Homepage > TIK > Infrastruktur Informasi > 78 Institusi Raih Penghargaan TOP IT & TELCO 2017
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 609
    Guest : 610
    Members : 0

    78 Institusi Raih Penghargaan TOP IT & TELCO 2017

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
     
    Technology-Indonesia.com - Sebanyak 53 perusahaan dan 25 instansi pemerintahan mendapatkan penghargaan TOP IT TELCO 2017. Perusahaan atau instansi pemerintahan tersebut dinilai berhasil mengimplementasikan TI dan Telco di perusahaannya, serta mampu memanfaatkannya untuk meningkatkan kinerja, daya saing, dan layanannya.
     
    Penganugerahan TOP IT & TELCO 2017 diselenggarakan oleh Majalah Itech dengan dukungan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Ajang penghargaan yang mengangkat tema “Digital Business Transformation for Great Indonesia” ini juga didukung beberapa asosiasi TI TELCO, seperti ASPEKTI (Asosiasi Perusahaan Konsultan Telematika Indonesia), IKTII (Ikatan Konsultan TI Indonesia), ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia), ABDI (Asosiasi Big Data Indonesia), serta lembaga lainnya.  
     
    Ketua Penyelengara TOP IT & TELCO 2017, M. Lutfi Handayani mengatakan bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengalami perkembangan yang cepat sekali, baik aplikasi software bisnis, produk hardware, dan solusi lain berbasis IT & TELCO. Terlebih dengan berkembangnya konsep smart, seperti smart city, smart office, dan konsep lain yang kian berkembang luas di era internet ini. 
     
    “Karena itu, setiap tahun kegiatan TOP IT & TOP TELCO selalu ada dinamika baru yang berkembang. Baik dari aspek penilaian, penjurian, maupun  kategori yang juga kami perluas agar makin berkualitas,” ungkap Lutfi Handayani dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (31/10/2017).
     
    Kegiatan TOP IT & TELCO 2017 bertujuan mendorong kalangan bisnis, institusi pemerintah, BUMN dan lembaga lain, agar senantiasa peka dalam menyikapi tren perkembangan IT & TELCO dengan melakukan pemutakhiran (updating). Mereka dituntut bisa lebih kreatif dalam mengembangkan inovasi dan solusi IT & TELCO yang akan berdampak luas bagi masyarakat, sekaligus bisa meningkatkan daya saing pembangunan nasional.
     
    Proses penjurian melibatkan sekitar 20 juri yang expert dan kredibel dari berbagai kalangan, baik bidang IT, bisnis, dan tata kelola pemerintahan. Penilaian meliputi tiga tahapan, mulai dari proses penggalian informasi melalui penyebaran dan pengisian angket kuisioner ke perusahaan atau institusi yang bersangkutan, penggalian informasi dan masukan dari masyarakat / pelanggan, serta proses penggalian dan pendalaman dalam sesi wawancara dalam diskusi dan tanya jawab dengan tim dewan juri. 
     
     “Selalu ada inovasi baru yang kita lakukan dalam proses penggalian informasi maupun penjurian agar hasilnya makin komprehensif dan lebih berbobot. Ajang penghargaan TOP IT & TELCO 2017 ini relevan dengan arah kebijakan pembangunan nasional yang mendorong berkembangnya ekonomi digital di Indonesia sebagai bagian dari upaya meningkatkan daya saing ekonomi nasional,” ungkap Lutfi. 
     
    Ketua Dewan Juri, Laode M. Kamaluddin mengatakan jumlah finalis tahun ini sebanyak 110 peserta, baik dari kalangan dunia usaha termasuk unsur BUMN, BUMD, instansi kepemerintahan pusat, daerah, dan unsur lainnya. Penghargaan TOP IT & TELCO 2017 diberikan per sektor bisnis, mengingat kompleksitas masing-masing sektor usaha, adalah berbeda-beda. 
     
    Sektor bisnis yang dikompetisikan dalam TOP IT & TELCO 2017 ini adalah sektor usaha  Bank, BPD, Multifinance, Asuransi, E-Commerce, IT & Telekomunikasi, Energi Pertambangan, Pelabuhan dan Bandar Udara, Infrastruktur, Transportasi, Agro industri, PDAM, dan Hospitality. Sedangkan kategori untuk instansi pemerintahan terdiri dari Kementerian, Lembaga/ Badan, Pemerintahan Provinsi, Pemerintahan Kota, dan Pemerintahan Kabupaten.
     
    Dalam proses ini, Dewan Juri juga menetapkan kategori khusus, yaitu implementasi TI yang terkait dengan aspek lingkungan atau yang kita kenal dengan Go Green, kegiatan CSR perusahaan yang terkait dengan pengembangan IT di masyarakat, dan serta implementasi IT yang mendorong penggunaan Open Source, serta IT yang memiliki dampak nasional. 
     
    Dewan Juri juga menetapkan penghargaan untuk TOP Leader in IT Leadership 2017 kepada CEO perusahaan dan pimpinan instansi pemerintahan yang memiliki komitmen dan dukungan yang tinggi terhadap keberhasilan implementasi sistem IT. Penilaian ini didasarkan pada pemahaman, bahwa akan sangat sulit untuk mengimplementasikan dan memanfaatkan sistem IT di perusahaan dan instansi pemerintahan, tanpa dukungan dan komitmen dari TOP Manajemen. 
     
    “Dukungan dan komitmen pucuk pimpinan, memiliki peran yang sangat strategis untuk mendukung keberhasilan implementasi dan pemanfaatan IT & TELCO,” ujar Laode 
     
    Menteri Sekretaris Negara, Menteri Pertanian, Kepala BASARNAS, Gubernur Yogyakarta dan Jawa Tengah, serta beberapa Walikota, dan Bupati, menerima penghargaan TOP Leader in IT Leadership 2017 bidang instansi pemerintahan. Sedangkan beberapa CEO perusahaan besar, juga memperoleh penghargaan TOP Leader in IT Leadership 2017 bidang korporasi.
     
    Ajang TOP IT & TELCO 2017 tidak sekedar pemberian penghargaan semata. Dewan Juri akan merumuskan sebuah rekomendasi TOP IT & TELCO secara tertulis yang akan disampaikan kepada kepada peserta dan pemerintah, demi terwujudnya Indonesia yang lebih hebat, di era digital teknologi. 
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek