Homepage > Energi > Kelistrikan > BSN dan Satgas Pangan POLRI Samakan Persepsi Terkait SNI
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1815
    Guest : 1815
    Members : 0

    BSN dan Satgas Pangan POLRI Samakan Persepsi Terkait SNI

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    alt

    Deputi Bidang Penelitian dan Kerjasama Standardisasi BSN, I Nyoman Supriyatna bersama Kepala Divisi Humas POLRI, yang juga menjabat Ketua Satgas Pangan Pusat, Setyo Wasisto. Foto Humas BSN.
     
     
    Technology-Indonesia.com - Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) telah menandatangani nota kesepahaman tentang kerja sama penyelenggaraan tugas dan fungsi di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian, pada 17 November 2016. Ruang lingkup kerja sama tersebut meliputi penelitian dan pengembangan Standar Nasional Indonesia (SNI), penyebarluasan informasi, peningkatan kompetensi sumber daya manusia, pembinaan lembaga penilaian kesesuaian, bantuan pengamanan, penegakan hukum, dan bidang lainnya yang disepakati bersama.
     
    Menindaklanjuti hal tersebut, Deputi Bidang Penelitian dan Kerjasama Standardisasi BSN, I Nyoman Supriyatna didampingi Kepala Pusat Kerjasama Standardisasi BSN, Konny Sagala melakukan audiensi ke Divisi Humas POLRI pada Senin, (12/2/2018). Audiensi ini diterima oleh Kepala Divisi Humas POLRI, yang juga menjabat Ketua Satgas Pangan Pusat, Setyo Wasisto.
     
    Dalam kesempatan ini, Nyoman mengungkapkan bahwa berdasarkan UU No.20 Tahun 2014, pada dasarnya SNI memang besifat sukarela. Namun bila terkait dengan keamanan, keselamatan, kesehatan, serta pelestarian lingkungan hidup, SNI dapat diberlakukan wajib oleh kementerian terkait. “BSN hanya merumuskan SNI,” jelas Nyoman.
     
    Salah satu kunci penerapan SNI sebagai wujud perlindungan konsumen adalah adanya kesamaan persepsi antara seluruh pihak, termasuk antara BSN dengan Satgas Pangan POLRI yang menangani masalah rantai distribusi. “Untuk itu, kami berencana mengadakan capacity building, penyamaan persepsi terkait SNI wajib dan SNI sukarela terhadap Satgas Pangan Pusat,” ujar Nyoman.
     
    Setyo Wasisto mengakui bahwa mispersepsi terkait SNI dapat menyulitkan penyidik dalam melakukan penegakan hukum. “Adanya mispersepsi tentang SNI wajib dan SNI sukarela memang dapat menyulitkan penyidik,” ujarnya.
     
    Setyo menyambut baik rencana tindak lanjut dari nota kesepahaman antara BSN dengan POLRI. Dengan adanya capacity buiding kepada para satgas pangan pusat, diharapkan tercipta kesamaan persepsi sehingga memudahkan satgas pangan dalam melakukan penegakan hukum. 
     
    Setyo menegaskan siap mengkoordinir semua satgas pangan di daerah, bahkan sampai ke tingkat polres / satgasres. “Ada 33 Polda dan 450 polres yang memiliki satgas pangan,” ujarnya.
     
    Berdasarkan data, hingga saat ini tercatat ada 11.568 SNI yang sudah ditetapkan oleh BSN, dengan 198 SNI yang telah diberlakukan wajib oleh kementerian terkait. Adapun SNI terkait pangan yang telah diberlakukan wajib diantaranya Air minum dalam kemasan, Air mineral alami, Air Demineral, Air Minum Embun, Gula Kristal Mentah (raw sugar), Gula kristal putih, Gula Kirstal Rafinasi, Garam Beriodium, Tepung Terigu, Minyak goreng sawit, Kopi Instan, Kakao Bubuk, Sarden dan makerel dalam kemasan kaleng, serta Tuna dalam kemasan kaleng.
     
     

    Umum

    Cegah Korupsi Sistemik, Tiga Lembaga Matangkan Penerapan SNI ISO 37001
    Jumat, 23 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah) bersama Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi dan Kepala BSN Bambang Prasetya dalam pertemuan di Gedung Bina Graha, Jakarta, pada Jumat (23/2/2018)....

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek