Homepage > Energi > Bahan Bakar > Menristekdikti Ajak Perguruan Tinggi Berperan Sebagai Agen Pertumbuhan Ekonomi
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1675
    Guest : 1676
    Members : 0

    Menristekdikti Ajak Perguruan Tinggi Berperan Sebagai Agen Pertumbuhan Ekonomi

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
    Menristekdikti Mohamad Nasir dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017 di Kampus ITS, Surabaya (Foto Humas Ristekdikti/Ageng)
     
    Technology-indonesia.com – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengajak insan pendidikan, khususnya pendidikan tinggi, menjadikan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017 sebagai momentum peningkatan mutu serta relevansi pendidikan tinggi di Indonesia. Perguruan tinggi juga diharapkan berperan menjadi agen pertumbuhan ekonomi. 
     
    “Perguruan tinggi dalam melaksanakan Tri Dharma Pendidikan Tinggi supaya lebih memperhatikan dampak dari aktivitasnya terhadap pengembangan ekonomi, terutama ekonomi di daerahnya. Dengan kata lain, perguruan tinggi lebih dapat memerankan dirinya sebagai agent of economic development disamping agent of education dan agent of research and development.” ujar Menristekdikti dalam sambutan peringatan Hardiknas di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Selasa (2/5/2017).   
     
    Tahun ini, Kemenristekdikti menggelar puncak peringatan Hardiknas 2017 di kampus ITS dengan tema “Peningkatan Relevansi Pendidikan Tinggi untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi”. Sebelumnya, peringatan Hardiknas selalu dipusatkan di Jakarta.
     
    Menristekdikti mengatakan, peningkatan relevansi pendidikan tinggi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dapat dilakukan melalui beberapa cara. Dalam bidang pendidikan, perguruan tinggi harus mampu menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan industri. 
     
    “Untuk lebih meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja dan industri, ke depan jumlah perguruan tinggi vokasi harus ditingkatkan dan keterlibatan industri harus diintensifkan. Lulusan perguruan tinggi vokasi harus memiliki sertifikat kompetensi disamping ijazah” imbuh Menristekdikti.
     
    Di bidang penelitian, peningkatan relevansi pendidikan tinggi dapat dilakukan melalui hilirisasi penelitian. Penelitian perguruan tinggi tidak boleh hanya berhenti setelah menghasilkan publikasi, prototipe atau paten. Penelitian harus dilanjutkan sampai mencapai technology readiness level (TRL) 9 kemudian dikerjasamakan dengan industri agar bias diproduksi dan dipasarkan secara masal. 
     
    Untuk ini Kemenristekdikti telah menginisiasi berbagai program. Diantaranya pengembangan Pusat Unggulan Iptek (PUI), Science and Techno Park (STP), pemberian hibah penciptaan Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi, pengembangan unit Transfer Teknologi dan Inkubasi Bisnis.
     
    Dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, peningkatan relevansi pendidikan tinggi dapat dilakukan melalui kerjasama yang lebih intensif antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah dan industri untuk menyelesaikan problem-problem riil yang dihadapi masyarakat sekitar perguruan tinggi, baik  problem terkait produksi, distribusi, maupun teknologi. Untuk mampu menarik mitra kerja pemerintah daerah dan industri, perguruan tinggi harus dapat membuktikan diri dahulu kalau mampu menyelesaikan problem problem riil tersebut.
     
    Pada kesempatan tersebut Menristekdikti meluncurkan tujuh program unggulan baru Kemenristekdikti. Menristekdikti juga berkesempatan memberikan penghargaan pada perwakilan mahasiswa yang telah mengukir prestasi baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional. Perwakilan mahasiswa yang mendapatkan penghargaan antara lain Tim Robot Politeknik Elektronika Surabaya dan Tim Robot Universitas Muhammadiyah Malang yang berhasil menjadi juara pada kejuaraan robot internasional Trinity College International Robot Competition di Hartford, Amerika Serikat pada 1-2 April 2017.
     
     
     

    Umum

    Cegah Korupsi Sistemik, Tiga Lembaga Matangkan Penerapan SNI ISO 37001
    Jumat, 23 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah) bersama Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi dan Kepala BSN Bambang Prasetya dalam pertemuan di Gedung Bina Graha, Jakarta, pada Jumat (23/2/2018)....

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek