Homepage > Energi > Kelistrikan > Kado Manis dari PLN untuk Halmahera dan Morotai di Penghujung Tahun
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1769
    Guest : 1769
    Members : 0

    Kado Manis dari PLN untuk Halmahera dan Morotai di Penghujung Tahun

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
     
    Technology-Indonesia.com - Di penghujung tahun 2017, PT PLN (Persero) memberikan kado manis berupa peresmian Listrik Desa (Lisdes) bagi 11 desa di Kabupaten Halmahera Timur dan Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. Keseluruhan desa tersebut merupakan wilayah kerja dari PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara Area Sofifi. Peresmian dilaksanakan mulai hari Minggu (17/12/2017) hingga Sabtu (23/12/2017). 
     
    Ke-sebelas desa tersebut adalah Desa Bebsili, Desa Yawanli, Desa Wayamli, Desa Marasipno, Desa Gaifoli dan Desa Halitetor di Kabupaten Halmahera Timur.  Serta, ‎Desa Lou Madoro, Desa Leo Leo, Desa Saminyamau, Desa Aruburung dan Desa Posi-Posi di Pulau Rao, Kabupaten Pulau Morotai. PLN kini resmi melistriki 1.894 pelanggan baru di Halmahera dan Morotai.
     
    Sistem pengoperasian kelistrikan di Pulau Halmahera dan Pulau Morotai ini menggunakan pola kerjasama operasi antara PLN dengan Pemerintah Daerah (Pemda). Pada kerjasama ini masing-masing Pemda membantu PLN dalam hal penyediaan mesin pembangkit sebagai bentuk sinergitas pelayanan kelistrikan bagi masyarakat di Halmahera dan Morotai.
     
    Untuk melistriki Pulau Rao, PLN menyediakan 3 mesin PLTD masing-masing berkapasitas 200 kW dan membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 24 Kms. PLN juga membangun Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 8,3 Kms dan 8 buah Trafo. Pemda Kabupaten Pulau Morotai membantu penyediaan lahan untuk sentral dari PLTD tersebut.
     
    Selain itu, 6 Unit Pelayanan dari PLN Area Sofifi kini resmi menjalankan sistem operasi kelistrikan 24 jam, yang sebelumnya masih beroperasi 12 jam. Unit-unit tersebut antara lain: Unit pelayanan Ibu yang melayani kelistrikan di Kecamatan Ibu, Kecamatan Ibu Selatan, dan Kecamatan Tabaru;  ‎Unit pelayanan Kedi untuk Kecamatan Loloda; Unit pelayanan Buli untuk Kecamatan Maba dan Kecamatan Maba Tengah; Unit pelayanan Subaim untuk Kecamatan Wasile, Kecamatan Wasile Timur dan Wasile Selatan;  Unit pelayanan Bere-Bere untuk Kecamatan Morotai Utara dan sebagian desa di Kecamatan Morotai Jaya; serta  Unit pelayanan Sopi untuk sebagian desa di Kecamatan Morotai Jaya.
     
    General Manager PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Djoko Dwijatno berharap beroperasinya listrik desa di beberapa wilayah tersebut semoga bisa meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat.
     
    “Selain itu kami juga akan meningkatkan pelayanan dengan meresmikan Unit Pelayanan Daruba menjadi Unit Rayon, sehingga kami bisa lebih maksimal dalam melayani masyarakat di pulau Morotai dan sekitarnya” tambah Djoko.
     
    Kegembiraan diungkapkan oleh Norce Tobelo salah satu warga Kedi, Kecamatan Loloda, kabupaten Halmahera Barat. "Dengan diresmikannya pengoperasian listrik dari 12 jam ke 24 jam oleh PLN, kami selaku masyarakat Kedi Loloda merasa suka cita. Ini merupakan hadiah Natal dari Tuhan melalui program pemerintah yang peduli dengan masyarakat dipelosok yang terisolir".
     
    Ditargetkan listrik pada 6 Desa di Pulau Gebe, Halmahera Tengah, Maluku Utara dapat segera beroperasi pada akhir tahun 2017 ini dan ditargetkan pada tahun 2018 PLN kembali akan melistriki 48 desa di Halmahera dan Morotai.
     
    Sedangkan untuk perubahan pola operasi dari 12 menjadi 24 jam, PLN menargetkan Unit Pelayanan Patani beroperasi 24 jam pada akhir Desember 2017 serta Unit Pelayanan Lolobata, Unit Pelayanan Bicoli dan Unit Pelayanan Maffa pada akhir Januari 2018. Itu artinya, ke depan seluruh sistem kelistrikan yang ada di Pulau Halmahera dan Pulau Morotai sudah beroperasi 24 jam.
     
    Listrik Prabayar
     
    Tidak hanya itu, pelanggan PLN di seluruh wilayah tersebut kini resmi menggunakan Listrik Prabayar/Listrik Pintar dengan total 71.576 pelanggan. Saat ini 67,05% dari seluruh pelanggan di Halmahera dan Morotai telah menggunakan Listrik Prabayar dan ditargetkan sesegera mungkin seluruh pelanggan di daerah lain juga menggunakannya.
     
    Djoko Dwijatno menambahkan, penggunaan Listrik Prabayar memiliki manfaat bagi pelanggan yakni membantu untuk mengendalikan pemakaian listrik dan tidak terkena biaya keterlambatan serta terhindar dari sanksi pemutusan akibat terlambat membayar listrik.
     
    Hani, salah satu masyarakat di Desa Bere-Bere, Morotai, Maluku Utara mengungkapkan setelah migrasi ke meter prabayar, ia bisa mengatur sendiri penggunaan listrik di rumah. Sebelumnya saat menggunakan meter pascabayar, tagihan listriknya mencapai 50 ribu perbulan. 
     
    “Namun setelah menggunakan meter pulsa ini, saya hanya perlu membeli pulsa 20 ribu untuk satu bulan kadang juga 50 ribu bisa bertahan hingga 2 bulan," ujar Hani. 
     
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek