Homepage > Energi > Bahan Bakar > BPPT Kembangkan Produksi Biodiesel Skala Besar
Tanya Jawab
Hakteknas 2017, Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan
25/04/2017

Jakarta - technology-indonesia.com - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun i [ ... ]


Lainnya
    Resensi
    Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia
    22/11/2017

      Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Advertorial
    Lomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

      Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


    Artikel Lainnya

     

    Data Pengunjung
    Registered users : 5
    Online : 1671
    Guest : 1672
    Members : 0

    BPPT Kembangkan Produksi Biodiesel Skala Besar

    Penilaian Pengguna: / 0
    JelekBagus 

    Produksi Crude Palm Oil (CPO) Indonesia yang melimpah seharusnya bisa dikembangkan untuk mengalihkan penggunaan BBM ke Bahan Bakar Nabati (BBN). Biodiesel sebagai substitusi dari bahan bakar fosil mulai diarahkan untuk dapat diproduksi dalam skala besar guna mengurangi beban APBN.

    Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah mampu mengembangkan teknologi untuk memproduksi biodiesel dengan kualitas baik satu hingga 30 ton per hari. "Kebun seluas 10 hektare akan menghasilkan 40 juta ton CPO per tahun dan dapat dikonversi menjadi biodiesel menjadi sebanyak 44,4 juta kiloliter per tahun atau setara 280 juta barel per tahun yang setara dengan 750 ribu barel per hari,” Kepala BPPT Marzan A Iskandar usai membuka lokakarya Biodiesel di Jakarta, Rabu (23/10).

    Kepala Balai Rekayasa Disain dan Sistem Teknologi BPPT Riza mengatakan BPPT selain mengembangkan produk biodiesel, BPPT juga mengembangkan rancang bangun atau industri untuk memproduksi biodiesel. Untuk itu, BPPT menjalin kerjasama dengan PT Medco Inti Dinamika (Medco Group) mengembangkan biodiesel dengan membangun laboratorium hingga menghasilkan sampel. Untuk memproduksi biodiesel skala industri, kerjasama tersebut akan fokus untuk membangun satu pabrik biodiesel.

    Ada 18 parameter yang bisa dipakai untuk menilai mutu biodiesel yang akan dihasilkan pabrik tersebut. "Sepanjang 18 parameter tersebut dipenuhi makan hasil produksi diyakini akan baik," katanya.

    Sementara, harga produk biodiesel yang akan dihasilkan cukup bersaing dengan harga diesel dari fosil. Sejauh ini biaya produksi sangat tergantung pada harga minyak sawit mentah/CPO ditambah ongkos produksi Rp 1500 hingga Rp 2000 per liter.

    Pendiri PT Medco Energi Internasional Tbk Arifin Panigoro mengatakan pengembangan biodiesel dari kelapa sawit di Indonesia memang masih banyak mengahadapi masalah. Dari masalah lingkungan, ketersediaan tanah, hingga teknologi. "Tapi semua masalah itu bisa dijawab," ujarnya.

    Menurutnya, teknologi yang dimiliki Indonesia untuk mendukung industri biodiesel masih tertinggal dari negara lain termasuk Malaysia. Karena itu, BPPT sebagai ujung tombak bersama perguruan tinggi seperti ITB harus mengembangkannya. "Jika Indonesia ingin meproduksi biodiesel dalam skala besar, akan banyak industri yang berdiri. Tidak mungkin mesin diimpor terus-terusan kan," ujarnya.

    Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menegaskan komitmen untuk mendorong percepatan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) melalui Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 25 Tahun 2013 yang merupakan perubahan dari Permen ESDM Nomor 32 Tahun 2008 tentang Penyediaan, Pemanfaatan, dan Tata Niaga Bahan Bakar Nabati (Biofuel) sebagai Bahan Bakar Lain.

    Peraturan tersebut mewajibkan peningkatan pemanfaatan biodiesel di sektor transportasi, industri, komersial, dan pembangkit listrik. Kebijakan tersebut berlaku sejak September 2013 hingga akhir tahun dengan target pengurangi impor BBM jenis solar sebesar 1,3 juta kilo liter. Pelaksanaan kebijakan tersebut diharapkan juga mampu mengurangi impor solar di 2014 hingga 4,4 juta kilo liter. (SB/berbagai sumber)

     

    Umum

    Cegah Korupsi Sistemik, Tiga Lembaga Matangkan Penerapan SNI ISO 37001
    Jumat, 23 Februari 2018 | Setiyo Bardono

    Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah) bersama Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi dan Kepala BSN Bambang Prasetya dalam pertemuan di Gedung Bina Graha, Jakarta, pada Jumat (23/2/2018)....

    iklantechno
    Kolom
    Capaian Kinerja 3 Tahun Kemenristekdikti
    23/10/2017 | Setiyo Bardono

    Menristekdikti saat menyampaikan Capaian Kinerja Selama 3 tahun Kemenristekdikti di Gedung Binagraha, Jakarta, Senin (23/10/2017). Foto Timeh Harahap/Kemeristekdikti   Technology-Indo [ ... ]


    Artikel Lainnya
    Profil Peneliti
    Basuki Hadimuljono: Infrastruktur Handal Kunci Utama Daya Saing
    05/08/2017

      Jakarta, Technology-Indonesia.com - Infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam daya saing Indonesia. Penempatan infrastruktur dalam posisi sentral kebijakan pembangunan nasio [ ... ]


    Profil Peneliti Lainnya
      LOMBA UNTUK JURNALIS

      Info Produk
      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      WL-330NUL, Router Terkecil di Dunia dari ASUS

      ...
      Senin, 03 Juni 2013 14:45

      Inaco Siap Hadapi Pasar Global ASEAN

      P...
      Minggu, 05 April 2015 14:09

      Wellcomm Hadirkan Pelapis Ponsel Ekslusif

       ...
      Sabtu, 12 September 2015 23:41
      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      Piagio Terus Gali Pasar Indonesia

      ...
      Jumat, 04 Desember 2015 16:29
      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      Wellcomm Shop Merambah Pulau Lombok

      ...
      Kamis, 10 Desember 2015 12:12
      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      Plantronic Smartwearable Teman Beragam Aktivitas

      ...
      Senin, 25 Januari 2016 23:07
      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      BIPBIP, Jam Tangan Pintar Pelindung Buah Hati

      ...
      Senin, 01 Februari 2016 11:21
      Angket
      Artikel Apa Yang Anda Sukai?
       
      iklanmapiptek