dapat memberikan masukan tentang kondisi satelit Telkom-3 bila diperlukan; pihak LAPAN dapat dimintai bantuan dalam hal teknologi persatelitan kepada Telkom bilamana diperlukan.

    Keuntungan lainnya adalah pertukaran expertise di bidang teknologi satelit dan roket; meningkatkan reliability pengendalian satelit milik Telkom dengan pemakaian stasiun TT&C LAPAN di Biak; dan meningkatkan kepercayaan pasar terhadap kemampuan dan kehandalan operasi pengendalian satelit Telkom.

    Melalui kerjasama ini, Eddy Kurnia menuturkan, Telkom dapat memanfaatkan data Citra satelit LAPAN untuk memenuhi kebutuhan perencanaan, pemasaran, operasional, pemeliharaan dan kebutuhan lainnya; mendapatkan pelatihan dalam pengolahan data citra satelit agar dapat dimanfaatkan secara optimum oleh Telkom; mempunyai kesempatan untuk melakukan kerjasama penggunaan produk-produk Telkom guna memenuhi kebutuhan fasilitas telekomunikasi LAPAN; memanfaatkan fasilitas perangkat TT&C LAPAN yang ada di Biak untuk kebutuhan Back – Up operasi pengendalian satelit T1/T2/T3; serta mengadakan kerjasama pembuatan satelit baru untuk memenuhi kebutuhan Telkom dan kebutuhan LAPAN. Baik satelit komunikasi GEO (Geostationary Earth Orbit) maupun satelit LEO (Low Earth Orbit).(ap)
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek