Homepage > TIK > Infrastruktur Informasi > Rekomendasi KTN 2017 Bidang TIK
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1664
    Guest : 1665
    Members : 0

    Rekomendasi KTN 2017 Bidang TIK

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
    Konferensi Pers seusai Penutupan KTN 2017 di Jakarta, Rabu (19/7/2017)
     
    Jakarta, technology-indonesia.com – Kongres Teknologi Nasional (KTN) 2017 berhasil merumuskan rekomendasi teknologi dari tiga bidang yang menjadi fokus pembahasan kongres. Salah satunya bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang telah menjadi tulang punggung bagi banyak hal dan menopang sebagian besar kehidupan modern.
     
    “Rekomendasi ini dihasilkan dari pemaparan dan diskusi intensif dan produktif selama berlangsungnya kongres dipastikan merupakan intisari dari berbagai permasalahan, pemikiran, dan tawaran solusi yang sesuai dengan situasi dan tantangan terkini,” kata Kepala BPPT Unggul Priyanto pada acara penutupan KTN 2017 di Jakarta, Rabu (19/7/2017)
     
    Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material (TIEM) Hammam Riza mengatakan, bidang TIK memiliki perkembangan yang sangat pesat, bahkan menjadi tulang punggung bagi banyak hal dan menopang sebagian besar kehidupan modern peradaban manusia saat ini.
     
    Pada KTN 2017 ini, selain TIK memiliki fokus tersendiri yaitu keamanan informasi. Keberadaannya juga menjadi perekat bagi bidang teknologi lainnya. Selain mengangkat masalah keamanan informasi yang antisipasinya mutlak diperlukan, dukungan terhadap aktivitas konektivitas nasional maupun dorongan untuk memanfaatkan momentum pendayagunaan TIK lebih besar lagi bagi kemajuan Indonesia. Hal ini juga merupakan bagian dari rekomendasi bidang TIK dari KTN 2017.
     
    Beberapa rekomendasi TIK antara lain mengenai perlunya kebijakan pengamanan data dan infrastruktur melalui pengembangan landasan hukum pengamanan infrastruktur kritis nasional. 
     
    KTN juga merekomendasikan perlunya penguatan peran dan tupoksi Badan Siber Nasional dan Sandi Negaran (BSSN) untuk koordinasi dan harmonisasi solusi keamanan siber. Pengembangan inovasi teknologi keamanan siber sebagai salah satu fondasi yang perlu dibangun di era pentingnya masalah keamanan informasi dalam menjaga kedaulatan negara.
     
    Di sektor TIK untuk transportasi telah disepakati semakin pentingnya peran TIK guna peningkatan keamanan, kualitas layanan dan keamanan pengguna.
     
    Penggunaan mobile application di telepon pintar dan analisa perilaku pengguna menggunakan big data terutama dengan implemantasi internet of thing (IOT) akan sangat mendukung peningkatan kualitas layanan tersebut.
     
    Di sektor pemerintahan, pengamanan data dan infrastruktur akan sangat terbantu jika kebijakan shared infrastructure (Pusat Data Pemerintah) dan pengguna aplikasi tunggal (single application) berbasis cloud technology bagi seluruh instansi pemerintah dilaksanakan. Dengan kebijakan tersebut maka upaya pengamanan baik dari sisi fisik maupun logik akan dapat dikonsentrasikan pada beberapa fokus dan aplikasi.
     
    Dalam rangka pengamanan siber di Indonesia, disepakati sangat pentingnya peningkatan kesadaran masyarakat akan adanya ancaman/risiko dalam jaringan siber dan aktivitasnya. Penggunaan messaging application seperti Whatsapp, Telegram, dan Signal memiliki risiko dari informasi yang tidak benar, pencurian identitas yang dapat mengakibatkan kerugian finansial hingga kerusakan peralatan yang mengakibatkan tidak dapat dilaksanakan suatu fungsi yang diperlukan.
     
    Ke depan, kita perlu mengacu kepada inovasi TIK karya anak bangsa dalam menyediakan aplikasi Over The Top (OTT) sekaligus TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) industri TIK.
     
     

    Umum

    Cegah Korupsi Sistemik, Tiga Lembaga Matangkan Penerapan SNI ISO 37001
    Jumat, 23 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah) bersama Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi dan Kepala BSN Bambang Prasetya dalam pertemuan di Gedung Bina Graha, Jakarta, pada Jumat (23/2/2018)....

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek