Homepage > Energi > Kelistrikan > Menristekdikti: Hasil Kajian BATAN, Bangka Belitung Layak Dibangun PLTN
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1686
    Guest : 1687
    Members : 0

    Menristekdikti: Hasil Kajian BATAN, Bangka Belitung Layak Dibangun PLTN

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    alt

    Menristekdikti menyampaikan  Orasi Ilmiah pada  acara puncak Dies Natalis ke 11 Universitas Bangka Belitung (UBB) di Pangkal Pinang, Kamis (13/4/2017). (Foto Humas Ristekdikti )
     
    Technology-indonesia.com - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mendorong agar perguruan tinggi menumbuhkan budaya penelitian dan mampu menangkap peluang riset yang memiliki manfaat besar bagi daerahnya. Menristekdikti melihat riset di bidang energi dan energi terbarukan sangat penting digali di Provinsi Bangka Belitung.
     
    Hal tersebut disampaikan Menristekdikti dalam Orasi Ilmiah bertema Kebijakan Pengembangan Perguruan Tinggi Riset pada  acara puncak Dies Natalis ke 11 Universitas Bangka Belitung (UBB) di Pangkal Pinang, Kamis (13/4/2017).
     
    “Listrik di Babel masih sangat kurang. Hari ini saya sudah mengalami empat kali mati lampu. Riset di bidang pembangkit listrik dari tenaga nuklir sangatlah bermanfaat, hampir semua negara maju di dunia telah memanfaatkan tenaga nuklir sebagai sumber energi,“ jelas Menristekdikti. 
     
    Menurutnya, riset pembangkit listrik tenaga nuklir dunia saat ini sudah mencapai generasi ke IV yaitu High Temperature Gas Cooled Reactor (HTGR). “Teknologi ini sangat aman, karena jika terjadi bencana reaktor akan shutdown secara otomatis, sehingga memiliki level keamanan yang sangat tinggi", ungkap Menristekdikti.  
     
    Satu pembangkit listrik tenaga nuklir dapat menghasilkan lebih kurang 5600 MW listrik. Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) telah melakukan studi kelayakan dan  uji tapak pembangunan PLTN di Kabupaten Bangka Barat dan Bangka Selatan. Dari kajian tersebut disimpulkan bahwa pada kedua Kabupaten tersebut layak dibangun PLTN. 
     
    "Dari hasil kajian, struktur tanah di Bangka Belitung cocok untuk PLTN, karena selama ini cukup stabil dan bebas dari gempa", ujar Menristekdikti.
     
    Milestone
     
    Dalam kesempatan tersebut, Menristekdikti menekankan setiap perguruan tinggi harus memiliki rencana pengembangan jangka panjang dan mengukur pencapaian dari rencana tersebut. “Saya berharap UBB membuat semacam milestone yang setiap 5 tahunnya apa yang akan dicapai, sampai 25 tahun target apa yang harus tercapai. Rencana pengembangan ini harus berkesinambungan, jangan ganti rektor ganti perencanaan,” ujarnya.
     
    UBB sebagai perguruan berusia muda harus mulai secara bertahap mengembangkan diri. Mulai dari pengembangan sistem pembelajaran, pengembangan riset, kualitas dosen dan mahasiswa. Menristekdikti mendorong agar dosen di UBB untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.
     
    “Tahun ini Kemenristekdikti menyediakan sekitar 2500 beasiswa bagi dosen yang ingin kuliah lagi” ungkap Menristekdikti.
     
    Rektor UBB Muhammad Yusuf mengatakan UBB sebagai perguruan tinggi baru senantiasa berbenah untuk meningkatkan diri. UBB resmi berdiri pada 12 April 2006. Pendirian UBB merupakan hasil penyatuan dari Politeknik Manufaktur Timah (Polman Timah), Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER Bangka), dan Sekolah Tinggi Teknik Pahlawan 12 (STTP 12). 
     
    “Saat ini UBB memiliki 5 fakultas dan 19 program studi yang diampu oleh 186 dosen, 15 orang diantaranya telah doktor” kata Muhammad Yusuf.
     
    Pada kesempatan yang sama Menristekdikti melihat perkebunan pisang milik UBB. Pohon pisang yang biasanya hanya menghasilkan 1 tandan, dengan inovasi UBB, satu pohon pisang dapat menghasilkan 7 tandan. Menurut Menristekdikti, inovasi unggul dari UBB ini bisa membantu peningkatan ketersediaan pangan dan meningkatkan nilai ekonomi daerah sekitarnya. 
     

    Umum

    Cegah Korupsi Sistemik, Tiga Lembaga Matangkan Penerapan SNI ISO 37001
    Jumat, 23 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah) bersama Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi dan Kepala BSN Bambang Prasetya dalam pertemuan di Gedung Bina Graha, Jakarta, pada Jumat (23/2/2018)....

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek