Homepage
Resensi
article thumbnailIndeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia

  Judul Buku : Indeks Kesehatan Terumbu Karang di Indonesia Penulis : Giyanto, Peter Mumby, Nurul Dhewani, Muhammad Abrar, dan Marindah Yulia Iswari Penerbit : Coremap-CTI, Pusat  [ ... ]


Artikel Lainnya
Advertorial
article thumbnailLomba Fotografi Kiprah 50 Tahun LIPI

  Technology-Indonesia.com - Memperingati 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk bangsa, LIPI bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [ ... ]


Artikel Lainnya

 

Penanaman Bambu Efektif Atasi Banjir Bandang

Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 

alt

JAKARTA - Penanaman pohon bambu bisa menjadi solusi jitu untuk mengatasi banjir bandang. Bambu cocok untuk memperbaiki kondisi hulu dan sempadan sungai yang mengalami kerusakan akibat banjir bandang dan tanah longsor. Tanaman ini memiliki akar serabut yang menyetabilkan tanah dan menanggulangi erosi.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Enny Sudarmonowati mengatakan penanaman bambu di hulu dan sempadan sungai merupakan langkah tepat daripada melakukan betonisasi. Pembetonan di sempadan sungai hanya menyetabilkan tanah secara kinetik. Sebenarnya tanah sempadan tetap tidak stabil.

Akibatnya, ketika air datang, sempadan tidak mampu menahan erosi. “Betonisasi juga berdampak buruk pada sumber mata air di sekitar sungai. Mata air ini akan hilang,”  ujar Enny dalam siaran pers Launching Policy Brief: Penanaman Bambu Solusi Penanggulangan Banjir dan Longsor serta Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, di Jakarta, Rabu (23/11/2016) 

Enny melanjutkan, penanaman bambu mampu mencegah agar sumber mata air tidak hilang karena tanaman ini mampu mengonservasi air. “Batangnya dapat menghisap dan menampung air karena bersifat kapiler, sehingga air dapat dialirkan ke bawah dan menimbulkan mata air saat musim kemarau,” jelasnya.

Elizabeth A Widjaja, peneliti bambu dari Pusat Penelitian Biologi LIPI menambahkan, penanaman bambu di hulu dan sempadan sungai harus digalakkan. Banyak manfaat yang bisa diambil untuk jangka pendek maupun panjang dalam mencegah bahaya banjir dan tanah longsor.

Bambu juga bernilai ekonomi untuk masyarakat setempat terutama bila ada pemberdayaan industri. “Bambu juga mampu menjaga kebersihan udara karena menghasilkan 30 persen oksigen lebih besar ketimbang pohon lainnya,” imbuhnya.

Elizabeth menyebutkan, jenis bambu yang cocok ditanam di hulu dan sempadan sungai tidaklah sembarangan. Jenis-jenis ini biasanya Bambusa vulgaris (bambu ampel, haur) atau Bambusa vulgaris var. striata (bambu ampel kuning, bambu kuning) untuk daerah yang terendam air hingga lima bulan.

Ada lagi Schizostachyum iraten (buluh suling, buluh tamiang), Schizostachyum silicatum (buluh suling), Schizostachyum lima (butuh toi). “Jenis lain adalah Neololeba atra (loleba) digunakan di Indonesia yaitu Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua,” tambahnya.

Elizabeth menekankan, gerakan penanaman bambu di hulu dan sempadan sungai akan berhasil bila mendapat dukungan dari pemerintah dan para stakeholder terkait. Selama ini, langkah penanaman bambu belum mendapat kebijakan yang mendukung. Bahkan keberadaan bambu malah dianggap masyarakat kurang perlu sehingga mereka cenderung menebangnya.

Karena itu, LIPI merasa perlu untuk menggerakkan kembali penanaman bambu sebagai solusi banjir dan tanah longsor. Policy brief ini secara simbolis akan diserahkan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

 

Artikel Terkait

Umum

article thumbnail Inilah Penerima Apresiasi Lembaga Litbang 2017
Kamis, 14 Desember 2017 | Setiyo Bardono

  Jakarta-Teknology-Indonesia.com - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali memberikan Apresiasi kepada Lembaga Penelitian dan...

Review

article thumbnail Dibalik Musibah Uji Coba Roket Kendali Lumajang
Rabu, 03 Februari 2010

  Minggu lalu, terbetik berita salah satu roket uji coba milik konsorsium dibawah Kementerian Riset dan Teknologi di wilayah Lumajang, Jawa Timur melenceng dari sasaran. Para wakil konsorsium yang...

 
iklantechno
Kolom
article thumbnailChip Cochlear untuk Memulihkan Pendengaran
21/08/2015 | Dedi Junaedi

Kabar baik bagi yang mengalami masalah pendengaran. Sebuah model implan telinga dalam (Cohlear) telah didesain dalam sebuah chip. Ukurannya jauh lebih kecil dari implan yang selama ini tersedia. Hanya [ ... ]


Artikel Lainnya
Info Produk
Angket
Artikel Apa Yang Anda Sukai?
 
iklanmapiptek