Homepage > Hankam > Sistem Kendali > Kerjasama Penyelenggara Geospasial Tingkatkan Keamanan dan Pertahanan Nasional
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1095
    Guest : 1095
    Members : 0

    Kerjasama Penyelenggara Geospasial Tingkatkan Keamanan dan Pertahanan Nasional

    Penilaian Pengguna: / 3
    JelekBagus 
    Badan Informasi Geospasial (BIG) bersinergi dengan pemangku kepentingan pertahanan nasional untuk mendukung ketersediaan informasi dasar geospasial sesuai aturan yang berlaku.

    Untuk itu BIG melakukan sosialisasi UU No.4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial untuk mencapai kesepahaman dan kordinasi erat di antara sesama penyelenggara Informasi Geospasial.

    Sementara itu adanya keterbukaan informasi geospasial yang ditandai dengan diluncurkannya Ina Geoportal oleh BIG beberapa waktu lalu di sisi lain menjadi kekuatiran pihak tertentu karena bisa membahayakan keamanan nasional.

    "Adanya Ina Geoportal  dalam perkembangannya rupanya menjadi kekuatiran pihak tertentu karena keterbukaan informasi yang termuat pada Ina Geoportal itu," tutur Kepala Badan Informasi Geospasial, Asep Karsidi, disela Diskusi Peran Dan Komitmen BIG Dalam Mendukung Pertanahan Negara Dan Keamanan Nasional di Jakarta, Selasa (25/9).  

    Padahal lanjut Asep Karsidi, Ina Geoportal itu hanya menyediakan peta dasar sesuai amanat UU Informasi Geospasial. sementara untuk peta tematik merupakan tanggungjawab pihak terkait. Misalnya informasi tentang kehutanan maka yang memiliki datanya adalah Kementerian Kehutanan.

    Demikian juga informasi spasial mengenai ketahanan nasional, aspek spasial mengenai lokasi pelatihan, lokasi-lokasi strategis lainnya seperti lokasi gudang dan gedung rahasia. "Informasi seperti itu tentu tidak boleh dibuka untuk publik," tegas Kepala BIG.

    Karena itu BIG tugasnya mengawal peta dasar, sementara untuk pertahanan nasional misalnya, dalam hal ini merupakan kewenangan Badan Intelejen Nasional (BIN), harus memiliki peta tematik tentang pertahanan.

    Meski demikian Asep Karsidi menegaskan, pembuatan peta tematik juga harus mengikuti aturan yang berlaku sesuai dengan apa yang sudah dikeluarkan BIG sebagai badan yang satu-satunya direkomendasi untuk membuat peta dasar.

    Untuk mewujudkan sinergi dengan pemangku kepentingan pertahanan nasional, BIG membutuhkan peningkatan infrastruktur dalam mendukung ketersediaan informasi geospasial. Namun yang penting menurut Asep Karsidi adalah bagaimana menyatukan pandangan dan langkah tentang aspek-asepek geospasial, termasuk hal-hal yang dirahasiakan.

    "Tindak lanjut dari pertemuan hari ini yaitu untuk menjalankan tugas informasi geospasial di masing-masing institusi. Kami juga perlu menjalin kerjasama meningkatkan infrastruktur. Juga saling mendukung pengembangan sumber daya manusia bidang geospasial. Jika ada kesempatan pelatihan dari luar negeri maka BIG bisa melibatkan pihak lain terkait," ujar Asep Karsidi.

    Selain itu juga harus  didukung  dengan penggunaan teknologi informasi sebagai alat untuk menjalankan pertahanan dan keamanan nasional.

    Sementara itu Direktur Topografi TNI Angkatan Darat, Sutrisno M.Ch mengatakan sudah saatnya mengembangkan teknologi intelejen geospasial untuk mendukung pertahanan negara dan keamanan nasional melalui kegiatan bertahap dalam penataan bidang organisasi, pengembangan kemampuan personel, peralatan, sistem dan pembinaan data informasi geospasial.

    Di sisi lain pengembangan sistem dan alat peralatan saat ini masih belum lancar karena bidang intelejen geospasial memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh instansi sipil biasa. Sehingga masih harus terus dilakukan kerjasama antara komunitas intelejen Indonesia dengan instansi terkait di Indonesia dengan dengan luar negeri.
     

    Umum

    Revolusi Industri 4.0 Harus Diantisipasi Secara Serius
    Sabtu, 17 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Presiden Joko Widodo pada Peresmian Pembukaan Konvensi Kampus XIV dan Temu Tahunan XX Forum Rektor Indonesia (FRI) Tahun 2018. Foto Biro Pers...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek