Homepage > TIK > Infrastruktur Informasi > Smartphone 4G Karya Anak Bangsa Mulai Diproduksi Massal
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 2572
    Guest : 2575
    Members : 0

    Smartphone 4G Karya Anak Bangsa Mulai Diproduksi Massal

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    alt

    CIKARANG - Smartphone 4G Digicoop hasil riset Institut Teknologi Bandung (ITB) mulai memasuki tahap produksi massal di pabrik perakitan elektronik di Cikarang. Hasil sinergi ekosistem industri smartphone dalam negeri ini merupakan salah satu upaya menegakkan kedaulatan digital bangsa.

    Melalui skema pendanaan inovasi perguruan tinggi di industri, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada tahun 2016 memberikan pendanaan kepada ITB untuk mengembangkan dan menghilirisasikan produk smartphone 4G. 

    Melalui berbagai riset, ITB berhasil mengembangkan ponsel pintar dengan berbagai fitur seperti short message service (SMS), browsing, VOIP Call dan streaming youtube. Model smartphone ini telah mendapatkan sertifikasi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) sebesar 20,2% pada akhir 2016.

    Ponsel pintar ini diadopsi dan dilanjutkan produksi massalnya oleh Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM) bekerjasama dengan ITB, PT. Jalawave Integra, PT. VS Technology Indonesia, dan PT TSM. Ribuan Smartphone Digicoop akan dibagikan pada anggota koperasi untuk menjalankan bisnis digital koperasi.

    Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti)  Mohamad Nasir mengatakan Kemenristekdikti selalu mendorong hasil inovasi karya anak bangsa. Ia menekankan agar riset-riset yang dihasilkan anak bangsa jangan sampai hanya berhenti di perpustakaan, tetapi harus dikomersialisasikan sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.

    Menurut Menristekdikti, saat ini ITB sudah memiliki empat Pusat Unggulan Iptek (PUI) yang diharapkan bisa menghasilkan inovasi-inovasi yang bisa dimanfaatkan oleh industri. Menristekdikti berharap, ke depan ITB memiliki Science Techno Park (STP) yang bisa digerakkan mulai dari penelitian, prototype, hingga ke industri. Karena itu perlu kerjasama yang baik antara pemerintah, akademisi, dan bisnis.

    "Saya merasa bangga betul. Semoga produk ini bisa mengambil pasar, network harus kita bangun. Mudah-mudahan produk ini bisa kompetitif, punya nilai tambah, dan menjadi kebanggaan, " ujar Nasir saat kunjungan kerja ke PT. VS Technology Indonesia, di Cikarang pada  Rabu (11/1/2017).

    Menristekdikti menyebutkan angka pengguna smartphone di Indonesia kini mencapai sekitar 25,7% dari total penduduk atau sekitar 65,2 juta orang. Jumlah tersebut merupakan market potensial dari produk smartphone ini.

    Menristekdikti berharap produksi perdana Smartphone Digicoop ini dapat menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia dan mampu bersaing dengan produk luar dalam menyongsong era ekonomi digital. Sehingga, Indonesia tidak hanya menjadi pasar produk luar negeri tetapi sebagai pelaku yang mampu memproduksi smartphone sendiri.

    Pemerintah telah menetapkan bahwa seluruh vendor smartphone 4G LTE harus memenuhi kewajiban 30% TKDN mulai 1 Januari 2017 sebagai syarat berjualan di Indonesia. Kebijakan tersebut harus dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya industri smartphone di Indonesia khususnya terkait dengan pengembangan hardware dan software.

    Untuk maksud tersebut, keberadaan dari design house atau design center menjadi sangat diperlukan. Melalui design center yang dikembangkan di ITB, diharapkan  banyak industri smartphone yang saat ini kegiatan R&D nya ada diluar negeri, dapat dipindahkan ke dalam negeri, terutama untuk dapat memenuhi kewajiban 30% TKDN. 

    Selain anggota Koperasi Digital Indonesia Mandiri, pengguna perdana yang beruntung mencicipi Smartphone Digicoop adalah para anggota dari Forum Silaturahmi Masjid Serantau (Forsimas) yang anggotanya memiliki jaringan bagus dalam memberdayakan dan menyebarluaskan produk kebanggaan Indonesia ini.

    baca juga:

    Jadi Anggota Koperasi Digital dapat Smartphone Digicoop

     

    Umum

    Inilah SNI Wajib untuk Mainan Anak
    Selasa, 23 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Jakarta, Technology-Indonesia.com - Badan Standardisasi Nasional (BSN) menetapkan beberapa Standar Nasional Indonesia (SNI)  tentang Mainan Anak. Sebagian SNI Mainan Anak...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek