Homepage > Energi > Bahan Bakar > Kemenristekdikti Dorong Relevansi Perguruan Tinggi dengan Industri
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1671
    Guest : 1672
    Members : 0

    Kemenristekdikti Dorong Relevansi Perguruan Tinggi dengan Industri

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 
    alt
     
    Jakarta, technology-indonesia.com - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terus mendorong perguruan tinggi untuk lebih memperhatikan relevansi dengan dunia kerja dan industri dalam rangka mendorong atau mendukung pertumbuhan ekonomi. 
     
    Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti, Patdono Suwignyo mengatakan selama ini perguruan tinggi menghasilkan tenaga kerja maupun penelitian yang tidak ada relevansinya dengan industri. Penelitian yang dilakukan perguruan tinggi juga masih sedikit yang memberikan manfaat langsung bagi masyarakat.
     
    Kurangnya relevansi ini menyebabkan banyak lulusan perguruan tinggi yang kesulitan mendapatkan pekerjaan atau bekerja tidak sesuai kompetensinya. “Industri meminta tenaga kerja yang kompetensinya A. Namun yang diproduksi perguruan tinggi, tenaga kerja yang kompetensinya B, sehingga tidak relevan,” terang Patdono dalam acara Coffee Morning Pra Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017 di Jakarta, Jumat (28/04/2017). 
     
    Tema yang dicanangkan Kemenristekdikti pada peringatan Hakteknas 2017 adalah “Peningkatan Relevansi Pendidikan Tinggi untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi”. Tema ini dipilih agar perguruan tinggi lebih memperhatikan dampak dari aktivitasnya terhadap pengembangan ekonomi, terutama ekonomi di daerahnya. 
     
    Menurut Patdono, ada perkembangan dan tuntutan masyarakat terhadap perguruan tinggi agar tidak hanya menjadi agent of education, tetapi juga menjadi agent of research and development, bahkan sebagai agent of economic development. “Perguruan tinggi bisa menjadi agen pengembangan ekonomi di daerahnya kalau apa yang dilakukan perguruan tinggi relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan industri,” ungkapnya.
     
    Untuk meningkatkan relevansi perguruan tinggi dengan dunia kerja, Kemenristekdikti telah melakukan berbagai program diantaranya revitalisasi pendidikan vokasi. “Targetnya pada akhir 2019 tidak boleh ada lulusan politeknik yang menganggur dan mendapatkan pekerjaan sesuai kompetensinya. Mereka akan mendapatkan pekerjaan kalau ketika lulus selain mendapatkan ijazah, juga punya sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi profesi yang diakui oleh industri,” kata Patdono. 
     
    Penelitian di perguruan tinggi, lanjut Patdono, juga harus menghasilkan produk maupun sistem yang memberikan manfaat langsung pada masyarakat. Karena itu, Kemenristekdikti meluncurkan program hilirisasi penelitian ke indutri. Ke depan, Kemenristekdikti meminta perguruan tinggi untuk lebih menekankan relevansi penelitian yang dilakukan dengan kebutuhan industri.
     
    Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hardiknas pada 2 Mei 2017 akan dipusatkan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) Jawa Timur. Pada kesempatan tersebut, Menristekdikti Mohamad Nasir akan meluncurkan berbagai program unggulan baru seperti teaching industry, Pendidikan Profesi Guru (PPT), Portal Kinerja Publikasi Ilmiah Dosen, Rekognisi Pembelajaran Lampau, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Sistem Informasi Terintegrasi (SISTER ) dan grand desain SDM tenaga kependidikan, insinyur dan kesehatan.
     
    Pemilihan ITS sebagai tuan rumah peringatan Hardiknas 2017 merupakan kebijakan Kemeristekdikti agar peringatan hari istimewa tidak hanya di Jakarta saja tetapi di daerah-daerah. “Tujuannya supaya Kemenristekdikti mengetahui kondisi perguruan tinggi di daerah serta menstimulasi pengembangan perguruan tinggi yang dijadikan tuan rumah. Sebab pada saat Hardiknas akan ditampilkan produk-produk atau inovasi baru dari perguruan tinggi tersebut,” pungkasnya. 
     
     

    Umum

    Cegah Korupsi Sistemik, Tiga Lembaga Matangkan Penerapan SNI ISO 37001
    Jumat, 23 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah) bersama Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi dan Kepala BSN Bambang Prasetya dalam pertemuan di Gedung Bina Graha, Jakarta, pada Jumat (23/2/2018)....

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek