Homepage > TIK > Infrastruktur Informasi > Indonesia Jadi Barometer Pertumbuhan Digital Startup
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1774
    Guest : 1774
    Members : 0

    Indonesia Jadi Barometer Pertumbuhan Digital Startup

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    alt

    Jakarta-Technology-Indonesia.com. Pada 2017, Indonesia menjadi barometer pertumbuhan perusahaan pemula (startup) khususnya digital startup. Tingkat pertumbuhan digital startup di Indonesia pada 2016 tertinggi di kawasan Asia Tenggara, 3,5 kali lipat dibanding 2015.
     
    Hal tersebut disampaikan Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe dalam Sosialisasi Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Tahun Anggaran 2018 di Hotel Kartika Candra, Jakarta, pada Kamis (7/12/2017). Dalam acara yang dihadiri Menristekdikti Mohamad Nasir ini diselenggarakan penandatanganan kesepakatan bersama antara Tenant PPBT dengan Lembaga Perbankan, Perorangan dan Industri. 
     
    “Tumbuh dan berkembangnya industri-industri inovatif atau perusahaan pemula berbasis teknologi (PPBT) di Indonesia akan memberikan manfaat pada terciptanya lapangan pekerjaan, meningkatnya ekonomi lokal, menambah pemasukan pajak, menghasilkan devisa dari ekspor dan penggunaan produk lokal,” ungkap Jumain.
     
    Jumain memaparkan, program Direktorat PBBT dibawah Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi pada tahun 2017 telah menghasilkan 458 tenant dan calon PPBT. Rinciannya, 137 tenant masyarakat umum yang berasal dari inkubator lembaga litbang, perguruan tinggi dan swasta. Sebanyak 116 tenant mahasiswa atau dosen non PNS dari perguruan tinggi. Serta, 205 calon PPBT mahasiswa atau dosen dari perguruan tinggi.
     
    Sepanjang 2017 Direktorat PPBT telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk mendukung produk inovasi ke arah hilirisasi dan komersialisasi. Diantaranya pelatihan dan pendampingan bagi inkubator maupun tenant.
     
    Kegiatan tersebut antara lain monitoring dan evaluasi (Monev) untuk melihat kesesuaian dan hasil akhir dari pelaksanaan kegiatan yang dilakukan inkubator, tenant, dan Calon PPBT di berbagai daerah pada November 2017. “Dalam pelaksanaan Monev ini kami mengajak Bappenas, BPK, dan DJA. Respon mereka cukup bagus dan sangat mengapresiasi apa yang telah kami lakukan,” lanjutnya.
     
    Menurut Jumain, pada akhir 2017 ada empat tenant PPBT yang melakukan kontrak bisnis dengan investor. Keempat tenant ini melakukan kontrak kerjasama dengan Bank Syariah Mandiri dan PT Kimia Farma dalam hal pendanaan dan pemasaran. 
     
    Empat tenant PPBT tersebut adalah Nutrilaksi, inovasi cookies dan minuman siap saji berkhasiat meningkatkan ASI dari CV Galohgor Nutrasetikal. Kedua, Kefir berskala industri dengan berbagai varian rasa dari CV Sari Burton. Ketiga, Beras Pratanak berindeks glikemik rendah dan kaya nutrisi untuk penderita diabetes dan diet dari CV Platinum Dipa Sejahtera. Serta, Palaboo, minuman khas Bogor berbasis buah pala dari PT Gunung Sari Wiar Sadana.
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek