Homepage > Energi > Konservasi Energi > BATAN Gelar Nuclear Youth Summit 2014
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 974
    Guest : 975
    Members : 0

    BATAN Gelar Nuclear Youth Summit 2014

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) bersama Komunitas Muda Nuklir (KOMMUN), menggelar Nuclear Youth Summit (NYS) 2014 dengan tema Let’s start the future today. Kegiatan yang diikuti 142 generasi muda nuklir berlangsung di Jakarta selama 3 hari, 22-24 november 2014.

    Sebanyak 24 peserta berasal dari Australia, Vietnam, Thailand, Philipina, Malaysia dan Bangladesh.  Sementara 118 peserta berasal dari berbagai Universitas di Indonesia merupakan hasil seleksi dari makalah yang dikirimkan.

    NYS merupakan pertemuan akbar generasi muda baik mahasiswa, pelajar maupun eksekutif muda yang bekerja, belajar atau tertarik dengan perkembangan iptek nuklir. NYS 2014 merupakan lanjutan dari NYS 2013 yang diselenggarakan di Yogyakarta. NYS 2013 menghasilkan sebuah wadah bagi generasi muda yang intens dalam iptek nuklir yaitu Komunitas Muda Nuklir Nasional (Kommun).

    Kehadiran Komunitas muda nuklir dari beberapa negara diharapkan bisa mewujudkan sebuah wadah yang bisa memayungi generasi muda nuklir regional yang mampu berperan dalam perkembangan iptek nuklir di masa datang.

    Menurut Ahmed Irej Jalal,  wakil dari International Atomic Energy Agency (IAEA) masa depan iptek nuklir ada di tangan para generasi muda. Di masa yang akan datang, nuklir harus mampu berperan menjawab tantangan perubahan iklim, polusi, udara dan lautan yang lebih sehat.

    Sementara itu, Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto mengatakan masih banyak masyarakat yang belum memahami nuklir dengan baik. Banyak orang mengetahui nuklir bisa digunakan untuk senjata. Namun sedikit yang mengetahui bahwa nuklir bermanfaat di bidang kesehatan, industri atau pertanian.

    Djarot berharap melalui NYS generasi muda nuklir untuk ikut menyebarkan informasi nuklir yang benar. Selain itu NYS memiliki  target transfer pengetahuan dan pengalaman antar negara peserta serta membangun jejaring antar peserta.

    Kreativitas generasi muda menurut Staf ahli Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi L. Broto Sugeng Kardono sangat penting bagi kontribusi aplikasi nuklir di masa mendatang. Dengan sumber daya manusia yang terbatas perkembangan iptek nuklir tidak akan maksimal.

    Ketua Kommun Sayid Mubarak menegaskan tugas generasi muda melek nuklir untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang nuklir. Kommun berdiri pada tahun 2013 dengan anggota awal 80 orang. Saat ini Kommun sudah memiliki 359 anggota dari 15 universitas di seluruh Indonesia dan 1 sekolah menengah atas. Selain NYS, salah satu program utama Kommun adalah Nuclear Goes To School.

     

    Rangkaian NYS 2014 diisi dengan materi stadium general dari para pakar dan belajar mengoperasikan reaktor nuklir berbasis internet. Para peserta juga merumuskan Komunitas muda nuklir yang bersifat regional ditandai dengan penandatangan petisi. Dalam NYS 2014 diadakan juga  kunjungan ke kawasan nuklir Serpong diantaranya Reaktor Serba Guna GA. Siwabessy, fasilitas limbah serta bahan bakar nuklir. Sumber www.batan.go.id

     

    Umum

    Tingkatkan Peran Guru Besar dalam Pengembangan Peradaban
    Jumat, 23 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti Mohamad Nasir dalam Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung (FGB-ITB), di Gedung Balai Pertemuan Ilmiah ITB, Kamis (22/2/2018).Ageng Prasetyo/BKKP...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek