Homepage > Energi > Konservasi Energi > Almino, Teknologi Pemacu Produksi Mikroalga
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1654
    Guest : 1655
    Members : 0

    Almino, Teknologi Pemacu Produksi Mikroalga

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
     
    Technology-indonesia.com - Ketergantungan dunia terhadap penggunaan sumber energi fosil menimbulkan dampak bagi lingkungan. US Energi Information Administration (EIA) 2017 mengungkapkan pemakaian bahan bakar fosil meningkatan emisi beberapa polutan ke udara seperti SO2, NOx, dan CO2. 
     
    BP Global tahun 2016 mencatat konsumsi energi primer global meningkat sebesar 1% pada 2015. Penggunaan minyak bumi masih menjadi bahan bakar utama sebesar 32,9% dari total konsumsi energi global. Setiap harinya konsumsi minyak bumi global mencapai 1,9 juta per barel. 
     
    Fenomena ini mendorong lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan teknologi microbubble generator untuk meminimalisir dampak lingkungan sekaligus krisis energi akibat penggunaan energi fosil. Alat ini mampu meningkatkan produktivitas tanaman mikroalga yang potensial dimanfaatkan sebagai bioenergi. 
     
    Kelimanya adalah Bagas Alqadri, Syahirul Alim Ritonga, Levina Ariesta Mayasari, dan  Arief Faqihudin dari Teknik Mesin serta Lathifah Zahra dari Fakultas Biologi. Teknologi tersebut berhasil meraih Merit Award dalam Energy innovation Challenge 2017 yang digelar di Suntec Exhibition, Singapura pada 19-21 Juli 2017. Dalam kompetisi yang diikuti puluhan tim dari berbagai perguruan tinggi di dunia, tim UGM berhasil masuk dalam posisi 6 besar. 
    alt
     
    Bagas Alqadri menjelaskan, mikroalga memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan sebagai sumber bioenergi. Sayangnya, produktivitas mikroalga yang dibudidayakan petani ganggang masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan dalam budidaya masih menggunakan metode tradisional dan membutuhkan lahan yang luas. 
     
    “Karenanya kami membuat alat yang dapat mendorong peningkatan pertumbuhan mikroalga dengan cepat,” ungkap Bagas pada Selasa (25/7/2017) di Fakultas Teknik UGM. 
     
    Teknologi microbubble generator yang diberi nama “Almino” ini membantu mengoptimalkan perumbuhan mikroalga sebagai sumber bioenergi yang menjanjikan di masa depan. Teknologi ini juga dapat berkontribusi dalam upaya meredam efek pemanasan global  dengan menangkap karbondioksida (CO2) di udara untuk digunakan sebagai bahan fotosintesis mikroalga. 
     
    “Almino mampu meningkatkan distribusi jumlah CO2 terlarut dalam air karena menghasilkan ukuran gelembung yang lebih kecil dibandingkan ukuran gelembung dari aerator biasa,” terangnya.
     
    Microbubble generator ini memecah ukuran partikel CO2 menjadi ukuran mikro sehingga lebih mudah diserap oleh mikroalga. Dari hasil pengamatan langsung, kolam budidaya mikroalga yang dipasangi microbubble generator menunjukkan perkembangan yang lebih bagus dibanding kolam yang dipasangi aerator biasa. 
     
    “Warna mikro alga lebih hijau, ini menunjukkan perkembangan yang jauh lebih baik,” ujarnya.
     
    Arief Faqihudin menambahkan, selain meningkatkan jumlah CO2 terlarut dalam air , teknologi ini mampu mendistribusikan partikel CO2 hingga ke dasar kolam. Di samping itu, alat ini mampu menekan jumlah CO2 di alam. 
     
    “CO2 di alam ditangkap oleh penangkap CO2 untuk dimasukkan ke dalam miccrobubble genarator.  Selanjutnya, CO2 dipecah menjadi partikel berukuran mikro untuk disemprotkan ke kolam bersama air,” paparnya. 
     
    Rangkaian Almino yang tergolong sederhana ini memiliki dua komponen utama yaitu microbubble generator dan penjernih air, kemudian dibuat menjadi instalasi dengan pompa dan selang. Dalam pengembangan, instalasi ini menghabiskan biaya sekitar Rp. 1,5 juta rupiah. 
     
    “Alat ini  mudah digunakan, mudah diaplikasikan, serta mudah dalam perawatannya,” pungkasnya. 
     

    Umum

    Cegah Korupsi Sistemik, Tiga Lembaga Matangkan Penerapan SNI ISO 37001
    Jumat, 23 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah) bersama Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi dan Kepala BSN Bambang Prasetya dalam pertemuan di Gedung Bina Graha, Jakarta, pada Jumat (23/2/2018)....

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek