Homepage > Energi > Kelistrikan > PLTP Sarulla, Pembangkit Listrik Panas Bumi Terbesar Di dunia
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 2027
    Guest : 2027
    Members : 0

    PLTP Sarulla, Pembangkit Listrik Panas Bumi Terbesar Di dunia

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
     
    Jakarta, technology-indonesia.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melakukan kunjungan kerja ke lapangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. PLTP Sarulla merupakan lapangan panas bumi terbesar di dunia.
     
    PLTP Sarulla juga paling efisien pengoperasiannya di Indonesia. Keefisiennya disebabkan pemilihan teknologi yang tepat menggunakan system combine cycle dengan menerapkan binary technology. Pada teknologi tersebut sisa buangan air panas dari uap panas bumi diolah kembali untuk mendapatkan kapasitas daya listrik. Pada teknologi terdahulu, air panas sisa uap dibuang begitu saja.
     
    PLTP Sarulla dikembangkan di dua lokasi, yaitu di proyek Silangkitang (SIL) dengan kapasitas pengembangan sebesar 1x110 MW (Unit 1) dan proyek Namora - I - Langit (NIL) dengan kapasitas pengembangan sebesar 2x110 MW (Unit 2 dan 3).  
     
    PLTP Sarulla Unit 1 telah beroperasi (Commercial Operation Date/COD) pada 18 Maret 2017. Unit ke-2 PLTP Sarulla dijadwalkan COD pada 23 November 2017. Sementara Unit ke-3, ditargetkan COD pada 23 Mei 2018. Apabila  semuanya berjalan sesuai rencana,  kapasitas pengembangan PLTP Sarulla (Unit 1, 2 dan 3) akan menghasilkan daya sebesar 3x110 MW.
     
    Proyek PLTP Sarulla dikembangkan melalui skema Kontrak Operasi Bersama (KOB) antara PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dengan Sarulla Operation Limited (SOL) sesuai amandemen kedua KOB dan Energy Sales Contract (ESC) yang ditandatangani pada 14 April 2013. 
     
    SOL merupakan konsorsium yang terdiri dari PT Medco Power Indonesia, Itochu Corporation (Jepang), Kyushu Electric Power Co. (Jepang), dan Ormat International, Inc (USA). Proyek dengan investasi sekitar US$ 1,6 miliar ini jadi bukti ketertarikan swasta berinvestasi di subsektor Energi Baru Terbarukan (EBT). 
     
    Jonan menyatakan kehadiran PLTP Sarulla sangat dibutuhkan untuk mengurangi defisit listrik di Sumatera Utara. Kita harapkan  dengan beroperasinya PLTP Sarulla dapat membantu daerah ini yang masih mengalami defisit listrik, terang Jonan, dalam siaran persnya, Jumat (30/3/2017). 
     
    Ditegaskan Jonan, Pemerintah berkomitmen penuh mendorong pemanfaatan PLTP di Indonesia. Upaya ini ditempuh untuk melaksanakan komitmen pemerintah mencapai target bauran energi berbasis EBT sebesar 23% pada tahun 2025. 
     
    Dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL)  komitmen buaran energi (EBT) sekitar 22,6 % di 2025. “Ini tanggung jawab kita bersama-sama untuk pengendalian efek rumah kaca dan pemanfaatan sumber energi primer paling efisien di daerah masing-masing supaya kelistrikan makin lama makin terjangkau oleh masyarakat,” terang Jonan.
     
    Turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto, Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu, Direktur Jenderal EBTKE, Rida Mulyana dan Sekretaris Daerah Tapanuli Utara, Edward Tampubolon.
     

    Umum

    Inilah Rekomendasi Hasil Rakernas Kemenristekdikti 2018
    Kamis, 18 Januari 2018 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat membuka Rakernas di Medan. Foto Fatimah Harahap/Kemenristekdikti   Technology-Indonesia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas)...

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek