Homepage > TIK > Infrastruktur Informasi > Cyber Security System Sangat Penting dalam Jaringan Cerdas “Smart Grid”
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1246
    Guest : 1247
    Members : 0

    Cyber Security System Sangat Penting dalam Jaringan Cerdas “Smart Grid”

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    alt

    Jakarta-Technology-Indonesia.com - Jaringan cerdas "smart grid" yang terkoneksi internet membutuhkan keamanan yang mumpuni. Serangan dari cyber yang mengancam dapat menimbulkan banyak kerugian dan membahayakan sistem kelistrikan.
     
    Hal tersebut disampaikan Deputi Teknologi Informasi Energi dan Mineral (TIEM) BPPT Hammam Riza dalam Seminar Smart Grid dan Aspek Security dalam Power System di Jakarta, Selasa (17/10/2017). Seminar ini bertujuan mempersiapkan dan membangun pemahaman pentingnya Cyber Security System dalam jaringan cerdas "Smart Grid".
     
    "Melalui seminar integrasi ini, kami ingin mendorong pemahaman OT (operation technology) sistem kelistrikan cerdas di satu sisi dan information technology (IT) di sisi lain. OT-IT ini diperlukan untuk mencapai ketahanan negara dalam penyediaan jaringan kelistrikan yang aman dan handal," terang Hamman.
     
    Untuk mengimplementasikan jaringan cerdas "Smart Grid" membutuhkan teknologi informasi untuk pengoperasiannya. Melalui teknologi informasi ini komunikasi antar jaringan dapat terhubung dan terkontrol.
     
    Seperti diketahui, teknologi informasi tidak bisa lepas dari jaringan internet, sehingga dibutuhkan internet protokol standar sebagai penghubung antar jaringan. Karena itu dibutuhkan keamanan mumpuni untuk menghadapi serangan dari cyber.
     
    Kepala B2TKE-BPPT, Andhika Prastawa menyampaikan, keamanan cyber merupakan kebutuhan yang mendesak. Menurutnya, jaringan cerdas merupakan jaringan berbasis pada internet internet yang memerlukan keamanan standar bagi pengoperasiannya.
     
    "Dengan terkoneksinya komponen-komponen jaringan kelistrikan pada jaringan internet menyebabkan smart grid menjadi rentan terhadap ancaman dan serangan cyber. Serangan cyber bisa menyerang komponen fisik jejaring kelistrikan seperti open/close circuit breaker dan mematikan generator. Serangan cyber juga bisa menyerang software dan database sistem baik itu untuk merusak ataupun mencuri informasi," ungkapnya.
     
    General Manager PT PLN DISJAYA, M. Ikhsan Asaad mengatakan keamanan cyber dan jaringan cerdas merupakan hal yang tidak bisa dielakkan dan sudah menjadi tuntunan dari perkembangan teknologi informasi dewasa ini.
     
    “Sudah saatnya PLN bekerjasama dan menjalin sinergitas dalam mewujudkan jaringan cerdas serta mengupayakan sistem keamanan bagi jaringan cerdas itu sendiri. Sehingga kita bisa mengantisipasi dan tidak telat nantinya,” tegas Ikhsan.
     
    Dalam seminar ini dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman anara PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia (PJCI). Nota kesepahaman Bersama ini bertujuan agar ketiga lembaga bersinergi menerapkan dan mewujudkan jaringan cerdas di Indonesia, khususnya Jakarta.
     
    Seminar ini merupakan tindaklanjut Kongres Teknologi Nasional yang digelar pada 17-19 Juli 2017. Kongres ini antara lain merekomendasikan penentuan sektor infrastruktur informasi kritikal nasional terutama sipil atau publik non militer, framework pengamanan infrastruktur informasi kritikal nasional, dan pembentukan koordinator Computer Security Incident Response Team (CSIRT).
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek